Jalan-jalan

Itinerary Lombok 4 Hari 3 Malam Murah Meriah ala Mama Minta Piknik

Baru kali ini saya melakukan perjalanan ke luar pulau dengan menyusun itinerary sendiri. Pertama kali ke Lombok, belum tau kondisi dan suasana kontur alam di sana, sama sekali buta tujuannya kemana aja. Dan saya kok sombong banget, lho! Ke Lombok nggak menghubungi teman blogger di Lombok! Padahal seandainya tanya mereka, saya yakin jalan saya dipermudah. Bisa jadi malah ditraktir nginep di rumahnya, ahaaaiii..

Rencana pergi ke Lombok seperti disengat semut merah. Nggak ada hujan, nggak ada panas bilang ke Mas Rinaldy, β€œKe Lombok, yuk, naik KMP Legundi!”

Jadwal KMP Legundi dari Surabaya hari Selasa dan Sabtu, saya hanya punya waktu 2 hari untuk menyusun itinerary dan kemungkinan-kemungkinannya. Terbukti sudah, efek the power of kephephet membuat hidup terasa bahagiaaa.. πŸ˜€

Sebelum menyusun Itinerary Lombok 4 Hari 3 Malam Murah Meriah ala Mama Minta Piknik, lebih dulu saya mempelajari peta pulau Lombok. Ternyata baca peta malah bikin rumit soalnya saya harus menghapal wilayahnya dimana pulau Lombok terbagi dalam:

Kota Mataram
Kab. Lombok Barat
Kab. Lombok Tengah
Kab. Lombok Timur
Kab. Lombok Utara

Peta Wisata Lombok. Image dari Google

Dan semakin saya memahami, semakin mumet kepala saya, haha.. cara satu-satunya adalah nyontek itinerary travel di Lombok. Ini lebih jitu ketimbang mikir ruwet!

Selain, nyateti tempat wisata, saya juga ubek-ubek penginapan murah di Lombok. iya, cuman nyateti, gak kepikiran untuk reservasi via online, soalnya takut jadwal tidak sesuai rencana.

Berikut ini adalah Itinerary Lombok 4 Hari 3 Malam Murah Meriah ala Mama Minta Piknik:

Hari 1

KMP Legundi menambatkan diri di Pelabuhan Lembar jam 15.30. Jauh dari perhitungan saya sekitar jam 12 – 1 siang. Jelas telat karena kapal mulai jalan dari Surabaya jam 8 malam.

Tiba di Pelabuhan Lembar saya langsung menuju kota Mataram mencari penginapan. Lagian sudah sore gitu mau jalan kemana. Tujuan paling kalem dan nyaman adalah check in hotel, mandi, leyeh-leyeh, trus cari makan. Maklum di kapal makanannya ala kadar, yang menu pagi malah nggak kami makan baunya rada-rada gimanaa, gitu..

Atas rekomendasi kenalan di kapal, kami menginap di Hotel Pesaban. Tarif di web saya cek semalam Rp. 150.000,-, tapi saya dapat harga Rp. 125.000,-. Selama di kapal sengaja saya mancing obrolan sama penduduk yang asli Lombok sambil tanya-tanya tentang pulau Lombok, hehe..

Beruntungnya lokasi hotel ini hanya 300 meter dari Mataram Mall dan berjarak 1,2 km dari Mall Epicentrum Lombok. Jadilah malam itu kami menghabiskan waktu dengan NgeMall! Haha.. gak keren banget, jauh-jauh ke Lombok malah NgeMall!

Hari 2

Jam 9 pagi kami sudah jalan menuju arah pesisir Lombok yang berakhir di Pelabuhan Bangsal. Niatnya sih pagian berangkat, tetapi pemilik motor yang akan kami sewa nggak datang-datang. Hari ini lokasi yang akan kami tuju adalah:

– Kota Toea Ampenan sekaligus pantai Ampenan
– Pesisir Pantai Senggigi yang tiap spotnya membuat decak kagum. Sepanjang jalan Senggigi ini saya berkali-kali berhenti buat foto-foto. Cukup banyak pantai di sini, yang saya ingat adalah pantai Senggigi, Pantai Nipah, Pantai Kecinan, Bukit Malimbu, Pantai Mentigi. Sempat baca juga Pura Batu Bolong yang nggak saya hampiri
– Pelabuhan Bangsal untuk nyebrang ke Pulau Gili Trawangan

Hari 3

Masih di Gili Trawangan menikmati pagi. Suka lama-lama disini. Suasananya pedesaan dengan pemandangan bule riwa-riwi ngontel sepeda.

Jam setengah 10 kembali ke Lombok menuju Pantai Kuta. Kali itu map nya menyuruh kami melewati hutan-hutan yang banyak sekali kera. Yap, kami diajak lewat Pusuk, kawasan yang banyak dihuni monyet sampe meluber ke jalan-jalan. Ada yang sembujung sambil ngaca di tepi jalan, lho!

Setir motor melaju terus melewati kota Mataram lurus terus kearah By Pass Bandara. Tak lama kemudian tampak perkampungan Desa Sade. Sengaja kami nggak mampir dulu kesini, soalnya mau ke Tanjung Aan, Bukit Marese, Pantai Kuta Mandalika, dan Pantai Seger dulu. Sangat disayangkan, ketika mau ke pantai Seger Map gak mendeteksi lokasinya.
Waktu pulangnya baru kami mampir ke desa Sade.

Hari 4

Kami nggak banyak eksplor lokasi hari ini karena jadwal pesawat ke Surabaya jam 15.30. Pagi-pagi habis sarapan kami langsung ke Islamic Center yang jarak dari hotel 3 km.

Habis dari Islamic Center kami menuju Taman Air Narmada. Niat awal pengen masuk, lha kok tiba-tiba datang rombongan bermobil pick-up mengangkut anak-anak PAUD beserta Ibunya yang mau berenang. Jadi deh saya urungkan masuk, haha..

Sudahlah kami akhirnya kembali ke Mataram lagi, tapi sempat berhenti di Pura Meru. Lagi-lagi batal masuk karena saya menolak dipalak tukang parkir yang minta bayar tarif masuk Rp. 30.000/orang dimana nilainya tidak sesuai seperti yang saya baca di web Rp. 10.000,-. Dan lagi Bapaknya ndak bisa memberikan karcis resminya. Padahal pengen banget masuk kesana..

Perjalanan kami berakhir di warung makan bermenu Gado-gado dan rujak cingur di Mataram. Waaah, kangen banget makanan ini setelah berhari-hari makannya menu Suku Sasak yang pedasnya aduhai..

Seperti itulah Itinerary Lombok 4 Hari 3 Malam Murah Meriah ala Mama Minta Piknik. Itinerary ini bisa diubah sesuai kondisi, misalnya hari 1 ke arah Pantai Kuta, Hari 2 ke Senggigi lanjut nginep di Gili Trawangan. Bisa juga di Gili Trawangan pulang hari untuk menghemat waktu. Rekomendasi saya sih nginep, biar lebih dekat dengan Bule, hehe..

Teman-teman juga bisa ngikuti itinerary ala Travel Agent berikut ini:

Day 1
Desa Sade – Pantai Kuta Mandalika – Bukit Marese – Tanjung Aan – Pantai Seger – Pantai Mawun
Day 2
Pantai Senggigi – Bukit Malimbu – Gili Trawangan
Day 3
Air Terjun Sendang Gile – Air Terjun Tiu Kelep – Masjid Kuno Bayan
Day 4
Islamic Center – Pura Meru – Taman Air Mayura – Taman Air Narmada

Sekali lagi diutak-atik saja sendiri, ya, susunan Hari 1 sampai hari 4, sesuaikan dengan jadwal kedatangan dan kepulangannya. Kalau itinerary ala saya diatas tidak terlalu ngoyo jalan, masih bisa santai dan berlama-lama didekat gerobak penjual pentol sama leyeh-leyeh dikursi Indomaret sambil minum susu πŸ˜€

16 thoughts on “Itinerary Lombok 4 Hari 3 Malam Murah Meriah ala Mama Minta Piknik

  1. Sik ta lah mak, adoh adok nang lombok maem rujak cingur, opo nggak kuwalik? Atau mungkin ping nyoba sensasi makan rujak dengan rasa `lombok` beneran. hahaha

    Semoga tukang palak segera tobat. Aamiin

  2. Salfok mak yun, jauh ke Lombok lalu ngemall dan makan rujak cingur πŸ˜€ Tapi keren deeeh bs mbolang ke Lombok. Seruuuu sekali. Aku dlu ke Lombok kurang menikmati setiap tujuan wisatanya HANYA karena aku sibuk pumping ASI melulu tiap dapet tempat nyaman, ( heluuuuw anak aku waktu itu masih 2 bulan).

    Semoga bs jalan2 ke Lombok lagi, makan sambal plecing, eh bener yaaa haha… Menikmati Gili Trawangan nan tenang tanpa asap kendaraaan.

    Btw poto2nya kurang maaak yun, biar aku makin mupeng haha πŸ˜€

  3. Asiiikk..udah jadi aja postingannya. Sepertinya masih ada postingan selanjutnya nih tentang Lombok. Yang ini khusus itinerary aja kan? πŸ˜€
    Ayo ke Lombok lagi mbak, biar kita ke Pantai Seger.

  4. Tanggal 23 januari ke Lombok. Aaaaak suwun mbak tulisane. Aku rencana nginep ndik omahe koncoku. Tapi misal sungkan iso nginep hotel murah kui. Suip pol.

  5. Kalau ke Lombok kayaknya harus dipuas-puasin main di pantai atau gilinya, hehe, gak ke Lombok kalo gak main ke Gili Trawangan atau Pulau Komodo, wkwk xD

    Duuh, mahal di pesawatnya euy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *