3 Manfaat AlQuran Braille Digital bagi penyandang disabilitas

Manfaat AlQuran Braille Digital bagi penyandang disabilitas – Bulan Desember 2015 lalu, para penyandang disabilitas, khususnya tuna netra menerima sumbangan Alquran Digital dalam bentuk braille dari para donatur yang di prakarsai oleh Syekh Ali Jaber, Pimpinan Yayasan Quran Braille Digital.

Sebagai wujud peduli terhadap para difabel, Habib kelahiran Madinah Al-Munawwaroh ini sampai membuat program Wakaf 1 Juta Quran Braille. Harapannya agar semakin banyak masyarakat yang peduli disabilitas, begitupula, semakin banyak penyandang difabel belajar dan memahami isi Alquran.

Kehadiran Alquran sistem tulisan sentuh di tengah masyarakat merupakan wujud perkembangan teknologi yang patut diapresiasi. Alquran sendiri selama ini memiliki macam-macam bentuk, ada Alquran Kecil dan Alquran Terjemahan. Baru-baru ini bahkan mushaf Alquran diluncurkan dalam versi aplikasi. Tapi kini Alquran braille pun turut di wujudkan dalam versi digital. Artinya, perkembangan teknologi dewasa ini sudah ramah bagi penyandang disabilitas dan para tuna netra ini bisa senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan mereka tanpa terhambat alasan ketidakmampuan fisik.

Manfaat AlQuran Braille Digital bagi penyandang disabilitas

Manfaat AlQuran Braille Digital bagi penyandang disabilitas

Mushaf Alquran Digital Braille membuktikan bahwa kemajuan teknologi saat ini telah membuka mata hati kita untuk selalu bersinergi bersama kaum difabel. Kaum difabel tidak seharusnya dijauhi, tidak ada alasan bagi insan yang diberi kemampuan normal untuk memandang sebelah mata kepada para difabel. Teknologi saja sudah bisa menerima kekurangan mereka, mengapa kita nggak?

Ingatlah bahwa dliluar sana banyak penanyandang cacat tubuh yang berprestasi. Bagi mereka, ketidaknormalan fisik bukan suatu hambatan untuk berhenti belajar, berusaha, dan mencoba. Sebagai manusia normal, PR besar buat kita untuk belajar dari mereka.

Lihat saja diluar sana. Telah banyak fasilitas yang dibangun khusus bagi para difabel. Jalur khusus antrian kereta KRL, Toilet umum di pusat perbelanjaan, bandara dan stasiun yang di disain khusus, dan lain sebagainya. Meski tidak setiap hari di lewati, namun fasilitas – fasilitas yang dibangun tersebut selayaknya dihargai. Sayangnya, fasilitas khusus difabel seringkali belum dipahami masyarakat. Entah mereka tidak membaca papan tulisan atau memang sengaja mencari kepraktisan sehingga fasilitas itu seringkali disalahgunakan. Inilah salah satu contoh PR terbesar kita..

Manfaat AlQuran Braille Digital bagi penyandang disabilitas

1. Dapat memahami Alquran secara mandiri
Cara ini dimaksudkan agar para tuna netra bisa lebih mandiri tanpa bantuan orang di sekitarnya. Tentu saja untuk membaca Alquran Braille mereka harus mempelajari huruf Arab Braille, sama seperti kita belajar membaca tulisan arab.

2. Bisa mengaji sendiri tiap hari
Ibadah adalah hak semua orang. Walau dalam kondisi fisik tidak mampu, mereka juga punya hak diperlakukan sama seperti orang normal. Hadirnya Alquran Digital Braille semoga dapat menyirami jiwa-jiwa mereka yang haus akan rohani.

3. Menikmati indahnya teknologi walau fisik kekurangan
Kemajuan besar teknologi dapat mengaplikasikan ketidakmampuan fisik seseorang. Semoga setelah Alquran Digital Braille, akan muncul penemuan-penemuan baru terkait teknologi penunjang disabilitas.

“Barangsiapa menghilangkan kesulitan seorang mukmin di dunia, maka Allah akan melepaskan kesulitannya pada hari kiamat. Barang siapa memudahkan orang yang tengah dilanda kesulitan, maka Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat…” (HR Muslim)

Manfaat AlQuran Braille Digital bagi penyandang disabilitas telah menuai kemanfaatan yang luar biasa. Tak hanya bermanfaat bagi penggunanya, Alquran Digital Braille bisa menjadi peluang masyarakat yang memiliki harta lebih untuk membantu memberikan bantuan Mushaf khusus bagi penyandang difabel.

author
Author: 
loading...
  1. author

    Dini Febia1 year ago

    Yang pasti sangat bermanfaat dan semoga teknologi lainnya juga menyusul untuk lebih friendly bagi kaum difabel yang lain. 🙂

    Reply
  2. author

    tyaseta1 year ago

    ya tiga menfaat itu berguna untuk disabilitas tunanetra…..
    ya yang ada patut dihargai namun harus ditingkatkan lagi…

    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    Reply
  3. author

    Dini Febia1 year ago

    Bentuknya gimana ya mbak? jadi penasaran juga, nih. 😀

    Reply
  4. author

    damarojat1 year ago

    semoga Al-Quran Braille ini makin bagus, makin mudah diakses, makin ‘lite’ dan makin bermanfaat.

    @diahdwiarti

    Reply
  5. author

    Didno1 year ago

    teknologinya keren ya kita yang normal aja gak bisa bacanya ya

    Reply
  6. author

    aleksdejavu1 year ago

    selalu ada orang baik yang dengan tulus membantu orng-orang yg membutuhkan,,
    semoga kita menjadi orang baik itu 😀
    @aleksdejavu

    Reply
  7. author

    Annisa Steviani1 year ago

    ini kereeeennnn. kalau di bandung aku pernah denger ada lembaga khusus yang memang menerima donasi untuk dijadikan al-quran braille.

    Reply
  8. author

    nining1 year ago

    aku masih belum kebayang realnya al quran braile ini spt apa, penasaran sih pengen tau. makin kesini fasilitas untuk mereka makin mudah untuk dijumpai ya. allahu akbar

    Reply
  9. author

    Rahmah Chemist1 year ago

    Saya juga penasaran dengan alqur’an ini
    pingin sentuh dan mencobanya

    @amma_chemist

    Reply
  10. author

    @nurulrahma1 year ago

    Yang kepo wujudnya, bisa langsung cussss ke kantor Nurul Hayat yak.
    Ada beberapa stok di sini. Perum IKIP Gunung Anyar B-48 Sby

    Reply
  11. author

    Elisa1 year ago

    Tambah satu, Mbak.. Manfaat teknologi AlQuran Braille Digital juga bisa membantu difabel dalam hal kerohaniannya, lebih mendekatkan diri dengan yang Maha Esa. 🙂

    Reply
  12. author

    rizalarz1 year ago

    Alquran braille apakah tulisan arab yg ‘timbul’ atau huruf braille ya, ntar pelafalannya beda..
    @rizalarz

    Reply
  13. author

    Marfa1 year ago

    Tetap dapat menikmati walaupun tak dapat melihat, masyaAllah

    @umimarfa

    Reply

Leave a Reply