Bisnis

Wirausaha Muda Mandiri (WMM) Expo2018, yang Muda, yang Berkarya, yang Berprestasi

Dengan ceria Komang menghampiri saya seraya menyorongkan sebuah boneka perempuan yang berdiri pada sebuah anyaman bambu. Bagian atas boneka terdapat jarum jam yang menempel di bidang bulat dengan foto wajah seseorang mengenakan topi wisuda. Boneka bermerk Cilota ini bukan sembarang boneka. Ia dibuat dari daun lontar dan bahan daur ulang. Komang adalah 1 dari 70 pengusaha muda yang menjadi peserta finalis program Wirausaha Muda Mandiri 2018 berasal dari Bali.

Wirausaha Muda Mandiri 2018 diikuti lebih dari 90 merek lokal inovasi pengusaha muda seluruh Indonesia. Gelarannya sendiri diselenggarakan di kota Malang, Jawa Timur mulai tanggal 6 hingga 15 September 2018.

Dari Surabaya saya sempatkan waktu datang ke MOG Malang untuk menghadiri Wirausaha Muda Mandiri (WMM) Expo 2018. WMM Expo hanya berlangsung mulai tanggal 6 hingga 9 September 2018. Iya, cuma 4 hari saja. Itulah kenapa saya bela-belain berangkat.

Bukan tanpa alasan saya datang ke WMM Expo 2018. Pesta wirausaha yang menyajikan karya-karya inovatif generasi muda Indonesia sebagai ajang promosi produk dan branding para finalis dan alumni WMM agar dikenal oleh masyarakat.

Jam 11 siang saya sudah berada di hall MOG Malang. Satu persatu stand peserta WMM 2018 saya datangi untuk melihat produk sekaligus mencari tau keunikan yang ditawarkan.

Boneka Cilota

Salah satunya Rika Pertiwi Zulfi. Rika adalah pemilik JEE Ballroom Group. Mahasiswi semester 7 ini telah memiliki properti 4 unit di Jakarta dan Bekasi. Konsepnya ia menawarkan ballroom-ballroom untuk exhibition, wedding, dan lain-lain. Untuk ballroom kapasitas 1000 orang Rika memberikan tarif Rp. 5,5 juta durasi 4 jam. Untuk pengembangan usahanya, Rika juga mengajak masyarakat yang memiliki lahan untuk dibangun menjadi ballroom dengan sistem bagi hasil.

Bila Rika menerjuni bidang usaha Wirausaha Industry, Perdagangan dan Jasa, lain lagi dengan Eko Agung Syaputra yang berkecimpung dalam Wirausaha kreatif pemilik Boonelo Watch.

Boonela Watch adalah jam tangan yang dibuat dari bambu apus. Yang unik dari jam tangan ini adalah sistem pewarnaan yang menggunakan bahan alam tumbuh-tumbuhan. Strapnya terbuat dari kulit sapi. Eko mengaku menekuni bidang ini berawal dari tugas kuliah. Karena dirasa menarik dan bisa bersaing, Ia dan rekannya menjadikan tugas ini sebagai usaha mandiri.

Wirausaha Muda Mandiri Expo 2018 menampilkan 7 kategori produk, yaitu:

1. Wirausaha Industry, Perdagangan dan Jasa
2. Wirausaha Boga
3. Wirausaha Kreatif
4. Wirausaha Sosial
5. Wirausaha Teknologi Digital
6. Wirausaha Teknologi Non-Digital
7. Wirausaha Digital Financial Technology

Menurut Vice President Bank Mandiri, Theresia Pratiwi Hastari, penyelenggaraan WMM Expo 2018 ini merupakan rangkaian acara Penghargaan Wirausaha Muda Mandiri 2018, dimana perseroan akan memberikan apresiasi kepada mahasiswa dan alumni yang telah merintis usaha serta mampu memberikan nilai tambah kepada masyarakat.

“Melalui WMM Expo ini, Bank Mandiri ingin menunjukkan komitmen dalam upaya penciptaan pelaku usaha muda yang kreatif, mampu bersaing serta dapat menciptakan lapangan kerja baru melalui program yang komprehensif, mulai dari penjaringan pelaku usaha muda potensial, pelatihan pengelolaan usaha, pengenalan metode pemasaran, pengenalan akses pembiayaan serta identifikasi peluang pengembangan usaha” ungkap Theresia.

Transaksi di WMM 2018 harus menggunakan kartu atau emoney Mandiri

Menyenangkan sekali bisa berada di tengah para pengusaha muda Indonesia. Karya-karya yang mereka tampilkan sederhana namun cukup inovatif.

Di bidang Wirausaha Boga misalnya, terdapat Denu Cokelat. Produk cokelat yang dikemas menjadi choco bar, choco crust, serta chocodrink.

Ada pula produk Kebab Kebudd. Kebab yang didalamnya terdapat isian unik, seperti isi durian, fruitmix, tuna melt, dan lain sebagainya.

Dalam bidang teknologi saya melihat sebuah majalah bernama Owl Magz. Majalah edukasi anak yang dipadukan dengan teknologi Augmented Reality. Dengan aplikasi, sebuah gambar di dalam majalah bisa terlihat seperti bergerak.

Owl Magz

Dari sekian produk yang saya tulis di atas, masih ada produk-produk menarik lainnya di WMM Expo 2018. Tonton video saya di sini:

Jadi, buat teman-teman yang bingung merencanakan acara akhir pekan, yuk datang ke MOG, Malang. Sambil nonton pameran jangan lupa juga ikutan lomba foto selfie di Wallnya Wirausaha Muda Mandiri (WMM) Expo 2018. Tersedia hadiah jutaan rupiah! Siapa tau kamu beruntung. Lumayaan bisa nraktir teman dan sodara 😀

One thought on “Wirausaha Muda Mandiri (WMM) Expo2018, yang Muda, yang Berkarya, yang Berprestasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *