Ciputra Waterpark, Wisata Petualangan Air di Surabaya

Adalah Ciputra Waterpark, wisata petualangan air di Surabaya yang memiliki wahana multi usia. Memberikan sensasi seru dan suasana menyenangkan, cocok untuk liburan keluarga.

sinbad-ciputra-waterpark
Sinbad’s Playground dilihat dari atas

Akhir pekan lalu saya ke Ciputra Waterpark Surabaya. Perjalanan dari rumah menuju daerah Surabaya Barat cukup menguras waktu. Untungnya, kawasan yang terkenal dengan ‘The Singapore of Surabaya’ ini rindang, bersih, dan tidak macet. Sambil mengikuti papan petunjuk arah, kendara motor saya terasa santai.

Saya bersyukur, Surabaya memiliki CitraLand. Setidaknya ada jalan alternatif yang lumayan sepi ketika sedang kebingungan mencari perlintasan menuju Benowo dan sekitaran Lakarsantri. Pepohonan hijau menambah kesejukan pemandangan di sekitarnya.

Setelah ngintip google maps sebentar, tibalah saya di pintu parkiran waterpark. Lahan parkirnya luas, aura penjaganya ngademkan hati (baca ganteng), dan yang paling bahagia adalah ketika…, “Pak, bayar(parkir)nya sekarang apa nanti?” dijawab, “Tidak bayar, Mbak, gratis!”. Wooh, baik bangeet. Sayang lupa candid, biarlah jadi hoax 😀

Setiba di depan loket masuk, saya didatangi petugas, “Mbak, mohon maaf hari ini kolam renangnya sedang perbaikan, apakah bersedia dengan keadaannya? Dilihat saja dulu, kalau tidak berkenan tidak apa-apa. Tapi kalau bersedia kami memberikan diskon tiket untuk hari ini Rp. 50.000,-.”

Karena saya tidak terlalu harus sempurna banget, saya tidak mempermasalahkan hal itu. Namun yang membuat saya merasa nyaman adalah keterbukaan petugas dalam menerima pengunjung. Termasuk memberikan pilihan terbaik agar semua pihak tidak dirugikan.

Tentang Ciputra Waterpark Surabaya

Meski lokasi Ciputra Waterpark berada di ‘ujung dunia Surabaya’, destinasi wisata air ini namanya sudah terkenal di mana-mana. Pengunjungnya cukup banyak dari luar kota hingga mancanegara.

Menurut info yang saya dapat, Ciputra Waterpark mulai dibuka pada tahun 2005. Kalau dihitung keberadaannya sekarang sudah hampir 14 tahun. Lumayan lawas juga, sih..

Bisa dibilang pada saat itu Ciputra Waterpark merupakan salah satu wahana wisata petualangan air terbesar di Indonesia. Belum banyak destinasi yang sehebat dan semenarik taman air Surabaya tersebut.

Berada di atas lahan seluas kurang lebih 5 Ha, wisata buatan ini menawarkan beragam fasilitas yang seru dan menyenangkan.

Setelah bermain air, saya kemarin sempat mencatat beberapa wahana yang ada di sana. Konsepnya cukup menarik. A la-a la Timur Tengah gitulah. Namanya Sinbad Adventure.

Usai berenang, pengunjung dapat melanjutkan menonton bioskop bertema cinema 5D yang memberikan sensasi kursi bergoyang mengikuti tayangan di layar lebar.

Wahana Wisata Petualangan Air di Surabaya

Lepas dari mesin antrian loket, saya melalui halaman luas dengan batang permen lolipop buatan berdiri di sepanjang sisi. Lucuuuuu dan menggemaskan.

Di sana juga terdapat anak tangga yang lebar dan indah. Saya mengarahkan kaki ke arah kiri menuju Plaza Outdoor. Yaitu tempat istirahat sekaligus bebenah sebelum dan sesudah berenang. Dilengkapi toilet, ruang ganti, loker, dan meja informasi yang menjual smart wristband alias gelang untuk transaksi di dalam area wisata.

Dari pengamatan saya, Ciputra Waterpark memiliki 8 atraksi memukau, yaitu:

Sinbad’s Playground

Bisa dikatakan menara Sinbad adalah ikonnya Ciputra Waterpark. Pucuk-pucuk kubah menara yang menjulang dengan pilar-pilar tinggi seakan memanggil siapa saja untuk segera kecipakan.

Konsepnya dibuat serupa istana. Ada perosotan sebagai ajang seru-seruan serta water-cannon yang gokil. Uniknya, setiap menara disambung oleh jembatan goyang imut-imut. Dalam saat-saat tertentu, drum raksasa akan menumpahkan air sebanyak 3000 liter!

Saat saya sedang duduk di tepian, tiba-tiba saja ada suara, “byyoorrrr,” lalu airnya tumpah ruah di mana-mana yang diikuti tawa gembira.

Wahana Sinbad’s Playground bebas diperuntukkan bagi orang dewasa dan anak-anak.

Syracuse Beach

Wahana ini tak kalah seru dengan Sinbad’s Playground. Bagi penyuka pantai, di sinilah tempatnya bermain-main. Sebuah kolam air yang luas, sekitar 1800 m2, dengan kedalaman 1,2 m, memberikan sensasi ombak buatan layaknya air laut beneran.

Ombak pantai di dalam kolam

Agar tidak ketinggalan keceriaan, terdapat bunyian alarm sebagai penanda ombak akan datang menerjang. Pada saat itulah semua orang mendekati arah air lalu menari di atas ombak

Untuk mendapatkan sensasi ombak yang dahsyat, waterpark mendatangkan mesin ombak dari Skotlandia.

Sirens River

Namanya juga taman air, maka waterpark pun menghadirkan kolam buatan berbentuk sungai sepanjang 480 meter.

Seperti sungai pada umumnya, terdapat arus buatan juga yang akan membawa pengunjung berkeliling sambil bersantai di atas ban pelampung.

Buat anak kota yang masa kecilnya tidak pernah main di sungai seperti saya, nggak usah jauh-jauh pergi ke desa untuk mencari sungai sekedar ber-river tubing. Di Surabaya aja, main di waterpark menyusuri Sirens River. Dijamin aman.

Roc Tower

Ingin sesuatu yang ekstrem, Roc Tower memberikan sensasi meluncur dari menara ketinggian 15 meter. Terdapat 3 petualangan sebagai uji adrenalin kita, yaitu black hole (meluncur dalam kegelapan), thunder ride , dan racer slide.

Meski menyuguhkan tantangan, wahana ini dijamin aman. Untuk kenyamanan pengunjung, slide waterpark mendatangkan langsung dari Australia.

Marina Lagoon

Marina Lagoon adalah wahana khusus anak-anak. Dilengkapi seluncur mini dan jembatan kecil sebagai sarana sosialisasi mereka dengan teman-temannya. Kedalaman kolam sekitar 40cm sehingga aman untuk mereka bermain-main.

Chimera Pool

Wahana Chimera Pool untuk anak-anak berusia balita yang memberikan sensasi air mancur kecil yang memancar ke segala arah dengan kedalaman kolam sekitar 20cm. Konsep area warna-warni dan ceria

Tartarus Pool

Wahana ini diperuntukkan bagi pengunjung yang benar-benar ingin olah raga renang. Konsepnya semi Olympic dapat digunakan sebagai tempat latihan atlet. Kolam ini memiliki kedalaman 1,3 meter berukuran 25 m x 15 m.

Petualangan Cinema 5D Ciputra Waterpark

Liburan kurang fantastis apalagi yang disajikan oleh Ciputra Waterpark Surabaya. Setelah lelah bermain air, pengunjung diajak menyelami dunia petualangan melalui cinema berteknologi 5 dimensi.

Pirates. Judul film yang saya tonton kemarin bersama 6 penonton lainnya. Menggunakan kacamata hitam, saya mengikuti adegan yang ada di dalam scene.

Kisahnya tentang pencuri kotak pandora milik bajak laut. Dengan teknologi Cinema 5D saya bisa merasa deg-degan ketika meluncur di dalam lorong pipa panjang yang gelap. Rasa-rasanya, saya sedang dikocok-kocok ke suatu tempat sempit yang curam dan licin.

Belum selesai, secara sadar saya berteriak kencang ketika dilempar ke bawah dari atas ketinggian melalui lubang lift. Wuih, walaupun hanya film, tapi sensasinya langsung menghujam jantung.

Beberapa judul film petualangan cinema 5D di Ciputra Waterpark yang lain adalah Robinson Crusoe dan The Time Carousel 5D.

Smart Wristband, alat transaksi di Ciputra Waterpark Surabaya

Untuk memudahkan pengunjung mengamankan harta bawaan, Ciputra Waterpark memberlakukan Smart Wristband sebagai alat pembayaran. Di dalamnya telah tertanam chip yang memiliki nilai uang sesuai dana yang kita setorkan. Untuk mendapatkannya, pengunjung cukup menghubungi konter tiket atau konter layanan pengunjung.

Smart Wristband berbentuk gelang yang aman digunakan di dalam air dengan nilai jaminan Rp. 25.000,- yang dapat ditukarkan kembali menjadi uang tunai.

Harga Tiket Masuk Ciputra Waterpark Surabaya

Selain wahana-wahana unik, Ciputra Waterpark memberikan pengalaman berbeda sebagai tempat wisata liburan keluarga. Keindahan bangunan semegah istana membuat saya betah lama-lama di sana.

Jalan-jalan di bawah pepohonan rindang dapat sejenak melupakan suhu Surabaya yang tinggi. Apalagi ada gazebo yang siap jadi tempat bercengkerama keluarga.

Untuk menikmati segala kenyamanan wisata di Ciputra Waterpark Surabaya, harga tiket masuk dipatok sebagai berikut:

Weekdays: Selasa – Jumat Rp. 110.000
Weekend: Sabtu – Minggu Rp. 130.000

Harga promo pembelian on the spot: Weekdays: Selasa – Jumat Rp. 75.000 Weekend: Sabtu – Minggu Rp. 95.000

Harga promo dengan OVO: Weekdays: Selasa – Jumat Rp. 55.000
Weekend: Sabtu – Minggu Rp. 85.000

Harga tiket sudah termasuk tiket Cinema 5D

Jam Operasional Ciputra Waterpark Surabaya

Ingin menikmati sensasi bermain air di Ciputra Waterpark Surabaya? cek berikut jadwal operasionalnya:

Selasa – Jumat mulai pukul 13.00 – 19.00 WIB
Sabtu – Minggu dan Hari Libur Nasional
mulai pukul 10.00 – 19.00 WIB
Hari Senin LIBUR

Fasilitas Paket Spesial Group Ciputra Waterpark Surabaya

Tidak hanya untuk keluarga, Ciputra Waterpark Surabaya juga memberikan paket spesial group bagi perusahaan, sekolah, atau komunitas yang ingin mengadakan gathering di Dunia Air Sinbad

  • Staff/Family Gathering Package Rp. 77.500,- – Rp. 100.000,-/pax
  • Outbound Package Rp. 122.500,- – Rp. 145.000,-/pax
  • Cinema 5D Rp. 15.000,-/pax

Terdapat paket-paket lain juga seperti Edutainment Package, Farewell Package, dan lain-lain. Untuk informasi hubungi Telp. 031-7441155/Fax. 031-7441166

Alamat dan Lokasi Ciputra Waterpark Surabaya:

Waterpark Boulevard CitraLand, Made, Sambikerep Surabaya Barat – 60219

Bingung merencanakan liburan akhir minggu? Tak ada salahnya berkunjung ke Ciputra Waterpark, Wisata Petualangan Air di Surabaya. Yuk, brangkat!

7 thoughts on “Ciputra Waterpark, Wisata Petualangan Air di Surabaya

  1. Aku pas main kesini pertama kali clingak clinguk pas mau beli makanan. Ditanyain ama yang jual, “mbak, mana gelangnya?”.

    Gelang apa batinku, eh la ladalah ternyata smart whristband toh. Hihihi…

    Keren juga nih… daripada tentang tenteng duit…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top