Hewan peliharaan Kucing Persia
Keluarga

5 Hewan Peliharaan Lucu Temani Aktivitas di Rumah

Linimassa saya kian hari ramai dengan postingan kucing. Ada yang imut, banyak juga yang tingkah polanya menggemaskan. Saya senang nontonin gambar dan video-video binatang meskipun di rumah saya tidak memiliki satu pun hewan peliharaan, kecuali tikus sama curut yang nakalnya bikin mati gaya.

Sebetulnya keluarga kami tidak anti binatang, dulu waktu masih sekolah di rumah kami ada beberapa ayam, burung, dan kelinci yang ketika meninggal membuat sedih seisi rumah. Punya hewan peliharaan itu menyenangkan, cuma kadangkala mengganggu tetangga sekitar, terutama kotoran ayam yang sulit ditolerir.

Karena lingkungan rumah saya padat, kami memutuskan tidak memelihara hewan peliharaan. Terakhir punya ayam jago, tapi dijual sama Bapak karena gak tega tiap pulang main badannya penuh bercak darah. Rupanya, ada tetangga yang secara diam-diam ngadu ayam Bapak dengan ayamnya.

5 Hewan Peliharaan Lucu Temani Aktivitas di Rumah

Dibanding teman-teman, saya memang tidak terlalu agresif banget sama binatang. Selucu-lucunya hewan peliharaan, saya masih takut untuk menggendong apalagi sampai mencium. Paling banter ya ngelus-ngelus punggungnya doang, hehe..

Bukannya tidak suka, tapi saya takut menyakiti tubuhnya kalau salah megang atau apa. Mentok-mentok berbagi pindang kalau ada kucing kampung meong-meong lihat saya makan.

Walaupun nggak berani dekat-dekat sama binatang, tapi saya cukup senang melihat hewan peliharaan lucu yang ada di rumah teman sekaligus bisa menemani aktivitas mereka di rumah. Antara lain:

Burung Lovebird

Hewan Peliharaan Lovebirds

Paling suka mengamati bulu lovebird yang berwarna-warni, terlebih yang bisa berkicau ngekek panjang. Banyak teman-teman saya memelihara lovebird dan dijadikan sebagai obyek perlombaan. Tak heran kalau burung bertubuh kecil ini perawatannya sungguh aduhai.

Lovebird cenderung burung yang gampang jinak. Jika dipelihara secara baik, jenis spesies Genus Agapornis ini bisa lho diajak main atraksi. Gemes banget lihat mereka bergerak lincah di dalam sangkarnya.

Untuk menjaga penampilan lovebird tetap cantik, para pemilik burung ini akan rela menjejali sudut rumahnya sebagai tempat menyimpan sangkar. Ada yang minat pelihara Lovebird?

Anjing Pudel

Tiap kali lihat anjing pudel, bawaannya pingin meluk sambil disayang-sayang. Gimana nggak gemes, penampakan anjing pudel mirip banget seperti boneka. Udah bulunya tebal, enak banget dielus-elus.

Kalau pernah lihat di film-film, anjing pudel memiliki postur tubuh yang kecil dan memiliki tingkat kepatuhan yang baik. Diajak jalan ke mana aja dia manut. Konon anjing yang rasnya dari Jerman ini gampang dilatih, makanya dia bisa menjadi teman yang baik bagi pemiliknya. Bagi yang belum punya pasangan, bisa banget ngajak si anjing imut ini datang ke pesta pernikahan mantan, hehe..

Hamster

Hewan Peliharaan Hamster

Wohoho, walaupun bentuknya menggelikan seperti tikus, tapi makhluk imut ini termasuk hewan peliharaan yang menggemaskan. Bentuknya kecil, bulunya halus.

Hamster juga termasuk binatang favorit anak-anak karena tingkahnya yang aktif. Saking aktifnya, kandang hamster seringkali dipenuhi dengan mainan supaya mereka bisa berlarian dan bergerak bebas.

Bila teman-teman berniat memelihara hamster di rumah, pastikan untuk selalu rajin merawat dan membersihkan kandangnya biar si hamster ini selalu sehat wal afiat dan berumur panjang

Ikan Mas

Rasanya kurang sah kalau punya akuarium tapi penghuninya bukan dari kaum ikan Masmasan. Masalahnya ikan Mas merupakan jenis ikan air tawar dan memiliki bentuk serta warna sisik yang cantik.

Tidak hanya dijadikan sebagai peliharaan, ikan Mas bisa juga dijadikan sebagai menu makanan. Tapi saya sedih banget deh, 2 hari ini melihat ikan Mas terpampang nyata di atas wajan dan siap untuk disantap. Rasanya gak rela gitu kalau ikan Mas dimakan manusia.

Di Indonesia, banyak banget jenis ikan Mas yang beredar dengan bentuk yang bermacam-macam. Misalnya ikan Mas Punten yang memiliki bentuk perut membuntal dan cenderung pendek. Ada juga ikan Mas Merah yang warna sisiknya indah dan hidup, yakni oranye cenderung keemasan. Masih banyak lagi nama-nama Ikan Mas, seperti Koi, Ikan Mas Kaca, Ikan Mas Kumpay, Ikan Mas Majalaya, dan lain-lain yang memiliki ciri khas warna sisik yang unik dan cantik.

Kucing Persia

Penyuka kucing pasti setuju kalau Kucing Persia dijadikan hewan peliharaan favorit selain jenis anggora.

Kucing Persia memiliki bentuk muka yang bulat dengan ekspresi tanpa dosa. Selain itu bulu halusnya lumayan lebat sehingga pemilik kucing ini harus pintar-pintar merawatnya dari mulai membersihkan kotoran hingga memandikannya secara teratur.

Menjaga Kesehatan Hewan Peliharaan

Merawat Hewan Peliharaan

Seperti manusia, hewan peliharaan juga perlu perawatan khusus agar mereka tidak mudah sakit atau terpicu oleh penyakit.

Supaya hewan peliharaan nyaman berada di dekat kita dan berkeliaran di sekitar rumah dengan riang, ada baiknya selalu memberinya makan secara teratur. Jangan asal memberikan makanan sebab akan berpotensi merontokkan bulu. Sebaiknya sebelum mengadopsi, pelajari dulu jenis makanannya.

Kebersihan kandang juga harus benar-benar dijaga supaya tidak mengganggu lingkungan sekitar. Jika memungkinkan, siapkan wadah untuk mereka buang kotoran, misalnya seperti pasir kucing.

Jangan lupa berikan vaksin secara teratur supaya hewan peliharaan kita terhindar dari penyakit menular.

Konsultasi Dokter Hewan di Halodoc

Bingung mendapatkan rekomendasi dokter hewan yang memberikan layanan cepat dan tepat? Jangan khawatir, saat ini aplikasi Halodoc telah memiliki layanan konsultasi khusus dokter hewan, lho.

Jika binatang peliharaan kita dirasa tidak sehat, atau teman-teman ingin mencari tau masalah kesehatan hewan, langsung saja hubungi dokter hewan via aplikasi Halodoc yang bisa diunduh melalui AppStore. Pilihan fiturnya banyak. Konsultasi bisa dilakukan melalui video, voice call atau chatt.

Jadi, apa hewan peliharaanmu, kawan? Cerita dong tingkah lucu meraka 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.