Work From Home
Cerita Yuni

HRD Ikut Work From Home, Apakah Mungkin?

Human Resource Department atau dikenal sebagai HRD terkenal sebagai divisi yang mengurusi berbagai hal dalam pengelolaan karyawan. Karena peranannya yang cukup besar, maka HRD sering didaulat sebagai divisi yang berpengaruh bagi perkembangan kinerja karyawan.

Pola kerja kini semakin fleksibel. Banyak perusahaan mulai menerapkan sistem kerja work from home atau bekerja dari rumah. Sistem kerja ini dinilai lebih fleksibel karena tidak mengharuskan karyawan pergi ke kantor setiap hari. Apalagi pandemi COVID-19 belum juga usai di beberapa negara termasuk Indonesia.

Pertanyaannya, apakah HRD yang bertanggung jawab untuk membantu pengelolaan karyawan bisa ikut kerja di rumah? Mari ikuti pembahasan berikut ini!

Kendala HRD dalam Work From Home

Sama halnya dengan divisi lain, HRD memiliki beberapa kendala dalam bekerja dari rumah. Apa saja kendalanya?

1. Sulitnya memantau absensi karyawan karena bekerja saling berjauhan
2. Koordinasi antar tim HR terkait pengelolaan karyawan
3. Kesulitan dalam rekrutmen dan mencari kandidat unggulan
4. Pengelolaan gaji terhambat karena semua data karyawan berada di kantor
5. Kedisiplinan karyawan cenderung berkurang karena tidak terpantau langsung oleh HRD

Solusi Work From Home untuk HRD

Work From Home
Source: freepik

Lantas, apa yang bisa dilakukan HRD untuk mengatasi kendala selama work from home. Berkat perkembangan teknologi, kini HRD pun bisa kerja dari rumah tanpa perlu kebingungan bagaimana melakukan pekerjaannya.

1. Gunakan sistem absensi online sehingga karyawan dapat mencatatkan kehadiran mereka secara online dan HRD pun bisa memantau data kehadiran itu juga atau real time.

2. Pastikan setiap tim HRD paham peranan masing-masing dan segera komunikasikan jika ada yang hendak ditanyakan. Hal ini untuk mencegah kesalahpahaman di kemudian hari.

3. Manfaatkan rekrutmen online dan lakukan wawancara melalui video call. Sehingga HRD tidak perlu pergi jika hendak melakukan wawancara. Tidak lupa manfaatkan juga sosial media untuk mengiklankan lowongan pekerjaan yang ada.
4. Gunakan software payroll untuk memproses gaji karyawan secara otomatis. Contohnya adalah Software Payroll Indonesia Terbaik dari LinovHR. Software payroll dari LinovHR dapat memproses gaji karyawan secara cepat, aman, dan dijamin rahasia.

5. Sosialisasikan kepada karyawan bahwa bekerja dari rumah berarti tetap bekerja seperti biasa di kantor, hanya saja tempatnya yang berubah. Jadi bukan sebagai ajang liburan dan leyeh-leyeh. Berikan sanksi jika perlu.

Bekerja dari rumah menjadi salah satu opsi yang diberikan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Karena, karyawan tidak perlu lagi berjibaku dengan macetnya jalanan. Setiap pagi karyawan cukup absen dari rumah dan bekerja seperti biasa.

HRD pun juga bisa ikut bekerja dari rumah atau work from home, bukan? Kendala yang biasa dihadapi bukan lagi menjadi masalah selama HRD mampu mengatasinya dengan efektif dan efisien. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.