Resolusi Tahun Baru 2021
Keluarga,  Keuangan

Edutech Literasi Keuangan Anak Cerdas di Surabaya bersama HSBC dan PJI

Sosialisasi Edutech Anak Cerdas di Surabaya bersama HSBC dan PJI – Ketika ditanya tentang uang, jawaban anak-anak cukup beragam. Titha, misalnya. Anak SD kelas 2 itu menjawab “uang ya buat beli jajan”. Jawaban polos yang sukses membuat saya tertawa. Tipikal anak yang loss gak rewel, haha..

Edukasi Literasi Keuangan Untuk Anak

Lain lagi dengan jawaban kakaknya yang sudah SMP. Galih dengan lugas menjawab uang adalah alat pembayaran.

Dua jawaban yang menurut saya bernada sama namun disampaikan dengan cara berbeda. Titha menjawab lugu – apa adanya, sementara Galih menjawab sesuai teori di sekolah.

Namun ketika saya bertanya mengenai perbedaan antara Kebutuhan dan Keinginan, mereka kompak berpikir lama! haha.. Sengaja saya buat jebakan-jebakan kecil agar mereka lebih memahami hal apa yang dibutuhkan dan diinginkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Sosialisasi Edutech Literasi Keuangan Anak Cerdas bersama HSBC dan (PJI) di Surabaya

Fasilitasi Edukasi Literasi Keuangan Anak
Fasilitasi Edukasi Literasi Keuangan Untuk Anak

Uang. Tanpa disadari orangtua telah mengenalkan alat pembayaran ini kepada anak-anaknya dari kecil, bahkan sejak usia balita. Akan tetapi, sebagian besar mereka tidak mendapat penjelasan pasti manfaat dan kegunaan dari uang itu sendiri.

Saat anak-anak nangis minta jajan, ujug-ujug orang tua menyodorkan selembar alat transaksi supaya mereka diam. Momen ini sangat lucu, anak nangis minta jajan, tapi dikasihnya duit. Harusnya dikasih jajan dong ya, haha

Mungkin maksudnya supaya anak-anak ini bisa membeli jajan sesuai yang diinginkan. Alhasil pola pikir yang tertanam di kepala anak-anak, jajan merupakan kebutuhan. Persis seperti yang disampaikan oleh Titha, uang buat beli jajan.

Untuk mengenalkan anak mengelola keuangan dengan baik dan benar secara bijaksana, Bank HSBK Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia mengadakan kegiatan Funancial Day di Royal Plasa Surabaya hari Minggu, 15 Maret 2020.

Funancial Day Surabaya

Tujuan diadakannya edukasi literasi keuangan untuk anak ini diharapkan dapat memfasilitasi orang tua dalam mengenalkan konsep dasar keuangan kepada anak dan membangun budaya pengelolaan uang yang bijak sejak dini di rumah.

Menariknya, inovasi Pendidikan ini dilakukan melalui pendekatan teknologi digital yang interaktif, aman, dan menyenangkan melalui perangkat komputer dan laptop yang tersambung dengan internet. Secara langsung, kegiatan ini bertujuan agar semakin banyak orangtua mengenal program pembelajaran Anak Cerdas Online, terutama bagi masyarakat Surabaya, khususnya pengunjung Royal Plasa.

Program pembelajaran literasi keuangan ini disajikan untuk anak-anak usia 7 – 12 tahun, usia yang paling pas membentuk karakter mereka. Jika adik-adik ingin belajar juga, ajak orang tua untuk mengakses situs www.anakcerdas.prestasijunior.org secara daring, ya. Gratis!

Belajar di Rumah dengan edutech Anak Cerdas

Himbauan belajar di rumah sebagai antisipasi penyebaran virus Corona, akhirnya saya mengajak Titha dan Galih bermain dan seru-seruan di laman Anak Cerdas.

Anak Cerdas Prestasi Junior
Titha belajar mendapatkan uang di situs Anak Cerdas Online

Mereka sudah mati gaya mau belajar apa lagi. Berlembar-lembar kertas HVS telah kami habiskan untuk main tebak-tebakan, haha..

Dalam situs Anak Cerdas Online, terdapat materi pelajaran pengelolaan uang yang terbagi dalam tiga segmen, yaitu JA Ourselves, JA Our Community, dan JA Our City dengan total 15 sesi.

Ketiga segmen tersebut terdapat 5 sesi dengan materi masing-masing:

JA Ourselves

1. Inia tau Itu. Buat Pilihanmu
2. Kebutuhan dan Keinginan
3. Mendapatkan Uang
4. Menabung Uang
5. Membagi Uang

JA Our Community

1. Bekerja sama dalam komunitas
2. Membuat Donat
3. Pekerja Swasta dan Pemerintah
4. Membuat Keputusan
5. Pergerakan Uang

JA Our City

1. Tata Kota
2. Bisnis Perkotaan
3. Mengelola Tabungan
4. Membuat Bisnis
5. Mari Membuat Berita

Kemasan materinya sangat menyenangkan yang dilengkapi dengan karakter lucu seolah anak-anak sedang berbicara dengan teman baru. Sebuah pembelajaran pengelolaan uang yang komprehensif menjadi efektif dan mudah dipahami anak-anak.

Sosialisasi Edutech Anak Cerdas Surabaya

Yang paling kami senangi adalah materi Kebutuhan dan Keinginan. Ketika saya lontarkan pertanyaan apa yang kalian lakukan dengan uang 50 ribu? Titha menjawab beli boneka. Sedangkan Galih menjawab beli paket data.

Boneka kebutuhan apa keinginan? Keinginan..

Paket data kebutuhan apa keinginan? Kompak dan cepat mereka bilang “Kebutuhaaan..”

Lho kok bisa?

Harusnya keinginan, tapi belajar di rumah kalau nggak ada paket data nggak bisa ngerjakan soal, Ma.

Hahaha.. bener juga ya.

Hasil dari materi ini, tiap gerakan yang dilakukan membuat mereka selalu berpikir antara kebutuhan dan keinginan. Hal sepele namun selalu lepas dari benak.

Selaian memahami kebutuhan dan keinginan, edutech Anak Cerdas juga mengajarkan bagaimana cara memperoleh uang, cara bijak membuat pilihan pribadi, hingga memahami peran pajak dalam menggerakkan ekonomi dalam kota.

Disampaikan oleh Utami A. Herawati, Program Manager for West Region Prestasi Junior Indonesia bahwa edutech Anak Cerdas mengajarkan 4 konsep yaitu Bagaimana cara mendapatkan uang yang baik, cara menyimpan uang yang benar, cara membelanjakan secara bijak, dan belajar berdonasi.

Perjalanan sosialisasi Edutech Anak Cerdas di Indonesia

Funancial Day Anak Cerdas Surabaya

Sosialisasi edutech Anak Cerdas yang diinisiasi oleh Bank HSBC Indonesia Bersama Prestasi Junior Indonesia sebetulnya telah dilakukan sejak 2015. Hanya saja versi daringnya baru diluncurkan pada tahun 2018.

Ketika program Anak Cerdas digital versi luring dijalankan, HSBC dan PJI telah berhasil mengunjungi 67 sekolah dasar di 15 kota di Indonesia dengan pembelajaran menggunakan tablet.

Selama rentang 2015 – 2018, program Anak Cerdas berhasil meningkatkan pemahaman keuangan sebanyak 15.000 anak dengan tingkat pemahaman dari kisaran 40% – 50% menjadi sekitar 80%.

Bahkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru merilis Survei Nasional Literasi Keuangan di awal bulan ini yang menunjukkan peningkatan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia dari angka 29,7% pada tahun 2016 menjadi 38,03% tahun 2019. ( sumber: https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Default.aspx#)

Cara mengakses edutech Anak Cerdas Online

Cara mengakses edutech Anak Cerdas Online sangat mudah. Yang perlu dipersiapkan orang tua hanyalah email yang aktif dengan perangkat komputer yang terhubung internet.

Situs Anak Cerdas Online

1. Buka halaman browser lalu klik www.anakcerdas.prestasijunior.org
2. Klik menu Registrasi di bagian atas
3. Isi semua bidang kosong. Pastikan mengisi alamat email dengan benar
4. Selanjutnya Situs Anak Cerdas Online akan mengirim konfirmasi melalui email. Buka email segera dan klik Konfirmasi.
5. Setelah halaman terbuka, lakukan login menggunakan username dan password yang telah diisi di halaman registrasi
6. Selamat belajar! Ayo pilih segmen pelajaranmu!
7. Jika semua pelajaran berhasil diselesaikan, Situs Anak Cerdas Online akan mengirimkan sertifikat melalui email. Asik, kan!

Halaman Anak Cerdas Online
Tampilan Halaman Anak Cerdas Online

Nah, para orangtua, jika putra-putrinya sudah selesai mengerjakan tugas yang diberikan oleh Bapak dan Ibu Guru sekolah, yuk ajak mereka belajar Literasi Keuangan Anak Cerdas Bersama Bank HSBC dan Prestasi Junior Indonesia. Supaya mereka menjadi generasi cerdas finansial yang mampu membuat keputusan keuangan dengan tepat saat dewasa nanti. Selamat belajar!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.