Parenting

Hamil tanpa Ngidam, wajarkah? Yuk cari tau seputar Ngidam!

Konon wanita yang sedang hamil segala keinginannya harus dituruti. Kalau nggak turuti bisa mengakibatkan anak jadi suka ngiler!

Lha kalau selama hamil gak ngidam, apakah kehamilannya bermasalah?

Sejak dulu ngidamnya wanita hamil selalu membawa kontroversi. Yang katanya ngidam merepotkan suami sehingga segala yang diucap istri kudu dituruti. Bahkan ada yang bilang ngidam adalah pekerjaan istri yang dibuat-buat supaya dapat perhatian suami.

Haeee.. ngidam itu beneran ada, lho. Walaupun sedang hamil trus gak merasakan ngidam juga bukan berarti kehamilannya bermasalah.

Orang hamil yang sedang ngidam sebagai pengaruh atas perubahan hormon yang terjadi di masa kehamilan. Salah satu efeknya adalah terdapat peningkatan sensivitas yang biasanya berupa rasa dan indera penciuman.

Saat ngidam dulu saya paling benci dengan bau mie instan. Setiap kali ada orang masak mie instan saya tutup hidung rapat-rapat. Namun ada bau yang paling saya suka, yaitu bau minyak kayu putih. Keharuman minyak kayu putih sanggup membuat rileks diri saya.

Sebaliknya, ada lho teman saya yang lagi hamil buenci banget dengan sengatan bau minyak kayu putih! Haha..

Cerita pengalaman ngidam itu menarik, seringkali membawa kisah heroik dan lucu 😀
Sebenarnya apa sih ngidam itu?

Ngidam adalah dorongan yang sangat besar terhadap sesuatu hal, terutama yang berkaitan dengan makanan dan minuman tertentu yang terjadi pada wanita yang sedang hamil.

Festival Ngidam SGM Bunda hadir di Surabaya

Serunya cerita kehamilan, rupanya belum diimbangi dengan edukasi seputar nutrisi seimbang yang dibutuhkan Bunda untuk menjaga kehamilan sehat.

Royal Plasa Surabaya pada tanggal 5 Agustus 2017 lalu, menjadi saksi gelaran Festival Ngidam SGM Bunda yang pertama dan terbesar di Indonesia. Festival yang tak hanya sarat edukasi, tetapi dipenuhi berbagai aktivitas edukasi dan hiburan seru untuk para bunda hamil.

Rangkaian acara Festival Ngidam SGM Bunda dihadiri oleh Dude Harlino, sang Ayah siaga menjaga istrinya, Alyssa Soebandono, ketika menjalani masa kehamilan.

Menurut Dude, selama hamil, Alyssa tidak mengalami ngidam makanan dan minuman tertentu. Untuk menjaga si kecil dalam kandungan, Icha berusaha memastikan segala yang dikonsumsi memiliki asupan gizi cukup.

Sebenarnya, wajar nggak, sih, orang hamil Ngidam?

Jika mendengar pengalaman ngidam ibu hamil yang aneh-aneh, kadang gak percaya efek ngidam sebegitu gak masuk akalnya.

Pengen makan semanggi yang di Taman Bungkul, sedangkan dianya tinggal Jombang. Parahnya harus ada hari itu juga. Coba mana itu pintunya Doraemon, sini pinjem..

Menurut dr. Muhammad Ardian C.L, SpOG,M.Kes, ngidam Bunda adalah sebuah kewajaran. Faktor hormonal harus dipahami dengan baik, sehingga Bunda harus lebih berhati-hati mengontol asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh.

Saat hamil, Bunda harus lebih cermat menjaga kesehatan diri dan si kecil sejak dalam kandungan melalui pola makan bergizi seimbang. Saat hamil, kondisinya berbeda dengan saat tidak hamil. Yang dibutuhkan Bunda saat hamil adalah memastikan kecukupan nutrisi seimbang.

Tips Menjaga Kucukupan Nutrisi saat Hamil

Selain asupan karbohidrat, protein, dan lemak, kecukupan zat gizi mikro seperti Asam Folat, Zat Besi, Kalsiu, dan Vitamin D juga penting untuk mengatur metabolisme tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat hamil, yang dilakukan Bunda adalah makan nutrisi seimbang 3x sehari, konsumsi 1 butir telur, minum air putih 10 gelas per hari, serta konsumsi susu khusu ibu hamil.

Ditekankan pula oleh Christina Natalia, Marketing Manager SGM Bunda, dalam masa kehamilan, Ayah harus selalu mendukung Bunda dalam memenuhi kebutuhan nutrisi maupun psikologi Bunda dan si kecil.

Seperti yang dilakukan oleh Dude Harlino, ketika hamil, Ia selalu memperhatikan makanan Alyssa terutama mengingatkan agar tidak lupa mengkonsumsi susu hamil SGM Bunda.

Festival Ngidam SGM Bunda Manjakan Ibu Hamil

Dalam Festival yang berlangsung selama 2 hari, tanggal 5 – 6 Agustus 2017, Ibu Hamil dapat memuaskan diri dan bermanja-manja ria disana. Ada bermacam booth untuk memberikan kehamilan Bunda berkesan, yaitu:

Ngidam Jajan
Sambil NgeMall, Bunda dapat jajan sesuka hati. Ada bakso, rujak manis, batagor, tahu tek, dan lain sebagainya

Ngidam Dimanja
Kebanyakan Ibu hamil malas merawat diri. Nah, supaya cantik, Festival Ngidam menyediakan fasilitas perawatan kecantikan dan pijat hingga terapi musik hamil

Ngidam Ketemu Artis
Hohoho, biasanya Ibu Hamil suka banget kalau ketemu artis. Harapannya biar anaknya ganteng dan cantik seperti artis haha..

Wahai bunda-bunda hamil, selamat ya atas kehamilannya. Kalau ngidam jangan setengah-setengah. Nikmati saja kengidaman itu, yang penting ibu dan si kecil sehat!

13 thoughts on “Hamil tanpa Ngidam, wajarkah? Yuk cari tau seputar Ngidam!

  1. Dulu beneran aku ngidam ketemu Bu Risma, dan beneran kesampaian Mbak. Duh senengnya.

    Mungkin Salfa aktif dan enek ae polahe mergo ketularan semangate Bu Risma, hehe. Moga-moga sukses nanti seperti Bu Risma.

  2. Waaaah gak nyangka bisa ketemu Dude, ini namanya rezeki dedek. Moga2 dedek nantinya tinggi, putih, danteng, baik kayak mas artis. Hihi..

    Acaranya seru yah mbak. Ngidam2 gitu, lumayan jadi tau rasanya ngidam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *