KoinWorks, Investasi P2P Fintech Lending mulai 100 ribu. Aman dan menguntungkan!

Teman-teman, merasa nggak, masa sekarang nyari pinjaman uang itu gampang? Ketika butuh modal usaha, seseorang tinggal memanfaatkan aplikasi finansial online dari smartphonenya. Tanpa jaminan, segala syarat administrasi tinggal diselesaikan melalui jalur digital.

Koinworks-p2p-fintech-lending

Di lain sisi, banyak pula orang yang berlomba menginvestasikan hartanya. Namun mereka kerap kesulitan mencari tempat yang tepat untuk menyimpan uangnya. Ditabung saja di bank nilainya ya segitu-gitu aja. Justru ada potensi berkurang karena terpotong iuran admin bank. Mau investasi reksadana, belum ada pengalaman. Takut malah jatuh rugi nanti.

KoinWorks, Investasi P2P Fintech Lending aman mulai 100 ribu

Hingga akhirnya saya menemukan KoinWorks. Yaitu Platform investasi online yang berkonsep Peer to Peer Lending. Uniknya, seseorang dapat berinvestasi mulai dari nominal 100 ribu Rupiah saja!

Selama ini investasi saya masih menggunakan cara lama yaitu mengumpulkan pundi rupiah kemudian dibelikan logam mulia. Namun cara ini menurut saya belum sepenuhnya mudah. Selain harus rajin mengecek harga emas, saya juga belum tau kemana harus menjual logam-logam tersebut jika suatu saat ingin mencairkan kembali dalam bentuk rupiah.

Nah di KoinWorks kita tidak hanya bisa berinvestasi. Tapi sekaligus juga dapat meminjam dana buat modal usaha. Semacam aplikasi marketplace gitulah. Tapi bukan jual beli barang, melainkan mempertemukan pendana dan peminjam. Lho, kok?

Bingung, ya?

Gini-gini..

Dalam satu waktu terkadang kita dihadapkan pada dua kenyataan:

Pribadi yang sedang membutuhkan duit. Bisa jadi pengusaha yang ingin mengembangkan usahanya namun terkendala permodalan

Pribadi yang senang menabung. Bisa juga pegawai yang ingin menginvestasikan uang gajinya untuk simpanan masa depan.

Seringkali disayangkan, satu sama lain tidak saling mengenal sehingga tidak bisa membantu. Lalu bagaimana cara mempertemukan mereka sehingga terjadi kerja sama yang menguntungkan?

Inilah yang kemudian dikembangkan oleh KoinWorks. Yakni layanan platform Peer to Peer Fintech Lending Indonesia.

Tentang Peer to Peer Fintech Lending

Ada yang pernah dengar istilah Peer to Peer Lending? Hmm, istilah ini baru, sih. Namun sudah sangat familiar di telinga pengusaha, investor, dan mereka yang senang berhubungan dengan keuangan.

Peer to Peer Lending merupakan istilah yang digunakan untuk sebuah platform dengan tujuan mempertemukan investor dan peminjam.

Pola kerjanya sederhana saja, yakni pinjam meminjam secara online. Uniknya, satu investor bisa memberikan pinjaman kepada satu orang maupun beberapa peminjam sekaligus. Jika nilai pinjamannya besar, beberapa investor juga dapat bersatu. Istilahnya crowdfunding. Yaitu memberikan pinjaman kepada 1 peminjam.

Kalkulator-KoinWorks

Kegiatan transaksi antar peminjam dan investor di atas dikelola oleh perusahaan teknologi finansial atau disingkat Fintech.

Saat ini banyak sekali perusahaan Fintech yang bergelut dalam bidang ini. Dan sebagian besar telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa keuangan (OJK).

Salah satu perusahaan Fintech di Indonesia yang memberikan layanan pinjam meminjam uang secara online dan telah terdaftar di OJK dengan sistem Peer to Peer (P2P) Fintech Lending adalah KoinWorks.

KoinWorks, Mempertemukan Pendana dan Peminjam

Tanpa banyak berpikir, seketika saya membuat akun di website KoinWorks. Bagi pengguna pertama dengan memasukkan kode referal tertentu akan mendapatkan hadiah saldo koin. Senang?

Senang banget, karena dengan saldo koin tersebut saya bisa belajar menjadi investor. Nantinya setelah transaksi lunas, saldo tersebut akan kembali menjadi milik KoinWorks tapi keuntungannya tetap milik saya dan bisa diinvestasikan lagi.

Dashboard-KoinWorks

Halaman pendana KoinWorks terdapat daftar perusahaan peminjam, lengkap dengan nilai nominal serta tenor pinjaman. Sebelum memberikan pinjaman, pendana dapat membaca profil perusahaannya lebih dulu sehingga dapat menilai eksitabilitas perusahaan.

Dengan bekal saldo koin tersebut, teman-teman sudah bisa berpartisipasi menjadi pendana. Seru, kan?

Oya, KoinWorks memiliki tingkat pinjaman yang disesuaikan dengan kemampuan investor. Mulai Grade A hingga Grade E dengan besaran nilai return berbeda-beda.

Untuk Grade A kisaran nilai returnnya mulai 15-19% per tahun. Sedangkan Grade E nilai returnya antara 34-38% per tahun. Seperti ini gambarannya:

Grade-KoinWorks

Semakain kecil resikonya, bunganya semakin rendah. Dan, Semakin besar resikonya, semakin tinggi pula bunganya. Yang pasti saya akan memilih opsi pertama karena tujuan saya adalah untuk investasi jangka panjang. Meski bunganya rendah, kualitas pinjamannya cenderung lebih tinggi.

Agar tidak terjadi hal-hal diluar kendali kita, dengan berperan menjadi investor sistem P2P Fintech Lending, teman-teman wajib melakukan diversifikasi ketika mendanai suatu pinjaman. Diversifikasi adalah membagi uang investasi dalam 5-10 pinjaman. Investasikan uang-uang itu ke dalam masing-masing grade. Tujuannya agar ketika salah satu peminjam telat membayar, kita masih punya simpanan di tempat lain.

Cara Melakukan Investasi di KoinWorks

Untuk menjadi investor di KoinWorks, selain membuat akun terlebih dahulu, teman-teman harus memiliki KTP dan Rekening Tabungan atas nama sendiri dengan cara menguploadnya. Syarat ini gunanya untuk legalitas investor. Karena sifat platform online seperti ini kita hanya saling komunikasi melalui Lender ID KoinWorks.

Selanjutnya kita akan dibawa ke halaman dashboard. Di sana terdapat data keuangan yang telah kita miliki. Untuk mulai investasi, tinggal klik saja menu Telusuri pada kotak warna biru.

Investasi-KoinWorks

Pada halaman tersebut kita akan dapatkan banyak sekali data peminjam. Tinggal maunya kita mau menempatkan dana ke mana. Pada kolom Tujuan bisa kita lihat tujuan melakukan pinjaman untuk apa.

Kolom Nilai merupakan nominal angka yang diajukan peminjam. Nah, sekarang kita dapat melihat Amount yang di sebelah kanan. Sudah berapa lender yang telah menempatkan dana untuk menutupi jumlah plafon yang diajukan peminjam.

Saking banyaknya halaman, mungkin teman-teman bingung. Mau invest di mana, ya? Untuk memudahkan kita, KoinWorks telah menyiapkan menu filterisasi.

Beberapa pilihannya, kita mau investasi di mana. KoinWorks memberikan dana pinjaman untuk kemanfaatan Bisnis, Pendidikan, dan Kesehatan. Lalu mau cari peminjam yang bayar berapa lama, pilihannya dari 6 bulan hingga 24 bulan.

Investasi-Online-KoinWorks

Ada juga pilihan grade yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Kalau sudah mendapatkan yang sesuai, kita bisa langsung melakukan order. Menariknya, kita boleh, lho, memasukkan nominal Rp. 100 ribu! Biar kata sedikit rupiah kita investasikan, tapi sudah dapat membantu satu peminjam. Asik, kaan..

Setelah mendapatkan pinjaman yang sesuai dan membaca detial informasi peminjam, saya akhirnya melakukan investasi.

Investasi-Online-P2P-Lending
Investasi-P2P-Lending-KoinWorks

KoinWorks Memenuhi Kebutuhan Finansial Masyarakat Indonesia

Keberadaan KoinWorks di Indonesia sedikit banyak telah membantu masyarakat di luar sana yang ingin mencari solusi finansial.

Perusahaan yang diselenggarakan oleh PT Lunaria Annua Teknologi dan telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor S-186/NB.111/2017 tanggal 27 April 2017, kian menambah instrumen investasi di Indonesia dengan cara mudah dan praktis.

KoinWorks-P2P-Fintech-Lending

Bahkan bulan ini, Februari 2019, KoinWorks telah menerima penghargaan Indonesia Digital Innovation Award 2019 untuk kategori Teknologi Finansial (TekFin) dari Warta Ekonomi. Wih, selamaaat..

Bener-bener, ya. Kecanggihan internet kalau digunakan secara bijak dapat bermanfaat untuk sesama!

Kini saatnya saya bagi-bagi informasi. Jika teman-teman ingin menjadi investor di KoinWorks seperti yang telah saya lakukan, masukkan saja kode referal saya ketika melakukan pendaftaran. Bekal kode itu akan menjadi saldo koin sebesar Rp. 50.000! Lumayan kan buat modal investasi!

Nih, kodenya:

89897

Ingin masa depan cerah, yuk gabung KoinWorks, Investasi P2P Fintech Lending mulai 100 ribu. Aman dan menguntungkan!

5 thoughts on “KoinWorks, Investasi P2P Fintech Lending mulai 100 ribu. Aman dan menguntungkan!

  1. Teknologi kalo dimanfaatin dengan baik, jadinya berguna banget ya, termasuk dalam hal investasi ini.
    Aku juga nyobain KoinWorks nih, sistemnya bagus dan caranya nggak ribet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top