Internet Smartfren 5G
Cerita Yuni,  Hiburan

Uji coba internet 5G, Kecepatan Smartfren capai 1,8 Gbps

“Jangan HPnya aja yang Smart, Internetnya juga harus Smartfren!”

Agaknya candaan ini bisa jadi bener jika jaringan 5G mulai beroperasi di Indonesia. Gimana nggak, pada uji coba internet 5G kemarin, kecepatan Smartfren mencapai 1,8 Gbps!

Jika ditarik kembali, perjalanan jaringan telekomunikasi dunia sungguh panjang. Dimulai dari teknologi 1G yang hanya memiliki fitur telepon saja sehingga akses suaranya ditarik menggunakan gelombang radio. Lalu disusul jaringan 2G yang mulai bisa digunakan untuk mengirim pesan walau kecepatannya ya gitu deh, pingin garuk rambut yang nggak gatal.

Pada saat itu warnet mulai menjamur bak musim hujan. Generasi Friendster bermunculan dengan merelakan tarif dial-up yang lumayan mengerek isi dompet. Hingga tibalah generasi 3G yang menjadi pondasi tampilnya generasi 4G dengan beragam fitur mumpuni, cerdas dan menghibur.

Uji Coba 5G Smartfren bersama Kominfo

Di tengah kesenangan layanan generasi keempat, eh teknologi 5G hadir minta dikasih tempat. Semoga jangan kecepatan hadirnya, saya belum siap beli HP baru wkwk..

Uji coba internet 5G, Kecepatan Smartfren capai 1,8 Gbps

Kali kedua Smartfren menggelar uji coba teknologi 5G yang kali ini bekerjasama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Pengujian tahap ini dilakukan untuk menunjukkan kinerja dan kemampuan teknologi telekomunikasi.

Acaranya sendiri diadakan di gerai Smartfren Sabang, Jakarta, yang dihadiri oleh pejabat Kemenkominfo dan Smartfren dengan memperlihatkan skenario penerapan teknologi 5G melalui berbagai perangkat seperti 5G modem MiFi, pemutaran video 360 hingga virtual reality (VR) dan permainan Augmented Reality (AR). Saya juga ikut hadir tapi lewat zoom meeting, hehe..

Dalam uji coba jaringan, hal pertama yang dilakukan Smartfren adalah melakukan 5G live test dengan kecepatan download hingga 1,82 Gbps! Seturun-turunnya masih di angka 1,76 Gbps! Beda jauh sama jaringan 4G yang paling banter di kecepatan puluhan Mbps.

Buat saya internetan 10 Mbps itu lumayan puas, apalagi dikasih 1GB, HPnya bisa salto kali!

Kecepatan Download Smartfren 5G

Yang paling menarik, Smartfren juga menampilkan tayangan video streming dengan mengambil kualitas gambar paling tinggi. Hasilnya mulus dan tajam. Nggak ada ngelag sama sekali.

Manfaat Jaringan 5G untuk sehari-hari

Tahun 2019 Smartfren pernah melakukan pengujian 5G pertama kali menggunakan frekuensi 28Ghz dengan pengambilan lokasi di pusat produksi minyak Marunda Reffinery di Marunda Jawa Barat. Pada pengujian saat itu provider yang pernah meluncurkan layanan 4G LTE Advanced komersial pertama di Indonesia tahun 2015 lalu sukses memperlihatkan kecepatan 5G hingga 8,7 Gbps menggunakan perangkat pemakai.

Artinya perangkat 5G selain bisa digunakan untuk masyarakat umum juga dapat dimanfaatkan oleh industri. Seperti yang telah kita rasakan bersama selama 2 tahun ini, seluruh dunia sedang menghadapi pandemic yang membuat segala lini bisnis tersekat dengan komunikasi tatap muka yang kemudian dialihkan menjadi kegiatan online. Mulai dari bidang Pendidikan, kesehatan, hingga pariwisata. Namun kehadiran jaringan 5G menjadi angin segar bagi kita semua, meski dalam keterbatasan teknologi internet tetap mendekatkan manusia.

Pengujian Smarftren 5G Virtual Reality

Disampaikan oleh President Director Smartfren, Mierza Fachys bahwa kehadiran 5G bisa dipastikan menjadi game-changer untuk industri telekomunikasi di Indonesia. Setelah sebelumnya sukses memperlihatkan skenario 5G untuk industri, kali ini Smartfren ingin memperlihatkan skenario 5G di sisi penggunaan yang lebih variatif dan luas. Diharapkan pengujian ini dapat memberikan gambaran yang jelas bahwa saat dilakukannya implementasi 5G masyarakat dan industri akan mendapatkan manfaat yang besar.

Jika pihak provider semangat menerapkan jaringan 5G, bagaimana dengan pemerintah sendiri?

Menurut Mulyadi, ST, MT, Direktur Standarisasi Perangkat Pos dan Informatika, Kominfo, mengatakan “Hasil uji coba ini tentu saja kita tunggu bersama, karena kita ingin melihat seberapa efektif penggunaan frekuensi tinggi untuk layanan 5G sehingga kita bisa me-review merencanakan kembali bagaimana pita frekuensi tinggi digunakan untuk layanan 5G di masa depan. Pemerintah juga berharap uji coba ini dapat dilaksanakan untuk mendorong inisiatif ekosistem baru, use case baru, atau aplikasi baru yang bisa digunakan di layanan 5G”

“Smartfren selalu mengedepankan pengalaman terbaik pelanggan di dalam setiap inisiatif yang dilakukan. Guna mendukung semua skenario penggunaan 5G yang mewujudkan kecepatan, keamanan, dan koneksi berlatensi rendah sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan perusahaan, Smartfren telah menunjukkan kemampuan infrastruktur end-to-end dalam 5G kami. Smarftren juga telah meletakkan pondasi 5G di seluruh negeri dengan memanfaatkan inti berbasis teknologi cloud, transportasi yang ditentukan oleh piranti lunak. Radio akan diaktifkan sesuai kebutuhan band dan spektrum. Setiap uji skenario yang ditunjukkan di sini menunjukkan kemampuan Smartfren untuk memenuhi semua skenario penggunaan 5G termasu koneksi data berkecepatan tinggi, Pendidikan cerdik melalui VR, perjalanan virtual, pemantauan jaraj jauh untuk industri, dan banyak lagi” sambung Shurish Subbramaniam, Chief Technology Officer Smartfren

Performa internet 5G Smartfren
Tes video streaming dengan kualitas tinggi

 

Kehadiran 5G di Indonesia disambut baik oleh perusahaan teknologi ZTE Indonesia dalam mendorong pengembangan perangkat teknologi dalam meningkatkan manfaat 5G untuk kehidupan kita. Begitupula Qualcomm Indonesia juga mendukung Indonesia mencapai Industri 4.0 dimana 5G memainkan peran penting dalam industri dan pengalaman konsumen.

Nah sekarang kembali kepada kita, siapkah kita menyambut kehadiran teknologi 5G?

Leave a Reply

Your email address will not be published.