Kuliner

Batagor Budi Mulia, Batagor legendaris di Surabaya

Harusnya kuliner ini khasnya kota Bandung, tapi di Surabaya batagor malah jadi kuliner yang lejen. Entahlah, mungkin buah persabahabatan antara Bonek dan Viking kali haha..

Pas lagi lapar berat, buka tudung saji kosong melompong, ndilalahnya timeline IG menampilkan gambar sepiring batagor Budi Mulia dengan saus kacangnya yang melambai-lambai.. Wes gak macem-macem, lidah, mata, dan perut saya langsung berantem minta diantar ke sana. Hati sih karep, tapi gimana ya, mosok kate mangan ae leren budhal nang Ngagel! Tapi syarate harus gitu’e.. ya udah akhirnya motor saya setel kenceng meluncur kesana.

Menuju depot Batagor Budi Mulia Ngagel sakjannya guampang, tinggal lurus aja. Masalahnya cuma itu, jalan Ngagel sekarang ramenya gak karu-karuan. Yang lewat mobil guede-gede. Apalagi posisi depot Batagor Budi Mulia ini kalau dari arah Wonokromo ada disebelah kanan jalan. Nyeberangnya itu, lo, rodok awang-awangen..

Sebenarnya kulineran batagor di Surabaya terlalu gampang. Nggak usah jauh-jauh datang ke depot Batagor Budi Mulia di jalan raya Ngagel, di perempatan antah brantah pasti ada aja gerobak batagor yang mangkal. Saking gampangnya petunjuk google maps kesulitan mendeteksinya! 😀

Nah, Batagor Budi Mulia ini terkenal banget di Surabaya. Terutama rasa saus kacangnya yang nikmat. Sensasi manis bumbu dan asam jeruk purut dengan tumbukan kacang yang kasar. Pada tiap kunyahan sepotong batagor, mesti ada sisa protolan kacang yang ketinggalan. Disitulah seni nikmatnya Batagor Budi Mulia. Untuk yang suka pedas sambalnya ada di meja bebas ambil sendiri. Ada kecap sama garam sekalian bagi yang ingin menambah citarasa.

Sebelum menetap di Jalan Ngagel, Batagor Budi Mulia dulunya warung PKL didepan RS Budi Mulia yang sekarang bernama RS Siloam. PKL ini sudah ada sejak tahun 1993. Itulah kenapa disebut legen, sebab sejak dulu sampai sekarang batagornya selalu laris dan rame.

Begitu parkir motor, saya agak pekiwuh duduk soalnya disana hanya ada satu meja panjang dan hampir terisi semua. Sisa 2 kursi posisinya di pojok tepat dibawahnya TV. Otomatis untuk kesana saya harus bilang amit sewu sama pengunjung lainnya.

Meskipun terbilang legendaris, depot batagor ini bisa dibilang tempatnya tidak luas. Andaikan penuh, palingan bisa muat 20 orang dengan duduk yang dempet-dempetan. Tak jarang orang datang beli dibungkus dibawa pulang. Bisa jadi ini semacam trik marketing untuk membuat orang penasaran.

Lebih bagus seandainya tempatnya agak luasan lagi biar siapapun berlama-lama disana. Kemarin itu habis makan saya langsung pamit ke kasir. Padahal es teh nya murah, lo. Segelasnya cuma Rp. 2.500,-!

Sebelum duduk saya pesen dulu Batagor campur ke Abang Batagor. Isi batagor campur antara lain Siomay, Tahu, Telor, Kentang, dan sayur Kol. Satu porsi batagor campur cukup mengenyangkan. Lumayanlah buat ganjel perut siang-siang. Sampai rumah nggak lagi makan nasi.

Jangan lewatkan Lumpia enak ini harganya 2000 saja!

Bagi yang nggak pingin makan batagor, disini menyediakan menu lain yaitu Baso Tahu Ikan Bandung. Harga per item dipatok harga Rp. 3.000,-. Kalau pesen Batagor campur isi 5, seporsi jatuhnya, ya, Rp. 15.000,-. Melihat ukuran sebelum dipotong ukuran siomay, tahu, dan sayur kol gak gede-gede amat. Tapi soal saus kacangnya beda banget sama saus batagor yang biasanya. Rata-rata sausnya halus, kalau batagor ini malah banyak kacangnya.

Kalau teman-teman ingin menikmati bagaimana legendarisnya rasa Batagor Budi Mulia Surabaya, cuss ke Jalan Ngagel no. 27, Surabaya. Ancer-ancernya:

– Kalau dari arah Stasiun Gubeng lurus aja melewati Jl. Biliton lalu belok kanan ke Jl. Sulawesi, trus belok kiri ke Jalan Ngagel. Cari aja Batagor Budi Mulia di sebelah kiri jalan

– Kalau dari arah Royal Plasa ambil jalan yang lewat depan Stasiun Wonokromo, trus luruuuus aja sampai jalan Ngagel. Ngelewati sekali lampu merah, lalu lurus aja. Posisi warung ada di sebelah kanan jalan

Kalau bingung, ikuti aja maps dibawah ini!

Batagor Budi Mulia Jalan Ngagel 27 buka setiap hari Senin – Sabtu jam 10.00 – 22.00 dan Minggu jam 16.00 – 22.00. Saran saya kesana naik motor aja, kalau bawa mobil parkirnya sempit.

9 thoughts on “Batagor Budi Mulia, Batagor legendaris di Surabaya

  1. Duh barusan balik teko ngangel, berarti sebelah kiri jalan. Sippp.

    Sebagai penyukan batagor dan siomay kayaknya harus cussss kesana, sekalian mampir golek kurmo nang lawang Agung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *