Rahasia membuat nastar enak dan empuk bagi pemula

Selesai membuat nastar kemarin, ada beberapa teman yang tanya rahasia membuat nastar enak dan empuk. Terus terang urusan olah mengolah kue ini saya bukan ahlinya. Benar-benar pemula. Kalau benar bulat-bulat kue nanas yang saya buat rasanya enak dan empuk, itu hanya sebuah kebetulan. Dan Alhamdulillah yaa kalau banyak yang suka.

Sebelum saya mendapatkan resep nastar yang benar-benar enak, nastar buatan saya biasa-biasa aja. Malah sering trial error. Dan tiap menemukan kesalahan pada hasil nastarnya, diusahakan dicari-cari bagian mana yang keliru. Yah, beginilah resiko otodidak. Enak gak enak, wes anggap aja enak. Buat-buat sendiri untuk dimakan sendiri. kalau enak ya dipuji sendiri dong.. kalau gak enak anggap aja nasib lagi apes hehe..

Rahasia membuat nastar yang enak dan empuk bagi seorang pemula memang perlu pengorbanan. Apalagi hanya bermodalkan resep dari segala sumber yang mana rasanya belum tentu pas dilidah masing-masing orang. Tak sekali aja saya kejeblos membuat nastar dengan resep yang menurut saya gak sesuai ekspetasi awal.

nastar

Baiklah saya akan membagikan resep kue nastar yang saya buat kemarin itu. Seperti yang saya bilang, resep nastar yang saya buat kemarin didapat dari kebaikan teman saya yang memang pernah sekolah bidang masak memasak. Pssst.. konon resep itu adalah warisan orang tuanya lho!

Ini dia resep kue nastarnya..

1. 1000 gram Tepung Terigu
2. 600 gram Mentega
3. 3 butir Kuning Telur
4. 300 gram Gula Halus
5. 250 gram Susu bubuk
6. 1 sendok teh Baking Powder
7. 50 gram roombutter
8. ½ sendok teh vanili
9. Selai nanas

Cara membuatnya:
1. Kocok Mentega, roombutter, gula dan kuning telur sampai tercampur. Jangan lama-lama, yang penting adonan tercampur rata.
2. Masukkan susu bubuk, baking powder, dan vanili, aduk pelan-pelan.
3. Terakhir tambahkan tepung. Nuangnya sedikit- sedikit ya supaya nyampurnya rata.
4. Setelah adonan terasa tidak menempel, itu tandanya adonan sudah kalis. Selanjutnya tinggal mulung-mulung dan bentuk sesuai selera. Mau dibikin bulat, atau dibentuk seperti daun, ya monggo saja.
5. Terakhir, sebelum di masukkan ke oven, olesi dulu atasnya dengan kuning telur.

Untuk menghasilkan kue nastar yang empuk, renyah, dan sedap, ada beberapa tips yang di ajarkan oleh teman saya.

1. Agar kue tetap terasa renyah, sebelum di jadikan adonan, sangrai dulu diatas wajan tanpa minyak. Tips ini untuk menjaga agar cookies yang dihasilkan rasanya tetap renyah meski disimpan lama dalam toples kue. Selain itu juga menjaga kue agar tidak mudah berjamur.
2. Untuk menghasilkan aroma cookies yang sedap, teman saya berpesan agar menambahkan roombutter. Sebenarnya pakai mentega sudah cukup, tapi kalau ingin rasa kuenya sedap, tambahkan sedikit roombutter.
3. Supaya kue tidak lengket diloyang, sebelum dipakai memanggang olesi dulu dengan mentega lalu tabur-taburkan atasnya dengan tepung terigu. Sedikit saja menaburkanya.
4. Sebelum dicampurkan dengan adonan, ayak dulu tepung terigu supaya adonan tercampur rata.
5. Untuk menghasilkan tampilan kue berwarna kuning cantik, campurkan olesan kuning telur dengan 1-2 tetes pewarna kuning telur

Rahasia membuat nastar yang enak dan empuk sudah saya bagikan disini. Bagi pemula yang ingin mencoba, boleh banget lho mumpung lebaran masih beberapa hari lagi. Kalau teman-teman keberatan dengan besaran ukuran resep diatas, bisa dicoba dengan perbandingan setengah resep. Tinggal ngurangi aja ukurannya. Barangkali tips-tips diatas masih ada yang perlu ditambahkan, hayuukk kita share disini bersama-sama, sambil belajar membuat kue yang uenaakk..

8 thoughts on “Rahasia membuat nastar enak dan empuk bagi pemula

  1. Biar bulet apik gitu lo piye? Aku bikin uenak tp bentuke kyk habis dipukuli preman wkwwkkk… Btw loyangnya aku alasi kertas roti, lbh praktis, nggak bakalan lengket.

  2. Halo mba salam kenal, sya dan suami newbie wkt buat nastar hri minggu yg lalu, tapi Puji Tuhan, nastar jdi enak bgt dan lumer di mulut.. cuma wkt itu ukurannya jdi gede bgt dan ngembang ya.. tapi semua yg coba di rumah bilang enak dan ludes dlm hitungan hari.. terima kasih bnyk mba.. ditunggu update untuk cheesecake dan tiramisu donk mba..

Leave a Reply