Merawat Kulit Berjerawat dengan ERHA Acne Care Lab Series dan Gentle Acne Moisturizer

Jerawat memang sangat mengganggu. Yang harusnya kulit tampak bersih dan mulus, tiba-tiba muncul sesuatu tonjolan. Kesenggol sedikit saja, rasanya sangat ngilu. Percaya atau tidak, semua orang memiliki potensi berjerawat, sekalipun bukan pemilik kulit berminyak!

Konon jerawat kerap dialami oleh seseorang yang memiliki jenis kulit berminyak. Jika ditelisik lebih dalam, sebenarnya jenis kulit saya adalah kombinasi. Ya, kadang terasa kering, kadang sangat lembab sekali. Tapi, kok ya bisa jerawatan. Itu yang membuat saya bingung.

Hai, Kisanak! Jangan bangga dulu dengan kulitmu. Jerawat bisa terjadi dengan penyebab yang berbeda-beda.

Ceritanya beberapa hari ini dateline saya ketat banget. Hampir tiap hari begadang, bangun tidur langsung buka laptop. Sampai mandi saja rasanya nggak sempat. Apalagi bersihin muka. Boro-boro sempat mencuci rambut..

Kesalahan saya yang paling fatal lagi, suka menyentuh kulit bagian wajah yang berakhir dengan memencet-mencet sesuatu yang nggak seharusnya dipencet. Dalam kondisi stress tinggi begini, melakukan hal kecil, antara lain mengelus kulit di pipi, adalah sebuah kenikmatan. Hal kecil yang justru kerap memunculkan ide kreatif baru.

Yang jadi persoalan sekarang adalah, kulit saya jadi tumbuh banyak jerawat! Sedihnyaaa..

Merawat Kulit Berjerawat dengan ERHA Acne Care Lab Series dan ERHA Gentle Acne Moisturizer

Sampai kemudian saya mencari tau perbuatan apa saja yang menyebabkan muka timbul jerawat. Hasilnya seperti berikut ini:

  1. Menyentuh kulit dengan tangan secara semena-mena. Kebiasaan saya, setelah pegang tuts keyboard, lalu menyentuh wajah
  2. Malas mencuci muka. Duh, gak sempat banget lah. Malam mata sudah ngantuk, tidur ya tidur aja
  3. Menggunakan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Sering banget, pokoknya murah, beli
  4. Malas mencuci rambut. Apapula ini, saya tuh kramas kalau rambut sudah terasa lepek
  5. Stress. Baru tau stress jadi penyebab jerawat.

Menurut Wikipedia, Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Bisa juga perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit.

Hmm, hormon, ya.. pantesan ketika menjelang hingga masa haid, jerawat saya numpuk hingga berlevel-level. Makin tau kenapa ketika haid saya suka emosi gak jelas. Salah satunya jerawat yang sakit itu, hehe

Ketika Kulit sedang Berjerawat

Kalau sudah muncul jerawat, biasanya saya mulai kebingungan. Pengalaman beberapa kali jerawatan, nyembuhkannya susah. Sudah rajin membersihkan wajah pun, jerawat masih belum hilang juga. Malah terasa gatal dan bawaannya pengen nggaruk.

Seperti yang sudah-sudah, saya menghindari makan kacang. Padahal kesimpulan makan kacang bisa jerawatan sebenarnya hanya sebuah mitos..

Untuk meminimalisir biasanya saya menggunakan sabun anti jerawat. Tapi nggak selalu ampuh. Jerawat tetap berkembang biak dengan songongnya. Bukannya ngempis, mereka malah merekah hingga bernanah. Duh!

Menyembuhkan jerawat bukan persoalan mudah. Susah banget mencari obat jerawat yang cocok agar jerawat tidak muncul kembali.

Membeli Skincare Acne di ERHA Apothecary Tanpa Resep Dokter

Hingga suatu ketika saya mendapat info dari teman, rangkaian produk skincare ERHA Acne Care Lab Series dan Gentle Acne Moisturizer kini dapat dibeli secara bebas di ERHA Apothecary tanpa harus menggunakan resep dokter.

Agak aneh, sih, selama ini yang saya tau, produk ERHA harus dengan resep dokter. Kok sekarang malah dijual bebas. Setelah mencari tau lebih banyak, ternyata benar.

Wah, asik dong, jadi bebas membeli produk ERHA Skin, Hair, dan Laser Expert yang saya idam-idamkan selama ini.

Oya, sedang ada promo menarik, lho. Setiap pembelian produk Acne yang diresepkan dokter, teman-teman akan mendapatkan produk eternalips secara gratis!

Perawatan Kulit Berjerawat dengan produk ERHA Acne Care Lab Series

Sesuai dengan kebutuhan, saya akhirnya membeli satu paket produk perawatan kulit berjerawat ERHA Acne Care Lab Series dan ERHA Gentle Acne Moisturizer. Saya bedah satu-satu, ya..

Acne Care Lab ACSBP, Pembersih Kulit Berjerawat

ACSBP adalah Acne Cleanser Scrub Beta Plus with Salicyl Acid and Sulphur. Yaitu pembersih khusus untuk kulit jerawat dan cenderung berjerawat yang membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menyebabkan penyumbatan pori wajah.

Teksturnya berupa cream berwarna kehijauan dengan butiran scrub lembut. Aromanya harum dan menyegarkan.

Pembersih ini dapat digunakan pada pagi, siang, dan malam hari. Biar kulit selalu bersih.

Acne Care Lab Clarifying Gel, Pengontrol Minyak dan mengurangi Kemerahan

Produk ini merupakan kombinasi toner dan Oil Control. Digunakannya setelah cuci muka dengan Acne Care Lab ACSBP.

Acne Care Lab Clarifying Gel berupa cairan encer berwarna putih. Cenderung tidak beraroma. Begitu dioleskan, gelnya langsung terserap kulit. Meski ketika tersentuh kulit terasa basah, tapi cepat keringnya, kok.

Mengandung Asam Salisilat, Nicotinamide, AHA & Sebum Regulator yang berfungsi membantu mengurangi dan mengontrol produksi minyak berlebih serta mengurangi kemerahan pada kulit.

Acne care Lab Sun Friendly, Tabir Surya khusus kulit berjerawat

Adalah tabir surya khusus untuk kulit berminyak, cenderung berjerawat. Dilengkapi dengan formula Non-Comedogenic dan Non-Acnegenic. Artinya produk ini tidak berpotensi menimbulkan komedo dan jerawat.

Sunscreen SPV 30, ACL Sun Friendly memberikan perlindungan pada wajah terhadap paparan sinar matahari. Sebum regulator akan mengontrol dan menyerap minyak berlebih pada kulit dan antibakterinya mampu mencegah timbulnya jerawat

Namun bagi kulit sensitif dan jerawat sedang aktif-aktifnya, tidak disarankan menggunakan produk ini.

Acne Care Lab – Acne Spot Gel, Mengurangi noda hitam bekas Jerawat

Acne Spot Gel merupakan kombinasi Sulfur dan Asam Salisilat yang diformulasikan untuk merawat kulit berjerawat.


Acne spot gel digunakan ketika jerawat sedang aktif dan meradang. Produk ini telah terbukti secara klinis sejak hari ketiga membantu mengurangi jerawat, menyamarkan noda hitam, sehingga pelan-pelan menghilangkan bekas jerawat.

Gentle Acne Moisturizer, Pelembab Kulit Kering Berjerawat

Ternyata bener, kan, apa yang saya tulis di atas. Tidak semua jerawat dialami seseorang dengan jenis kulit berminyak. Kulit kering juga bisa berjerawat.

Terkadang menggunakan perawatan kulit berminyak yang terus-menerus dapat menjadikan kulit jadi kering. Kelembabannya jadi tergerus. Parahnya keadaan ini makin memperparah kondisi jerawat.

Untuk melengkapi rangkaian produk Acne care Lab, ERHA Dermatologist mengeluarkan produk inovasi terbaru Gentle Acne Moisturizer. Yaitu pelembab kulit berjerawat dengan kandungan ceramide complex dan granative acne yang sangat baik digunakan oleh penderita kulit kering berjerawat, kulit sensitif, dan atopi.

Dijelaskan dr. Norita Sembada, head of Business Development Derma Global Ventura, Barrier kulit memberikan perlindungan kulit terhadap berbagai factor dari luar tubuh. Barrier kulit yang sehat memiliki kemampuan mengikat air dan memiliki kadar lemak yang baik, termasuk kandungan ceramide sebagai komponennya yang terbesar.

Pada kondisi atopi dan kulit kering, barrier kulit mengalami gangguan atau kerusakan sehingga berkurangnya kelembaban dan fungsi proteksi kulit, dapat membuka akses dari luar ke dalam kulit serta dapat memicu timbulnya jerawat. Hal ini menjadi dasar perlunya moisturizer khusus dengan kandungan ceramide dan bahan anti acne yang dapat memperbaiki barrier kulit sekaligus mencegah timbulnya jerawat.

Penggunaan Rangkaian Produk Erha Acne Care Lab Series dan Gentle Acne Moisturizer

Wah, lengkap ya rangkaian produk ERHA Acne Care Lab Series dan Gentle Acne Moisturizer. Lalu bagaimana tahapan penggunaannya?


Rangkaian produk ini dapat digunakan untuk pagi, siang, dan malam hari. Berikut ini tahapannya:

Pagi dan Siang hari

  • Membersihkan muka dengan Acne care Lab Acne Cleanser Scrub Beta Plus
  • Mengontrol minyak dengan mengoleskan Acne Clarifying Gel
  • Menggunakan pelembab Gentle Acne Moisturizer
  • Melindungi wajah dengan Acne Sun Friendly (hanya digunakan ketika jerawat sudah tidak ada)
  • Merawat kulit berjerawat dengan Acne Spot Gel (hanya digunakan ketika jerawat sedang aktif/meradang)

Malam hari

  • Membersihkan muka dengan Acne care Lab Acne Cleanser Scrub Beta Plus
  • Mengontrol minyak dengan mengoleskan Acne Clarifying Gel
  • Menggunakan pelembab Gentle Acne Moisturizer
  • Merawat kulit berjerawat dengan Acne Spot Gel (hanya digunakan ketika jerawat sedang aktif/meradang)

Treatment Blue Light Theraphy ERHA Clinic

Terkadang menyembuhkan jerawat tak hanya selesai menggunakan produk perawatan saja. Dalam keadaan jerawat di kulit yang sangat parah, sebaiknya teman-teman melakukan konsultasi dengan dokter ERHA.

Konsultasi dokter dilakukan agar kita mengetahui jenis kulit sekaligus tindakan extra untuk merawat kulit berjerawat.
Untuk kulit berjerawat, ERHA Clinic memiliki advanced treatment Blue Light Theraphy. Namun tindakan ini harus dengan konsultasi dokter.

Blue Light Theraphy ERHA Clinic merupakan perawatan menggunakan paparan sinar biru dengan panjang gelombang 415 nm. Cara kerjanya, sinar biru akan berinteraksi dengan bakteri P. acnes atau bakteri penyebab jerawat. Fungsinya untuk membantu mengatasi acnes dengan membunuh bakteri.

Selama treatment terasa nyaman, mata tertutup rapat sehingga sinar tak sampai mengganggu pandangan.

Tips Menjaga Kulit Sehat bebas Jerawat

Seperti yang saya sampaikan di atas, jerawat bisa dialami oleh siapa saja. Agar jerawat tidak muncul kembali, ada beberapa tips untuk mencegah jerawat, yaitu:

  1. Rajin membersihkan kulit 2 kali sehari
  2. Jangan kebiasaan menyentuh kulit ketika keadaan tangan tidak bersih sempurna
  3. Gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit kita
  4. Hindari stress. Jika pekerjaan numpuk, usahakan pikiran tetap bahagia dan senang
  5. Gunakan produk perawatan terpercaya, seperti ERHA21 yang selalu menghadirkan solusi kesehatan kulit sejak puluhan tahun

Memiliki kulit sehat menjadi idaman semua orang. Tapi jika tiba-tiba mengalami jerawat, percayakan merawat kulit berjerawat dengan ERHA Acne Care Lab Series dan Gentle Acne Moisturizer. Info Lengkap tentang ERHA, kunjungi:

Website ERHA www.erha.co.id

Instagram @erha.dermatology

5 thoughts on “Merawat Kulit Berjerawat dengan ERHA Acne Care Lab Series dan Gentle Acne Moisturizer

  1. Aku sudah pengalaman kena berbagai masalah kulit karena stress :)))) Padahal ngerasa baik2 aja. Btw, bener banget kalo males bersihin muka bikin jerawatan. Aku cuma sehari ngga bersihin muka (cuma wudhu), besoknya langsung muncul “bibit unggul” :)))) Susyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top