Cerdas Merencanakan Keuangan Sejak Dini untuk Masa Depan Lebih Baik

Apa rencana masa depanmu?

Rencana masa depan saya apa, ya? Susah banget jawabnya!
Jujur saja, bila ditanya tentang masa depan, gak ada jawaban pasti yang bisa saya pertahankan. Sebab sampai detik usia saya saat ini belum ada rencana masa depan yang tersusun rapi. Semuanya masih simpang siur. Walau sebenarnya jauh di dalam lubuk hati yang paling dalam, ingin sekali merencanakan masa depan sedini mungkin untuk kehidupan yang lebih baik; Hidup Senang, Mati Bahagia.

Sejak tahun 2013, saya mengambil jalur tidak aman dengan lepas dari pekerjaan dan memilih menseriusi hobi sebagai seorang blogger. Entah kebetulan atau memang sebuah dukungan, saya dibukakan jalan mengikuti sebuah semianar bertajuk How To Get Profit From Your Hobbies yang diselenggarakan oleh Sun Life Financial.

Sun Life Lebih Baik

Membaca kata ‘Profit’ jiwa saya membuncah. Semacam ada rasa bangga bahwa ternyata sebuah hobi jika dilakukan dengan serius bisa mendapatkan keuntungan, bukan sekedar isapan jempol. Saya niat datang, dan ingin memantapkan kebenaran ‘mitos’ tersebut!

Seminar pada siang itu menghadirkan nara sumber yang keren. Dua nara sumber berbeda bidang namun keduanya sama-sama memiliki kecakapan mengelola hobi menjadi penghasilan. Mereka adalah:

• Joice Tauris Santi, Penulis Buku Selami Asuransi demi Proteksi Diri.
• Aditya Agung Blogger, Fotografer, dan Instagramer.

Tiba di lokasi acara, Pakuwon Trade Center, tepatnya di The Capri Cafe, waktu sudah menunjukkan 13.20. Di sana hadirin sudah rame dan buru-buru saya melakukan registrasi. Masih untung acara belum dimulai. Legaaa..

Sebelum masuk ke sesi utama, MC menyerahkan panggung kepada Bapak Kaiser Simanungkalit, AVP Head of Branding & Communication Sun Life Financial. Tapi, sebelum mic berpindah tangan, Mbak MC yang cakep menyampaikan maksud diadakannya Sun Life Future Plan Seminar dan Exhibition Roadshow di Surabaya adalah sebagai langkah memberikan edukasi kepada masyarakat seputar perencaan keuangan masa depan melalui metode asuransi. Selain itu Sun Life juga mengenalkan cara baru memahami asuransi melalui website terbaru Sun Life Financial dengan judul Bright Advisor.

Mbak MCnya cantik!

Mbak MCnya cantik!

Asuransi itu Penting!

Semua orang tau asurasi itu penting, namun tak banyak orang memahami pentingnya berasurasi. Di Indonesia belum banyak masyarakat yang peduli asuransi. Pada dasarnya asuransi sama dengan menabung, menabung untuk masa depan lebih baik. Yang membedakan keduanya adalah wujudnya: Tabungan berwujud nyata, sedangkan Asuransi berupa kertas.

Bapak Kaiser mencontohkan pengalaman hidupnya selama memiliki asuransi. Menurut beliau memiliki asuransi sama dengan melindungi kesehatan diri. Ketika tiba-tiba sakit dan membutuhkan banyak biaya, asuransi yang akan mengcover.

Bapak Kaiser Simanungkalit

Bapak Kaiser Simanungkalit. Image by @SunLife_ID

AVP Head of Branding & Communication Sun Life Financial ini mengaku dirinya memiliki 8 polis asuransi. Kesemua polis yang dimilikinya memiliki arti penting untuk hidupnya. Dalam membeli asuransi, Kaiser mengaku tak serta merta menyetujui, namun ada hal lain yang perlu diperhatikan, yaitu memahami fungsi asuransi itu sendiri.

Banyak orang salah membeli asuransi. Rata-rata mereka tidak mengerti fungsi asuransi yang diambilnya. Misalkan saja seseorang ingin membeli asurasi pendidikan, namun yang diambil adalah asuransi jiwa. Padahal dalam kehidupan ini tiap orang memiliki kebutuhan berbeda-beda. Pesan paling penting yang disampaikan Kaiser, pintar-pintarlah memilih asuransi. Di Indonesia sendiri, masih 4% saja masyarakat yang paham dan memiliki asuransi. Sisanya masih perlu diberikan edukasi pentingnya memiliki asuransi.

Investasi dan Perencana masa depan sejak dini

Kapan waktu terbaik melakukan investasi keuangan?

Dalam hidup ini banyak orang senang bermimpi indah. Mimpi keliling dunia, mimpi pergi ke Baitullah, mimpi punya rumah mewah, mimpi ini mimpi itu..

Bermimpi saja memang indah, tapi bagaimana cara mewujudkan mimpi itu menjadi nyata? Mbak Joice menyerahkan kepada audiens, Kapan sebaiknya melakukan perencanaan keuangan, agar semua mimpi indah itu terwujud.

Mbak Joice semangat menjelaskan tentang Perencanaan Keuangan

Mbak Joice semangat menjelaskan tentang Perencanaan Keuangan

Menurut Mbak Joice merencanakan keuangan sebaiknya dilakukan sedini mungkin.

Gambaran perencanaan keuangan seperti ini:
– Semakin dini semakin baik
– Banyak kesempatan mengakumulasikan aset
– Banyak kesempatan menata kembali
– Banyak kesempatan mendapatkan imbal balik hasil tinggi

Kesimpulanya, Semakin lama berinvestasi, lebih sedikit dana yang diperlukan. Rencana keuangan dapat diminimalkan dengan mentransfer resiko kepada perusahaan asuransi sebab faktor resiko utama rencana finansial datang tanpa diduga, misalnya kehilangan pekerjaan, kecelakaan, cacat, bahkan kematian.

Di hadapan peserta, Mbak Joice mengajak peserta membuka website Bright Advisor dan melakukan financial check up melalui Bright Calculator

Mas Karjo, open mic. Mahabharaaaaaaatttta... :D

Mas Karjo, open mic. Mahabharaaaaaaatttta… 😀

Sedang asik-asiknya menghitung investasi, Mas Karjo didapuk melakukan StandUp Commedy. Selama hampir setengah jam menghibur peserta, Mas Karjo pun turun panggung dan menutup aksinya dengan menyanyikan jingle, Mahabharaaaaaaaaattttttttta….

How To Get Profit From Your Hobbies?

Sesi inilah yang paling saya tunggu-tunggu. Dengan gaya bercerita, Mas Aditya Agung menceritakan perjalanan karirnya menggeluti hobi yang kemudian menghasilkan.

Aditya Agung adalah seorang blogger dan mencintai bidang fotografi kemudian berbelok menjadi instagrammer, Aditya Agung berbagi tentang bagaimana cara membuat foto yang bagus sehingga di lirik brand untuk endorse produknya.

Yang terpenting dalam menghasilkan karya adalah menjadi dirimu sendiri. Dalam dunia seni sejatinya tidak ada yang original.

Sun Life Lebih Baik

Menurut Mas Aditya ketika mencuri karya seni, curilah dengan cara yang bagus, yaitu dengan mencantumkan sumber, mengubah, dan memadukan. Sedangkan mencuri yang buruk adalah dengan cara plagiat, mencontek, dan ambil mentah-mentah.

Mengutip Jim Jarmusch

Curi dari mana saja hal yang menginspirasi atau memantik imajinasimu. Nikmati film lama, film baru, musik, buku, lukisan, foto, puisi, mimpi, percakapan sembarang, arstektur, jembatan, penanda jalan, pohon, awan, perairan, cahaya, dan bayangan. Curi yang langsung menarik perhatianmu saja. Jika kamu lalui ini, karya (dan curianmu) akan jadi autentik.

Prinsip yang dipegang Aditya agar hobi menghasilkan adalah KIBPR, Karya, Instagram, Branding, Profit, dan Relasi.

Karya: Ciptakan Karya yang ciamik, ambil sudut pandang yang berbeda dari hasil fotografer lainnya, dan kreatif
Instagram: Gunakan hestek yang relevan dengan postingan. Untuk mendulang follower, gunakan hestek sebanyak-banyaknya
Branding: Bangun branding terhadap follower dan share postinganmu ke banyak social media agar semakin banyak orang yang menikmati
Profit: Profit tidak hanya berupa materi, mendapat kepuasan diri merupakan salah satu bentuk profit
Relasi: Semakin banyak uplod karya, maka aka semakin banyak relasi yang kita dapat. Dari relasi itulah dapat memicu sebuah penghasilan.

Bright Advisor, tanya pada ahlinya!

Seperti yang sudah saya tulis di atas, banyak masyarakat salah beli asuransi karena tidak memahami seluk beluk produk asuransi. Seperti saran yang diberikan oleh Pak Kaiser, membeli asuransi jangan buru-buru, cari tau manfaat keuntungan yang didapatkan. Saat ini perusahaan asuransi lebih mengutamakan edukasi kepada masyarakat melalui metode digital sehingga produk asuransi makin mudah dipahami oleh siapa saja dan di mana saja. Salah satunya website Bright Advisor, yang beralamat di www.brightadvisor.co.id

Mas Fabie menerangkan web brightadvisor.co.id sebagai platform edukasi asuransi

Mas Fabie menerangkan web brightadvisor.co.id sebagai platform edukasi asuransi

Web Bright Advisor adalah media tempat bertanya seputar dunia asuransi. Ragam asuransi seperti kesehatan, pendidikan, proteksi, investasi hingga perencanaan keuangan bisa didapatkan di sini. Akan ada banyak agen yang siap menjawab semua pertanyaan yang kita ajukan.

Tampilan Webiste brightadvisor.co.id

Tampilan Webiste brightadvisor.co.id

Untuk mencari tau seputar asuransi dan produk-produk asuransi, kita harus membuka akun lalu login.

Boleh isi data langsung atau mendaftar melalui akun Facebook

Boleh isi data langsung atau mendaftar melalui akun Facebook

Banyak pilihan agen yang bisa kita pilih sebagai tempat konsultasi

Bright Advisor

Mau tanya apa, ini pilihannya:
Bright Advisor

Menariknya pengunjung bisa menghitung besaran dana yang dibutuhkan untuk mencapai sebuah tujuan dengan menggunakan Bright Calculator.

Bright Advisor

Kita coba menghitung dana pendidikan, ya..

Bright Advisor

Estimasi yang saya gunakan anak usia 9 tahun dan setidaknya membutuhkan biaya uang pangkal ketika masuk sekolah SMP, SMA, dan S1. S2 nya nyusul aja kali ya biar si anak bayar kuliahnya sendiri hihi.. Trus dana yang saya masukkan juga kisaran aja, syukur-syukur bisa dapat biaya dibawah itu. Dan inilah hasilnya:

Bright Advisor

Kita juga bisa lho ngepoin pertanyaan yang pernah diajukan pengunjung beserta jawaban yang diberikan agen. Dengan begitu ada peluang untuk kita memahami seputar asuransi

Daftar pertanyaan asuransi pendidikan

Daftar pertanyaan asuransi pendidikan

Cerdas merencanakan keuangan sejak dini untuk masa depan adalah kunci keberhasilan hidup lebih baik. Jadi, ayo rencanakan masa depanmu sekarang juga!

Ingin tau lebih banyak tentang Sun Life Financial, Kunjungi Akun Social Media Sun Life:
Facebook: Sun Life Financial Indonesia
Twitter: @SunLife_ID

author
Author: 
loading...
  1. author

    Triani Retno A7 months ago

    Memang asyik banget kalo bisa memberdayakan hobi menjadi sumber penghasilan. Semoga nanti acara seperti ini ada juga di Bandung. 🙂 Salam kenal, Mbak. 🙂

    Reply

Leave a Reply