Mengatasi Ruam Popok Saat Liburan bersama MAKUKU SAP Diapers Slim
Gaya Hidup

Mengatasi Ruam Popok Saat Liburan bersama MAKUKU SAP Diapers Slim

Mengatasi Ruam Popok Saat Liburan ke Luar Kota sangat penting ya Bun, apalagi sebentar lagi libur natal dan tahun baru, saatnya healing-healing…. Ke manapun perjalanannya, pastikan direncanakan dengan baik ya. Mulai persiapan kendaraan, tiket wisata, penginapan, dan lain-lain. Terkhusus yang mengajak bocah, pedulikan keberadaan mereka supaya suasana perjalanan selalu kondusif.

Beberapa waktu terakhir istilah healing-healing kerap diasumsikan sebagai liburan, padahal arti sebenarnya adalah menyembuhkan mental dan pikiran dengan cara menyenangkan diri sendiri. Sementara cara orang menyenangkan diri sendiri rata-rata dengan pergi berlibur.

Apa jadinya jika sedang asyik healing keadannya amburadul gara-gara anak rewel. Rewelnya bukan perkara minta jajan atau beli es krim, tapi ada ruam popok yang membuat mereka tidak nyaman selama di perjalanan. Peradangan kulit yang biasanya dipicu karena jamur sehingga membuat kulit berwarna merah. Kondisi seperti ini jelas tidak nyaman, anak-anak akan merasakan perih dan gatal berlarut-larut.

Sebagai Tante yang memiliki banyak keponakan saya selalu melibatkan mereka ketika libur sekolah. Pergi ke daerah pegunungan, mall, atau sekadar staycation bersama. Rasanya senang aja melihat mereka mendapatkan pengalaman baru

Tips Mengatasi Ruam Popok

Tips Liburan Bersama Anak

Memang gampang-gampang susah liburan membawa anak kecil, tapi harus dilakukan untuk menambah pengalaman serta pengetahuan sejak dini. Triknya, sebagai orang tua harus sabar menghadapi mereka.

Mumpung masih jauh-jauh hari, saya akan membagikan tips liburan bersama anak ke luar kota sebagai bekal persiapan perjalanan

1. Berkomitmen Untuk Sabar

Ngomong sabar aja sih gampang ya, Bun, tapi prakteknya butuh urat yang panjang dan longgar. Tahan diri, tahan ngomel, dan bertahan dari segala apapun yang memicu emosi.

Apapun keadaannya, usahakan tetap tersenyum. Kayak Mas Kaesang gitu lho, tabah ketika di acara pernikahannya ada anak balita memakai kaus kutang sementara yang lain mengenakan beskap rapi. Bukannya marah, malah dijadikan bahan candaan di medsos, hehe..

2. Pilih Destinasi Wisata Ramah Anak

Namanya juga liburan bersama anak, usahakan pilihan destinasinya sesuai dengan usia mereka. Baik itu akses menuju lokasinya, fasilitas yang ada di tempat wisata, juga makanan yang tersedia di sana, khususnya anak-anak usia balita dan batita

3. Kenakan Pakaian yang nyaman

Perjalanan ke luar kota membutuhkan waktu berjam-jam di kendaraan. Agar anak selalu merasa nyaman, kenakan pakaian yang membuat tubuh mereka bebas beraktivitas. Jangan salah kostum ya, bila tujuannya ke gunung kenakan mereka baju tebal dan jaket supaya tidak kedinginan, atau kaos bila tujuannya ke pantai. Bawakan juga pakaian ganti jika sewaktu-waktu tubuhnya berkeringat.

Jika mengenakan diapers, gantilah 3-4 jam sekali dengn tujuan mengatasi ruam popok saat liburan ke luar kota.

Mengatasi Ruam Popok Saat Liburan ke Luar Kota

Mengatasi Ruam Popok Saat Liburan bersama MAKUKU SAP Diapers Slim

Banyak yang menganggap ruam popok adalah hal biasa, padahal jika berlarut-larut dapat menimbulkan infeksi kulit. Sekilas memang cuma luka memerah, tapi efeknya bisa membahayakan si kecil antara lain gangguan tidur dan gangguan kesehatan lainnya seperti iritasi, infeksi saluran kemih, dan alergi

Kenapa bisa terjadi ruam popok?

Kulit bayi cenderung sensitif, penggunaan popok sekali pakai membuat kulit jadi lembab karena kurangnya sirkulasi udara. Penggunaan popok yang terlalu lama juga membuat si kecil kurang bebas beraktivitas, lho Bun. Rasa gatal, perih, yang dirasakan mereka membuatnya rewel dan kadang-kadang nangis tanpa sebab yang jelas.

Lalu bagaimana solusinya agar si kecil nyaman memakai popok?

Memilih popok untuk bayi haruslah tepat. Selain ukuran yang sesuai, jenis dan kualitas popok harus juga diperhatikan. Popok yang baik adalah yang memiliki daya serap tinggi seperti MAKUKU SAP Diapers Slim yang merupakan popok pertama di Indonesia menggunakan inti struktur SAP yang memiliki keunggulan anti gumpal dan anti bocor sehingga si kecil merasa nyaman saat memakainya.

Popok MAKUKU didisain memiliki inti penyerap yang cukup efisien dan sudah teruji unggul dalam hal penyerapan SAP popok. Meski begitu dokter tetap merekomendasikan agar Ibu sering-sering mengganti popok si kecil.

Dalam sebuah konferensi pers yang diselenggarakan oleh MAKUKU, dijelaskan oleh dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak 13 Desember 2022 lalu, bahwa Kulit Si Kecil masih sangat rentan terhadap pertumbuhan bakteri dan jamur. Karena itu, disarankan kulit Si Kecil tidak terlalu lembab. Jika kulit Si Kecil terlalu lembab, maka akan lebih mudah bagi bakteri dan jamur untuk mengiritasinya. Apalagi, pada area popok yang sering mengalami ruam. Ruam popok terjadi apabila kulit Si Kecil mengalami perubahan pH karena popok tidak mampu menyerap cairan dengan baik sehingga cairan kembali kontak langsung dengan kulit. Oleh karena itu, popok dengan daya serap yang tinggi perlu menjadi salah satu standar Ibu dalam memilih popok untuk meminimalisasi risiko ruam.

Mengatasi Ruam Popok Saat Liburan

Tentang MAKUKU SAP Diapers Slim

Urusan perpopokan memang agak rumit. Saya yang tadinya mengenakan popok agar tidak repot malah jadi uring-uringan. Masalahnya setiap mau mengganti popok keponakan saya selalu nangis dan rewel. Terkadang kasihan juga melihat celananya tebal sehingga Ia seperti tidak nyaman bergerak.

Inti Struktur SAP memiliki keunikan yang tidak didapatkan oleh popok yang menggunakan pulp antara lain:

– Menggunakan teknologi SAP sehingga penyerapan cairan lebih maksimal
– Anti gumpal
– Ringan dan Tipis
– Penyerapan merata
– Tidak ada osmosis

Ketika mengetahui popok generasi baru MAKUKU SAP Diapers Slim, saya pun memberikan diapers ini untuk keponakan saya. Karena usianya satu tahun, saya membelikannya ukuran XL. Satu pak isinya 32 pants dengan berat 12-17 kg yang direkomendasikan untuk usia 12-15 bulan

Sebagai informasi ada 2 jenis MAKUKU SAP Diapers Slim, tipe perekat dan tipe celana. Untuk yang tipe perekat tersedia ukuran New Born, S, dan M. Sedangkan Tipe Celana ukurannya M, L, XL, dan XXL. Ukurannya sudah disesuaikan dengan bayi di Indonesia yaa

Masing-masing ukuran memiliki kemasan gambar icon kota besar di Indonesia, seperti misalnya MAKUKU SAP Diapers Slim ukuran XL yang covernya terdapat logo kota Surabaya dan Jam Gadang Bukit Tinggi.

Saya pun gak sabar untuk melihat isinya. Popok MAKUKU SAP Diapers Slim memang beda, teksturnya halus banget. Produsen seakan mengerti keinginan si kecil hingga setiap detailnya dipikirkan dengan rapi, mulai elastisitas pinggang sampai tape perekat

Diapers MAKUKU

Beberapa catatan yang jadi perhatian saya, MAKUKU SAP Diapers Slim terdiri dari 3 lapisan :

1. Lapisan pertama permukaan non woven. Desain benjolan mempunyai sirkulasi popok yang baik untuk mengurangi kontak langsung dengan kulit bayi sehingga efektif melindungi kulit bayi;
2. Lapisan Kedua merupakan inti struktur SAP berupa 5 lapisan inti struktur yang berfungsi untuk meningkatkan penyebaran serta mengunci cairan dan menjaga pantat bayi tetap nyaman, lembut dan tipis secara bersamaan
3. Lapisan ketiga adalah lapisan bawah anti bocor + kain non-woven untuk membuat sirkulasi udara tetap baik dengan tekstur yang lembut

Selain itu MAKUKU Diapers juga dilengkapi beberapa fitur penting, yaitu:

– Ada indikator Urin yang ketika popok sudah penuh maka garisnya akan berubah warna menjadi biru
– Terdapat Tape Pembuang yang berguna untuk menjaga kebersihan lingkungan. Supaya ketika mau buang popok bekas, Ibu nggak gak asal buang aja.
– Terdapat U-Shape untuk melindungi tali pusar bayi. Fitur ini khusus untuk popok ukuran New Born

MAKUKU Diapers untuk Mencegah Ruam Popok

Walau sudah melahirkan, masih banyak Ibu yang bingung ketika menghadapi anak rewel tanpa sebab. Dalam level kesabaran sudah habis, mereka bukannya mencari tau penyebabnya, yang ada malah memarahi anak balik.

Tidak sekali saya mendapati anak tantrum di Mall atau tempat wisata sambil gulung-gulung di lantai hingga menjadi perhatian orang-orang. Hal seperti ini pernah saya konsultasi-kan dengan dokter, ternyata banyak sebabnya, yang salah satunya akibat ruam popok.

Diapers MAKUKU

 

Ketika bermasalah dengan tingkah si kecil, saya menyarankan kepada Orang tua untuk melakukan konsultasi Ibu dan anak. Selain bonding, cara ini dilakukan supaya menguatkan kembali ikatan sekaligus mencari kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sebagai bentuk dukungan terhadap kesehatan bayi di masa pertumbuhan, MAKUKU mengadakan konsultasi kesehatan gratis sekaligus mengedukasi Ibu mengenai masalah ruam popok pada bayi. Konsultasi dokter gratis ini hadir di 10 Rumah Sakit di kota besar Indonesia.

Adanya kegiatan ini, Ibu dapat melakukan tanya dokter gratis bagaimana mencegah dan menangani bayi secara tepat

Untuk mendapatkan pengalaman yang valid, saya melakukan uji coba kecil-kecilan terhadap produk MAKUKU SAP Diapers Slim dengan cara menuang air sebanyak-banyaknya untuk melihat seberapa efektifnya daya kerja MAKUKU Diapers ini.

Selembar MAKUKU Diapers saya tuangi air setengah gelas. Sengaja saya biarkan untuk mengetahui tingkat kertaan air dan tingkat kebasahan si popok.

Tak sampai 3 menit, airnya terserap sempurna. Cairannya merata dan tidak menggumpal di satu titik saja. Takjubnya saya, permukannya itu lho, kering! Pada akhirnya saya percaya informasi kemasan MAKUKU SAP Diapers Slim adalah benar, bahwa produk ini memiliki fitur dapat mengunci cairan, anti gumpal, dan Tipis.

Jadi Kuncian cairan pada MAKUKU SAP Diapers Slim bisa sampai 500 ml. Fitur anti gumpalnya membuat si kecil nyaman dan tidak mudah bocor samping. Ukurannya pun tipis, sekitar 1,6 mm. Selain permukaan yang lembut, MAKUKU Diapers ini juga ringan membuat pemakainya senang seharian.

MAKUKU Diapers, Rahasia Liburan Bahagia bersama Keluarga

MAKUKU SAP Diapers Slim

Momen liburan bersama anak adalah kegiatan yang menyenangkan. Sudah jelas, semua orang mengharapkan perjalanan yang bahagia tanpa banyak drama. Itulah kenapa setiap akan pergi liburan, saya selalu menyiapkan segala sesuatunya dengan baik.

MAKUKU Diapers sebagai popok generasi baru berusaha menjadi bagian mencegah terjadinya ruam popok pada si kecil saat menikmati liburan. MAKUKU Diapers bisa dibeli melalui online maupun offline. MAKUKU sudah tersedia di Supermarket dan Baby Shop, seperti Transmart, Yogya, SuperIndo, Hypermart, HERO, Minimart, Suzanna, Balonku, dan lain-lain. Pembelian online dapat dilakukan di Marketplace Tokopedia, SHopee, Lazada, JD.ID dan TikTok Shop. Info pembelian klik https://makuku.co.id/id/toko-kami/toko-online-offline/

Jadi Bunda nggak usah khawatir dengan kebutuhan popok si kecil. Saat di perjalanan kehabisan diapers, tinggal belok aja ke supermarket terdekat.

Lalu bagaimana cara menciptakan liburan bahagia bersama keluarga?

Kuncinya banyak-banyak tersenyum. Ciptakan selalu suasana seru dengan melibatkan keberadaan mereka. Ajak mereka menikmati perjalanan sambil sesekali dijelaskan apa yang tampak di hadapan mereka.

Nah, liburan sudah di depan mata, Selamat bersenang-senang….

 

 

 

 

21 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *