Dilmah Real High Tea Challenge Cafe & Restaurant, mengangkat budaya Afternoon Tea di Surabaya

Afternoon Tea di Surabaya

Dilmah Real High Tea Challenge Cafe & Restaurant, Mengangkat budaya Afternoon Tea di Surabaya.

Saat ini di Surabaya sedang berlangsung Dilmah Real High Tea Challenge Cafe & Restaurant Indonesia dengan tujuan mengangkat budaya minum teh sore hari di Surabaya. Beberapa Cafe dan resto di Surabaya tercatat menjadi peserta challenge dan mereka berlomba membuat menu makanan dengan bahan dasar teh.

Setelah sukses menggelar Real High Tea Challenge pertama di Indonesia kategori hotel yang diikuti 23 hotel dari Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali, ajang kompetisi ini kemudian dibuka untuk kategori Cafe & Resto. Dilmah Real High Tea Challenge Cafe & Restaurant, Mengangkat budaya Afternoon Tea di Surabaya

YUNI2070

Sebelum di Surabaya, Dilmah Real High Tea Challenge Cafe & Restaurant Indonesia telah di lakukan di Jakarta dan Bandung. Dan saat ini mulai tanggal 19-21 Oktober penilaian sedang berlangsung di kota Surabaya.

Afternoon Tea di Surabaya

Antusiasme Afternoon Tea Surabaya belum sepopuler di Inggris. Masyarakat Inggris sejak dulu memiliki tradisi minum teh di sore hari. Untuk mempertahankan kebiasaan lama ini mereka terus berinovasi dan menciptakan inspirasi berupa hidangan menarik sebagai teman menikmati minum teh.

YUNI2058

Saya pernah membaca sebuah novel yang mengangkat budaya minum teh di Inggris. Dalam novel itu saya mengetahui bahwa sebagian besar masyarakat Inggris mencintai kebiasaan minum teh di sore hari. Dalam novel itu saya juga menemukan quote menarik:

“Jika kau kedinginan, teh akan menghangatkanmu. Jika kau kepanasan, teh akan menyejukkanmu. Jika kau depresi, teh akan membuatmu ceria. Jika kau terlalu gembira, teh akan menenangkanmu” William Gladstone, 1865

YUNI2031

Menurut Dilhan C. Fernado, “Teh bukan hanya sekadar baik untuk kesehatan atau sekadar mempererat hubungan Anda dengan teman dan keluarga, teh juga dapat menawarkan kemewahan, memanjakan Anda, sekaligus berpadu indah dengan seni gastronomi. Inilah yang berusaha diangkat melalui Real High Tea Challenge Cafe & Restaurant”

Semoga saja adanya Dilmah Real High Tea Challenge Cafe & Restaurant Indonesia dapat mengangkat kebiasaan Afternoon Tea Surabaya menjadi se-populer di Inggris.

Tentang Dilmah Tea

Dilmah Tea merupakan satu-satunya single origin tea dari Srilanka, dan Dilmah tidak mencampur kualitas dari negara lain. Agar mendapatkan rasa yang otentik, teh Dilmah di proses menggunakan cara tradisional. Sama sekali tidak menggunakan alat, dan murni menggunakan teknik alami.

YUNI2035

Proses produksi teh Dilmah di mulai dari pemetikan langsung di perkebunan kemudian di produksi lalu packing. Semua tahap-tahap itu dilakukan tidak lebih dari 2 minggu. Sebab semakin segar daun teh maka semakin tinggi anti kandungan oksidannya.

Dilmah, kepanjangan dari Dilhan dan Malik, dua orang putra Merril J. Fernado, yang sekarang menjadi merek pecinta teh seluruh dunia. Dilmah selalu menekankan pentingnya proses produksi teh yang benar sehingga menghasilkan minuman lezat nan meyehatkan.

Dilmah Teh mengangkat kembali budaya High Tea

Dilmah adalah perusahaan teh yang berbasis di Srilanka. Merupakan perusahaan keluarga yang didirikan oleh Merril J. Fernando, seorang pemilik kebun teh pertama di dunia yang selalu mempertahankan keotentikan dan originalitas sebuah teh. Teh hingga saat ini masih dipercaya sebagai minuman yang menyehatkan. Di Indonesia sendiri teh merupakan minuman favorit yang sangat manjur sebagai penawar dahaga. Hanya saja masyarakat Indonesia belum terbiasa dengan aktifitas high tea pada sore hari.

YUNI2023

Dalam pandangan Mr. Merril J. Fernando kebiasaan high tea di masyarakat telah bergeser dari tujuan awal. Teh sebagai minuman paling favorit kedua di dunia telah kehilangan keaslian, kreativitas, serta konektivitasnya. Oleh karena itu Dilmah sebagai perusahaan teh yang berkomitmen terhadap aspek tradisional dan gaya artisanal dalam pembuatan teh ingin mengangkat kembali budaya high tea dengan cara memperkenalkan kembali teh kepada generasi baru dengan cara yang inovatif dan menarik. Yaitu dengan cara mengadakan Dilmah Real High Tea Challenge.

Dilmah Real High Tea Challenge telah di selenggarakan sejak tahun 2007. Beberapa negara telah tercatat sebagai peserta kompetisi ini, yaitu di Thailand, Singapore, United Arab Emirates, serta asal negara Dilmah yaitu Srilanka. Sedangkan tahun 2015 untuk pertama kalinya Dilmah Real High Tea Chellenge Cafe & Restaurant di adakan di Indonesia.

YUNI2033

Dilmah Real High Tea Challenge Cafe & Restaurant Surabaya

Perkembangan cafe dan restauran di Surabaya saat ini tampak menggeliat. Hal ini tentu saja membuka peluang bagus untuk memulai budaya ngeteh sore hari masyarakat di Surabaya. Selain dapat memasyarakatkan cafe sebagai tempat bersosialisasi juga untuk mendukung perekonomian kreatif Indonesia.

Dilmah Real High Tea Challenge & Restaurant Surabaya hadir sebagai ajang tantangan mengkombinasikan teh dengan tradisi lokal yang menonjolkan seni gastronomi sekaligus menginspirasi para profesional kuliner dengan cara inovatif yang menggunakan teh sebagai bahan baku industri food and beverages. Tujuan tantangan ini tidak lain sebagai apresiasi terhadap teh agar tercipta karya-karya gastronomy dan mixology menggunakan bahan dasar teh.

Peserta Dilmah Real High Tea Challenge Cafe & Restaurant Surabaya harus menyajikan beberapa menu kepada tim juri selama kompetisi berlangsung. Yaitu:
1. Hot Tea Pairing Dish (Sweet or Savory)
2. Mocktail or Cocktail Pairing Dish (Sweet or savory)
3. Tea Inspire Cuisine (Food with Ingredients Tea)

Sedangkan juri yang melakukan penilaian adalah Ibu Eliawaty Erly, Brand Ambassador Dilmah Indonesia sekaligus mewakili PT. David Roy Indonesia (Sole Agent Dilmah Indonesia) dan Chef Gunawan Saptiandi, Executive Chef Hotel Bumi Indonesia.

SAM_3129

Ada 8 Profesional kuliner di Surabaya yang menjadi peserta Dilmah Real High Tea Challenge Cafe & Restaurant, yaitu:
1. 3 Yolks
2. 360 Vintage Kitchen
3. Too Too Moo
4. Pipe & Barel
5. Our Bar
6. The Cushy Kitchen
7. Electictoo
8. The Biliton

Selama 3 hari, 19-21 Oktober 2015, ke- 8 Cafe & Restaurant tersebut berlomba menyajikan menu terbaik. Mereka juga harus menjual menu high tea selama 2 minggu kepada customer.

SAM_3168

Bila teman-teman ingin melihat dan mencicipi menu high tea yang di sajikan Cafe & Restaurant peserta challenge, silakan berkunjung ke nama Cafe & Restaurant diatas. Di sana teman-teman dapat membaca sajian high tea di papan Real High Tea Challenge yang di pasang di Cafe & Restaurant tersebut. Atau, kalau masih penasaran penampilan menu nya boleh di kepoin social media Dilmah Indonesia:

Instagram: Dilmahteaindonesia
Twitter: @dilmahteaid
FB: Dilmah Tea Indonesia
Web: www.dilmah.co.id

Bisa juga lho kepoin IG saya di @yuniarinukti hihi, modus..
Dilmah Real High Tea Challenge Cafe & Restaurant, Mengangkat budaya Afternoon Tea di Surabaya

author
Author: 
loading...
  1. author

    Ety Abdoel1 year ago

    Hihihi, makan-makan terus ya mba. Konsep nya keren banget jadi penasaran pengen nyobain.

    Reply
    • author
      Author

      Yuniari Nukti1 year ago

      Lebih tepatnya ngemil-ngemil, mbak karena konsepnya high tea adalah ngemil sambil ngeteh 😀

      Reply
  2. author

    Istiana1 year ago

    jadi pengen ngeteh deh, slurrpp 😀

    Reply
  3. author

    Dwi Puspita1 year ago

    cangkirnya dari seng..emang spt jaman dulu ya mbak…

    Reply
  4. author

    aya1 year ago

    Hiyaaaa, 8 kafe, wkwkkw horang kayaa wkkwkwk

    Reply
  5. author

    Enny Law1 year ago

    Waah ngeteh sambil ngemil, genduuut dah aku.

    Reply
  6. author

    Agus1 year ago

    Kayaknya enak nih ngeteh sore2 sambil ngemil bareng keluarga tercinta

    Reply
  7. author

    Lidya1 year ago

    kaya bangsawan inggris nih ngemlnya 🙂

    Reply
  8. Too Too Moo Patisserie, Sensasi Afternoon Tea di Surabaya | Yuniari Nukti1 year ago

    […] Restaurat Indonesia dan aktifitas Afternoon Tea Dilmah di Surabaya boleh membaca postingan saya Dilmah Real High Tea Challenge Cafe & Restaurant, mengangkat budaya Afternoon Tea di Surabaya dan mengikuti hestek #teainspired_id dan […]

    Reply
  9. Afternoon Tea di Surabaya a la Alice in Wonderland | Yuniari Nukti1 year ago

    […] lain tentang Dilmah real High Tea bisa di baca Dilmah Real High Tea Challenge Cafe & Restaurant, Mengangkat budaya Afternoon Tea di Surabaya dan Too Too Moo Patisserie, Sensasi Afternoon Tea di Surabaya. Selamat […]

    Reply

Leave a Reply