Tentang Ninja Express
Keuangan

Mengenal Pembayaran COD (Cash On Delivery) dalam Bisnis Online

Mungkin beberapa dari kita sudah familiar dengan istilah COD. Di sekolah dulu istilah ini sempat diajarkan, terutama pada mata pelajaran yang berhubungan dengan ekonomi. Tapi ternyata masih banyak yang belum paham betul. Jadi sekarang saya mau nulis tentang Mengenal Pembayaran COD (Cash On Delivery) dalam Bisnis Online.

COD Ninja Express

Sejak bisnis online berkembang di Indonesia, sistem Cash On Delivery yang paling banyak diminati masyarakat. Alasannya cukup masuk akal, untuk mempermudah proses transaksi dan menghindari penipuan.

Mengenal Pembayaran COD (Cash On Delivery) dalam Bisnis Online

Dalam setiap praktek bisnis, baik penjual maupun pembeli, pasti mengharapkan transaksinya lancar. Maunya sih ada uang, ada barang. Gampangnya situ jualan, gue akan beli secara tunai tanpa utang utang! Langsung bayar di tempat! hehe..

Itu pula yang pernah saya lakukan saat membuka lapak di situs-situs jual beli atau di marketplace. Agar barang jualan saya cepat laku, saya memberi kemudahan kepada pembeli dengan menyediakan layanan mengirim barang tersebut ke alamat. Tentu saja dengan syarat jangkauan lokasinya wajar.

Sengaja saya mengutamakan sistem COD karena saya merasa masyarakat kita ada yang belum terbiasa membayar sesuatu via online, baik dengan transfer maupun via dompet digital. Masih ada lho di luar sana yang pegang prinsip ketat bahwa apapun belanjanya, harus pembayaran secara tunai!

Supaya lebih jelas, mari saya ajak Anda semua mengenal pembayaran COD (Cash On Delivery) dalam bisnis online!

mengenal pembayaran COD dalam bisnis online

Apa itu COD?

COD kepanjangan dari Cash On Delivery. Bila diterjemahkan ke bahasa kita, COD mengandung arti Tunai saat barang telah Dikirim, alias Bayar di Tempat.

Metodenya sangat sederhana tanpa perlu teori yang rumit-rumit. Pada intinya, saat kegiatan jual beli sistem COD, kedua pihak harus melakukan kesepakatan: kapan, di mana, jam berapa bertemu. Saat-saat ini, kredibilitas penjual dan pembeli harus sepenuhnya baik.

Serunya pembayaran Cash On Delivery, pembeli bisa mengecek dulu kondisi barangnya, termasuk keasliannya. Jika semua sudah oke, selanjutnya mulailah transaksi pembayaran.

Sederhana sekali, kan..

Keuntungan COD antara Penjual dan Pembeli

Walau sederhana, keuntungan COD antara penjual dan pembeli kerap dirasakan bersama. Salah satunya perasaan puas keduanya bisa bertemu langsung. Siapa tau usai transaksi mereka berkenalan dan menjalin hubungan pertemanan, hehe..

Nah, berikut adalah keuntungan COD antara Penjual dan Pembeli

Keuntungan COD untuk Penjual:

• Barang laku lebih cepat
• Uang penjualan bisa diterima langsung tunai
• Tidak perlu mengemas barang rapat-rapat
• Bertemu langsung dengan calon pembeli

Keuntungan COD untuk Pembeli:

• Mudah menemukan barang idaman di dekat tempat tinggal
• Barang diterima lebih cepat, bahkan hari itu juga
• Tidak perlu repot-repot setor ATM jika memegang uang tunai
• Dapat melihat dan mengecek barang yang akan dibeli lebih dahulu
• Dapat meminta tukar/mengembalikan barang seandainya yang diterima tidak sesuai pesanan
• Bertemu langsung dengan calon penjual

Bila ada keuntungan, pasti ada kekurangan. Namun menurut saya kekurangan dalam metode COD ini tidak terlalu sulit. Sesuai pengalaman saya, kesulitannya hanya pada keterbatasan jarak.

Biasanya metode COD hanya berlaku untuk kota besar. Kok gitu?

Iya, mungkin karena jangkauan kota besar lebih mudah diakses. Apalagi yang alamatnya berada dalam satu kota.

Saran saya saat bertemu calon penjual/pembeli untuk melakukan COD carilah tempat yang banyak orang supaya ketika terjadi apa-apa mudah diantisipasi.

Pengertian COD Ninja Express

COD Ninja Express

Oya saat kegiatan COD, kadang kala penjual tidak bisa melakukannya sendiri. Saking banyaknya barang yang dikirim, tentu mereka kesulitan mengatur jadwal bertemu calon pembeli. Lalu bagaimana solusinya?

Sebetulnya metode pembayaran COD tidak selalu harus dilakukan oleh penjualnya sendiri karena Anda pun dapat memanfaatkan jasa kurir Ninja Express.

Pengertian COD Ninja Express di sini adalah penjual menggunakan layanan jasa pengiriman ketika akan mengirimkan barang kepada pembeli. Uniknya, Ninja Express jangkauan wilayahnya seluruh Indonesia.

Ada 3 jenis layanan yang ditawarkan oleh Ninja Express, yaitu:

Layanan Ninja Regular, ini merupakan layanan standar dari Ninja Express. Estimasi kedatangan barang disesuaikan dengan lokasi pengirim dan penerima.

Layanan Ninja Fast, pada layanan ini Ninja Express memberikan estimasi waktu pengiriman satu hari. Hari ini barang dikirim, keesokannya barang akan tiba

Layanan Ninja Super, sesuai namanya, Ninja Super memberikan layanan ekspres. Hari ini dikirim, barang akan tiba hari itu juga.

Semua layanan COD Ninja Express sangat cocok dimanfaatkan oleh konsumen yang membutuhkan banget-banget barang idamannya diterima tepat waktu. Terutama untuk produk yang sifatnya penting.

Nah setelah mengenal pembayaran COD (Cash On Delivery) dalam bisnis online, Anda boleh banget berpikir ulang untuk menambah layanan ini dalam sistem transaksi bisnis online. Sayang sekali bila tak dimanfaatkan, peluang menambah omzet lumayan menguntungkan lho! hehe..

7 Comments

  • Annafi

    Di tempatku belum ada si ninja Xpress Mba, pernah baca testimoni katanya lumayan cepat lho… Semoga dalam waktu dekat ada yg di Jonggol ☺️

  • $cocoper6

    Kadang, pas COD itu memastikan si kurir dtg tepat waktu yg sulit. Kita sudah siap duit, tggu2 kurir lama dtg, sdgkan qt mw pergi. Akhr ny repot hrs tggu.

    Lalu, kdang kurir dtg lbh cpt, blm ambil dana. Enk klo kurirnya ada edc atau terima trf ebanking. Kadang mesti cash tunai.

    Sepraktis-praktisnya ya belanja yg trf tggu brg dtg, tp ya yg pasti penjualnya bener. Itu yg enak. Simpel.

  • areacewe

    di tempat ku ada nih Ninja Express, tapi aku baru tahu kalau pakai ekspedisi ini bisa COD juga.
    Inovasi bagus nih, menolong penjual serta pembeli tentunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.