Bu Risma dan kota seribu taman

25 comments 1612 views

Kalau di Jakarta ada Pak Jokowi, maka di Surabaya saya bangga punya Bu Risma (Tri Rismaharini)

Sosok Ibu Walikota yang memiliki gaya kepemimpinan unik ini dalam 3 tahun jabatannya sedikit banyak telah sukses mengubah wajah kota Surabaya.

Walau namanya mungkin tak setenar Jokowi tetapi bagi warga Surabaya, khususnya pasukan kebersihan, sosok Bu Risma sangat di hormati dan di segani. Pembawaannya sederhana, suka ceplas-ceplos, murah senyum tapi juga punya hobi marah-marah. Bagi yang pernah dan sering bekerja di bawah kepemimpinan Bu Risma, mendengar Bu Risma marah adalah hal biasa. Dan itu salah satu upaya untuk menyelesaikan masalah.

Saya punya 2 orang dekat yang bekerja sebagai petugas kebersihan kota. Dan dari mereka lah saya bisa menulis ini disamping melakukan pengamatan sendiri juga melalui media cetak atau digital. Tinggal saya kait-kaitkan saja.

Meskipun suka ceplas-ceplos, namun Bu Risma tak main-main denga kata-katanya. Jika ada proyek atau saluran jalan yang tak kunjung selesai dan dirasa cukup mengganggu keindahan kota, Bu Risma akan secepat mungkin cari tau dan sesegera mungkin meminta mereka menyelesaikannya. Sejak sebelum menjadi Walikota hingga menjadi  walikota, Bu Risma memang menonjol dalam kebersihan jalan, saluran air/sungai juga kecantikan kota. Sepertinya sudah sesuai bidangnya, Bu Risma yang seorang lulusan S2 Manajemen Pembangunan Kota di ITS ini, selama karier di pemerintahan, beliau pernah menjabat: Kepala Seksi dan Tata Guna Bappeko Surabaya (1996), Kepala Dinas Pertamanan dan Kebersihan (2005-2008), Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (2008-2010) yang kemudian membawa beliau pada Partai Politik.

Meskipun di awal-awal Bu Risma enggan untuk menjadi Walikota tetapi mau tak mau Bu Risma berangkat juga. Itu karena hasil survei yang sempat di syaratkan oleh Bu Risma. Syarat yang diajukan adalah Jika survei atas dirinya tidak mencapai angka 20% maka Bu Risma enggan jadi walikota. Kenyataannya survei menunjukkan angka 22%.

Di usung oleh PDIP, Bu Risma di sandingkan dengan Walikota sebelumnya, yakni Bambang DH. Karena sudah menjabat selama 2 periode yang seharusnya Bambang DH tidak boleh menjabat lagi, maka di jadikanlan Bu Risma sebagai posisi walikota.

Meski selama pemilukada berjalan lancar, kenyataanya Bu Risma mendapat batu sandungan. Antara lain, belum 1 bulan menjabat, Bu Risma akan di lengserkan oleh DPRD Surabaya. Dan bahkan dalam pelengseran itu, PDIP sebagai partai pengusungnya juga masuk menjadi salah satu partai yang ikut melengserkan Bu Risma. Meski akhirnya gagal di turunkan. Sebaliknya, kini PDIP memberi perhatian penuh kepada Bu Risma atas kesuksesannya memimpin kota Surabaya.

Tak berhenti sampai di situ, Kini Bu Risma masih di uji dengan menjadi pemimpin tunggal kota Surabaya. Sebab, sejak  mencalonkan diri menjadi Cagub Jatim, Bambang DH telah mengundurkan diri menjadi wakil walikota sejak April lalu. Dan hingga kini belum juga ada penggantinya.

Kini kota Surabaya telah berubah wajah. Kota yang dulunya terkenal panas dan debu, menjadi asri dan segar. Pepohonan hijau tumbuh di mana-mana memayungi jalanan Surabaya. Juga taman-taman nan indah yang mempercantik kota membuat siapa saja betah berada di luaran. Di tangan Bu Risma, Surabaya memiliki tempat wisata gratisan yang bisa di kunjungi oleh siapa saja juga kapan saja.

Dan harapan saya sebagai warga Surabaya, semoga masih ada sosok Bu Risma lain yang mampu mengimbangi kinerja beliau sehingga jika di akhir masa pemerintahannya nanti Surabaya tetap menjadi kota terbersih dengan seribu tamannya.

Bu Risma tangannya di bebat karena patah

Bu Risma tangannya di bebat karena patah

 

Referensi: Majalah Detik

author
Author: 
loading...
  1. author

    Hanna HM Zwan3 years ago

    pertama kali lihat bu risma itu waktu di tv,dia di demo dan langsung teriak kenceng ke pendemo ngasih solusi, diakhir dia bilang “iya sekarang…ini lo saya mau berangkat”.tegas bangetttt,daaannnn saya baru tahu kao bu risma itu walkot Surabaya,beuhhhh..luar biasa.surabaya sekarang bagus ya,banyak taman…hbs lihat tayangan itu ada tayangan bintang tamunya bu risma,sejak itulah tahu…bener2 saudrane jokowi ya mbk yun hehehe
    *waduh,panjangggg

    Bu Risma itu baik tapi juga galak lho Mbak. Orangnya berani. Kalau melihat ada bekas galian yang nutupnya gak sempurna, Bu Risma langsung turun tangan dan nelpon ke pihak terkait. Tak lama pekerjaan itu akhirnya beres juga 😀

    Reply
  2. author

    monda3 years ago

    makanya Surabaya menang Adipura terus ya

    Betul, Mbak. Sejak awal menjabat hingga sekarang sepertinya koleksi penghargaan di Surabaya bertambah terus hehe..

    Reply
  3. author

    imamboll3 years ago

    alhamdulillah, semakin banyak pemimpin yang peduli dengan rakyat, lingkungan, serta memberikan kontribusi yang nyata 😀

    Amiin, makasih apresiasinya Mas 🙂

    Reply
  4. author

    catatan kecilku3 years ago

    Aku juga sangat kagum pada Bu Risma, mbak. Beliau hebat banget…

    Saya juga suka merinding kagum kalau mendengar atau membaca tentang sosok Bu Risma Mbak..

    Reply
  5. author

    Imam Sujaswanto3 years ago

    Surabaya adalah kota kelahiran saya lo Bu.

    Namun saya juga sudah lama menetap di Jember.

    Dan Ayah saya juga masih berada di Surabaya untuk bekerja, sedangkan saya dan Mama tinggal di Jember.

    Senang sekali mendengar Surabaya lebih baik.

    Saya menjadi terharu membacanya.

    Oalah, sampean arek Suroboyo ta, Cak?
    Tenang ae Mas, Bapak sampean pasti krasan kok tinggal di Suroboyo.. 😀

    Reply
  6. author

    lozz akbar3 years ago

    kalau engga jadi blogger enggak bakalan bisa poto-potoan bareng walikota ya mbak Yun? hahaha

    Hahaha.. iya Mas, efek kepedean kali ya 😀

    Reply
  7. author

    nh183 years ago

    Saya memang mendengar reputasi Ibu Walikota yang satu ini …
    Saya dengar Beliau memang dijuluki Walikota seribu taman … ada tanah kosong pasti dijadikan taman …
    prestasi yang menurut saya terlihat adalah … penataan kali brantas … (mohon dikoreksi kalau saya salah)

    Salam saya Mbak Yuni

    Itu betul sekali, Om. Sekarang kali-kali di pinggiran kota Surabaya sudah di penuhi taman-taman hijau yang setiap hari di siram oleh petugas. Diantara taman itu juga di bangun jalan setapak, bangku serta gazebo 🙂

    Reply
  8. author

    keke naima3 years ago

    semoga sukses dengan program 1000 tamannya biar bs dicontoh dg daerah lain. Biar lingkungan jd adem

    Betul Mbak. Selain jadi adem, masyarakat punya tempat buat melepaskan penat.

    Reply
  9. author

    Miyake3 years ago

    semoga saja bu risma bisa menjadi pemimpin yang baik buat Surabaya dan bisa menjadi pengayom utk masyarakat.

    salam kenal sebelumnya.
    nice blog.

    Setuju!! Makasih Mbak Miyake 😀

    Reply
  10. author

    @hijriyan3 years ago

    Dulu Sumsel juga punya tokoh pemimpin yang selalu jadi panutan, namun di pilkada kemaren beliau sendiri yang merusak kehormatannya. Sangat mengejutkan :'(
    *malah curhat*

    Oya? Sayang ya Mas.. semoga cukup sekali aja ya kejadian seperti itu. Saya berdoa semoga Sumsel jadi lebih baik dan hasil pemilihan kemarin di terima oleh semua kandidat 🙂

    Reply
  11. author

    Orin3 years ago

    Wah…keren jg nih mbak Bu Risma, semoga pemimpin yg seperti beliau semakin banyak ya mbak Yun

    Iya Mbak, supaya Surabaya jadi lebih baik lagi 😀

    Reply
  12. author

    Ika Koentjoro3 years ago

    Bu Risma orangnya sederhana ya. Jogja dulu juga punya walikota yang oke banget. Terpilih 2x

    Woww.. dan sekarang setelah nggak terpilih lagi, bagaimana kabar walikota itu Mbak? Semoga kota Jogja semakin baik dan maju ya Mbak 🙂

    Reply
  13. author

    Yos Beda3 years ago

    selalu salaut saya setiap membaca berita ibu risma, semoga beliau kelak bisa jadi gubernur jatim, hehehe

    Setuju sekali Mas. Saya juga mau kalau Bu Risma jadi Gubernur 🙂

    Reply
  14. author

    muhammad ridwan purnomo3 years ago

    kabarnya bu risma juga dicalonkan jadi walikota terbaik tingkat dunia ya?

    semoga kulaitas beliau diakui dunia seperti jokowi yang gemilang…

    Reply
  15. author

    intan rawit3 years ago

    wow serius mb surabaya sekarang adem dan ga gerah lagi? terakhir kali ke surabaya puanaassse rek, alhamdulillah sekarang sudah ada kemajuan dalam penataan taman kota dan penghijauan.
    Bu Rismanya bisa kepilih lagi ndak tu mba?hehe

    Reply
  16. author

    teguh wahyudi3 years ago

    Sebagai warga Surabaya nggak rugi punya bu Risma. Pernah aku nemuin bu Risma nolong ibu pingsan di dekat SMA 6, orangnya juga sederhana lihat aja jilbabnya nggak aneh2 kayak pejabat perempuan lainnya.

    Reply
  17. author

    muhammad sidik3 years ago

    jd pengen ke surabaya…..tp tempat mkn enak di mana ya? kalo bisa yg tradisional dan kelas k5….he he he …
    kagum sama buk Risma

    Reply
  18. author

    Elsa3 years ago

    iya mbak. buuuangga kita punya bu risma ya
    semasa beliau masih di dinas pertamanan, surabaya disulap CLING jadi cantik!!!!

    Reply
  19. author

    arsy3 years ago

    Sosok ibu Risma menjadi tauladan buat Wanita”indonesia,.

    Sederhananya luar biasa,.
    Pernah terjadi banjir depan walikota,Śªªªÿa̲̅ kaget ternyata yg pakai jas hujan kuning itu bu Risma,jadi polantas juga,
    Coba pejabat lain mana mau peduli???
    Malah pangku kaki didalam ruanganya
    Buat Bu Risma,maju terus ibu.

    Reply
  20. THE NINE FROM SHINING AQUAMARINE | The Ordinary Trainer writes ...3 years ago

    […] Yuni punya dua blog.  Saya ambil yang dari .com saja ya.  Postingan berkesan dari Yuni adalah BU RISMA DAN KOTA SERIBU TAMAN..  Di dalam postingan tersebut Yuni bercerita mengenai sepak terjang seorang Walikota.  Walikota […]

    Reply
  21. author

    Pakde Cholik3 years ago

    Moga2 bu Risma berhasil membersihkan Surabaya dari kemesuman
    Salam hangat untuk Bu Risma

    Reply
  22. author

    anna3 years ago

    salam kenal mbak Yun..
    saya mampir ke sini setelah dari blog Om NH.

    Ketenaran bu Risma juga sampe Jogja loh. 🙂 bangga sebagai perempuan, ada walikota yang sekelas bu Risma.

    kira2 beliau udah baca postingan ini belum yak? 😀

    Reply
  23. author

    Said Rahman | @bangsaid3 years ago

    Wah, ini emang Walikota super. Apa emang cocoknya eksekutif itu pendidikannya S2 Manajemen tata kota kali ya.

    Salam kenal mba 😉

    Reply
  24. author

    sandy3 years ago

    saya inget beliau pas di balai pemuda cross culture korsel, beliau marah karena bodyguardnya mengangu jalanya ketika ada lampu mati , saat itu beliau sedang mencari penyebab matinya listrik di balpem,,, awesome,, semoga bupati saya bisa kayak bu risma

    Reply
  25. author

    mahago3 years ago

    Thanks for another helpful site. The place else might just I recieve that type of real information written in this type of fantastic method? I own a goal that we’re just today operating in, i are actually with the glimpse out for this sort of facts.

    Reply

Leave a Reply