Parenting

Belajar SERSAN dan Mandiri dengan Aplikasi Anak Cerdas

Saya suka bermain serta mengikuti perkembangan anak-anak. Untuk mendukung mereka, saya menyediakan buku-buku mewarnai, membaca, berhitung, sampai alat tulis agar mereka bebas mengekspresikan keinginannya. Apakah mereka anak tetangga atau keponakan.

Keponakan dan anak tetangga yang aktifitasnya sempat terekam
Keponakan dan anak tetangga yang aktifitasnya sempat terekam

Bicara keponakan, saya banyak merekam jejak perkembangannya mulai dari nol. Betapa seru mengikuti mereka mengenal dunia. Keluguan dan kelucuan amatlah seru dan sayang untuk dilupakan.

Salah satu keponakan yang tumbuh kembangnya melekat dimemory bernama Galih.

Sejak kecil Galih hobi bermain diluaran seperti main bola dan mobil-mobilan. Beranjak 3 tahun, permainannya mulai bervariasi. Ayah Ibunya membelikan banyak gambar-gambar mewarnai, bacaan-bacaan anak, gambar-gambar makhluk hidup dan mengenal jenis huruf dan angka yang ditempel didinding serta alat tulis. Kesemua itu membuat perilaku Galih berubah, dari yang mulanya suka bermain diluaran menjadi asyik sendiri dirumah, belajar menulis, berhitung serta mewarnai.

Diusia 4 tahun, kecerdasan Galih makin terasah. Ditambah pendidikan PAUD membuat pengetahuannya diatas rata-rata. Dia sudah bisa menulis rangkaian huruf dan bisa mengerjakan soal penambahan dan pengurangan.

Sementara itu, saya, Tantenya, bak virus menyebarkan racun teknologi. Keseharian yang tak bisa jauh dari gadget membuat Galih meniru kebiasaan saya. Gadget saya menjadi jujugan pinjam pakai. Aplikasi yang awalnya standar tiba-tiba berlimpah aplikasi game!

Mulanya saya tak berpikir efek jeleknya. Selama dia mau belajar, bermain gadget tak jadi masalah. Yang penting peran gadget masih dalam jalur yang benar. Tak menyia-nyiakan kesempatan saya pun mengajari Galih menulis dengan cara mengirim SMS ke nomor HP Ayahnya. Maksud baik saya agar Galih bisa belajar menulis sekaligus membaca. Ternyata oh ternyata mengajari anak dengan perangkat gadget itu tidak aman! Mulanya memang berkirim SMS, tapi lambat laun dia lebih asyik membuka aplikasi yang lain. Membuat kebiasaan belajarnya terabaikan! Galih malas belajar!

Kakak.. gantian main gamenya!
Kakak.. gantian main gamenya!

Kejadian terakhir yang membuat saya spot jantung ketika secara tak sengaja melihat dia menonton video sambil cekikikan. Takut terjadi yang tidak-tidak saya lantas berinisiatif meminjam gadget sambil mengecek apa yang sedang ditontonnya.

Beruntung ditengah kepusingan, Kumpulan Emak Blogger mengadakan lomba blog Aplikasi Anak Cerdas yang bekerja sama dengan Acer Indonesia.

Sejak dulu Acer Indonesia memang aktif mendukung program pendidikan di Indonesia. Sebagai vendor Teknologi Informasi dimana Acer menjadi salah satu pemain besar pasar gadget, Acer sangat produktif menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk memajukan negeri, terutama bidang Teknologi Informasi dan Pendidikan.

Dalam bidang Teknologi Informasi, baru-bari ini Acer melaunching produk terbaru yakni Acer Liquid Z5, smartphone terbaru berlayar besar 5 inci dan desain cantik. Smartphone ini dilengkapi dengan AcerRAPID button untuk kontrol cepat ke aktivitas favorit, termasuk foto selfie!

Sedangkan dalam bidang pendidikan Acer Indonesia juga menciptakan aplikasi yang dapat mendorong minat anak untuk menyukai pembelajaran sekaligus bermain yang diberi nama Aplikasi Anak Cerdas.

Tampilan Aplikasi Anak Cerdas di Play Store
Tampilan Aplikasi Anak Cerdas di Play Store beserta endors yang saya berikan untuk Aplikasi Anak Cerdas

Aplikasi Anak Cerdas adalah aplikasi bagus yang cocok diberikan pada anak untuk mengatasi kecanduan gadget dan merupakan salah satu solusi belajar yang aman dan menyenangkan.

Begitu mendapat informasi Aplikasi Anak Cerdas saya langsung menginstal di gadget. Tak susah mempelajari cara kerja aplikasi ini karena didalamnya sudah dilengkapi panduan penggunaan. Pilihan navigasi yang diberikan juga cukup jelas, ada Dunia Anak, Dunia Tekno dan Pengaturan.

Tampilan Aplikasi Anak Cerdas setelah diinstall
Tampilan Aplikasi Anak Cerdas setelah diinstall

Navigasi Dunia Anak terdapat menu aktifitas, Mari Bermain dan Latihan Yuk!

“Ma, aku boleh isi soal Matematika?”

“Boleh. Soal mata pelajaran lain juga boleh” Jawab saya. Sejak dulu Galih menonjol dalam Matematika. Dan dia memanggil saya dengan sebutan Mama.

Di Aplikasi Anak Cerdas terdapat 4 pilihan Mata Pelajaran, Matematika, Sains, Bhs. Inggris dan Bhs. Indonesia. Soal-soal disajikanpun sudah sesuai dengan kurikulum sekolah Nasional yang diperbarui secara berkala.

Pilihan Mata Pelajaran pada Aplikasi Anak Cerdas
Pilihan Mata Pelajaran pada Aplikasi Anak Cerdas dengan pilihan Kelas antara 1 SD – 6 SD

Setiap Bab terdapat 3 level dimana syarat naik level seorang anak harus menyelesaikan 20 soal dan mendapatkan nilai minimal 16!

Bab dan Level Pelajaran
Bab dan Level Pelajaran

Tampaknya Galih antusias dengan aplikasi barunya itu. Meski tetap saya dampingi sebagai upaya pengenalan agar saya dan dia sama-sama belajar, namun Galih tak menemukan kesulitan berarti. Dan saya pun turut memberi apresiasi karena aplikasi ini mengajarkan anak agar tidak tergesa-gesa dalam menjawab soal.

Sebelum dikumpulkan anak bisa mengecek kembali soal yang belum dijawab
Sebelum dikumpulkan anak bisa mengecek kembali soal yang belum dijawab
Sebelum dikumpulkan, anak masih diberi peringatan, agar dicek benar-benar jawabannya
Sebelum dikumpulkan, anak masih diberi peringatan, agar dicek benar-benar jawabannya

Ibarat ujian sekolah, aplikasi ini bagai guru yang mengajarkan anak mandiri. Terlihat dari pesan yang ditinggalkan saat anak usai mengerjakan soal, anak diminta untuk mengecek kembali jawabannya sebelum dikumpulkan.

Begitu juga dengan kunci jawaban, tanpa izin orangtua, anak juga tak bisa sembarangan membuka kunci jawaban.

O'OWW.. Gak boleh buka kunci jawaban, ya...
O’OWW.. Gak boleh buka kunci jawaban, ya…

Agar Galih mengetahui hasil kerjanya saya buatkan dia profil tersendiri yang sudah termuat didalamnya. Satu aplikasi bisa diisi 3 profil anak sehingga memungkinkan saya untuk mengajari 3 anak sekaligus. Betul-betul solusi belajar yang menyenangkan!

Profil Galih
Profil Galih
Hasil Kegiatan Galih selama masa percobaan menggunakan Aplikasi Anak Cerdas
Hasil Kegiatan Galih selama masa percobaan menggunakan Aplikasi Anak Cerdas. Hmm.. nilanya lumayan 😉

Sedangkan menu aktifitas Mari Bermain memuat aplikasi permainan yang terdiri dari Edukasi, Permainan, dan Buku Cerita.

Kumpulan Edukasi Aplikasi Anak Cerdas
Kumpulan Edukasi Aplikasi Anak Cerdas
Kumpulan Permainan Aplikasi Anak Cerdas
Kumpulan Permainan Aplikasi Anak Cerdas
Kumpulan E-Book Aplikasi Anak Cerdas
Kumpulan E-Book Aplikasi Anak Cerdas

Ketika seorang anak merasa jenuh belajar, mereka saya bebaskan bermain disana. Bagai surga mainan mereka boleh bermain apa saja. Permainan-permainan di aplikasi Anak Cerdas ini sangat aman dan cocok dengan usia anak-anak sehingga orangtua tak perlu khawatir anak-anak membuka aplikasi berbahaya. Walaupun untuk mendapatkan permainan itu harus diunduh dulu namun untuk melakukan pengunduhan harus sepengetahuan orangtua.

Peran Orangtua dalam mendukung kecerdasan anak

Aplikasi Anak Cerdas diperuntukkan untuk usia anak SD kelas 1-6. Namun bukan berarti orangtua tak boleh mengambil andil. Dalam menggunakan aplikasi ini peran orangtua sangat penting demi prestasi yang diraih sang anak. Untuk itu yang dilakukan orangtua hanya satu yaitu mengatur menu akses. Menu ini sudah tersaji di menu pengaturan.

Di Menu ini orangtua bisa mengaktifkan menu zona anak, mengatur sistem proteksi pada aplikasi, mengatur aplikasi untuk si kecil, serta memantau aktifitas belajar anak. Kesemuanya diberikan demi keamanan si anak. Istilahnya SERSAN, SERius tapi SANtai. Si anak senang, orangtua aman.

Atur aplikasi untuk anak
Atur aplikasi untuk anak
Settingan di menu pengaturan
Settingan di menu pengaturan
Aktifkan Laporan penggunaan
Aktifkan Laporan penggunaan

Pentingnya pengaturan dalam aplikasi ini bagi orangtua dan anak adalah:

  1. Agar anak bisa menjelajahi dunianya sendiri
  2. Agar anak dapat mengakses menu yang diperuntukkan olehnya
  3. Agar anak tidak sesuka hati mengunduh aplikasi
  4. Agar anak selalu bijak memanfaatkan gadgetnya dan bertanggung jawab terhadap apa-apa yang dilakukannya.
  5. Agar Orangtua tetap bisa memantau aktifitas anak meski tak sedang disampingnya
  6. Agar Orangtua bisa melihat perkembangan akademis sang anak dengan bantuan aplikasi Anak Cerdas

Sebagai sampingan ketika orangtua mengecek perkembangan kecerdasan anak, orangtua juga bisa mendapat info-info menarik seputar Teknologi yang termuat dalam Navigasi Dunia Tekno. Ada banyak info seputar Teknologi yang didapat antara lain, Tips Trik Teknologi, Edukasi, Info produk Acer, dan Berita & Promo. Sehingga orangtua dapat menyelam pendidikan anak sembari minum pengetahuan teknologi!

Salah satu info menarik Navigasi Dunia Tekno Aplikasi Anak Cerdas
Salah satu info menarik Navigasi Dunia Tekno Aplikasi Anak Cerdas

Kini, sejak ada Aplikasi Anak Cerdas, Galih lebih bijaksana dalam bergadget..

Rebutan Gadget antara Galih dan adiknya
Rebutan Gadget antara Galih dan adiknya

Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog Aplikasi Anak Cerdas kerja sama Kumpulan Emak Blogger dan Acer Indonesia

25 thoughts on “Belajar SERSAN dan Mandiri dengan Aplikasi Anak Cerdas

  1. Wah makin canggih aja sekarang media belajar anak2 ya. Ditunjang gizi yang sepertinya sekarang jauh lebih baik juga, mudah2an negeri ini akan memiliki generasi berikut yang luar biasa.

  2. Keren Yun, saya sampe terkagum-kagum betapa pinternya Yuni menuangkan apa itu Aplikasi Anak Cerdas. Eh, ternyata diikutin lomba ya, bakal kadi salah satu pemenang nih kayaknya 😀

  3. Selamat belajar buat Galih, smoga aplikasi ini dapat terus bermanfaat dan meningkatkan kecerdasan anak-anak lain di lingkungan Yuni…wah, betapa beruntungnya anak-anak itu punya tante kayak tante Yuni…canggih banget soale, hehe 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *