Jalan-jalan Sore di Orchard Road Singapore, Pusat Belanja yang mengesankan!

Terkesima. Begitulah ekspresi saya ketika jalan-jalan sore di Orchard Road Singapore. Tidak ada waktu untuk berkedip sedikitpun melihat pemandangan di kawasan ini. Begitu keluar dari Stasiun MRT Orchard, sekonyong-konyong di hadapan saya muncul tulisan brand-brand mahal seperti Dior, Tiffany & Co, dan merk tas sejuta umat Louis Vuitton. Merk LV sungguhan, bukan LV-LVan yang seperti dijual di Pasar Wonokromo!

Yah, mungkin saya lebay. Lumayan shock juga sih kalau melihat brand-brand yang disebut oleh Rebecca Blomwood dalam buku Confession of a Shopaholic ternyata tokonya berjejer di Orchard Road Singapore. Sementara selama ini dari ketiga brand di atas, saya baru melihat storenya Louis Vuitton di Hotel Sheraton Surabaya. Dan belum pernah sama sekali melihat store Dior dan Tiffany & Co.

Mungkin ada di TP, Galaxy Mall dan Pakuwon. Atau nggak ada, ya? Sepertinya yang ada hanya Dior aja. Tiffany malah belum buka cabang di Surabaya. Makluuum main ke Mall saya kurang jauh. Bisanya cuma Royal – Transmart – Royal, hehe..

Berada di Orchard Road Singapore seakan kita sedang mengunjungi bazaar mode super modern. Bangunan mewah nan menawan sangat indah dipandang ketika level dompet dalam taraf pas-pasan. Iya, memang begitu. Bisa foto dengan tulisan aja senangnya amit-amit. Beli? Timbang-timbang dulu. Banyak nggaknya deh sayaa, haha.. kalaupun ada duit mending buat jalan-jalan. Prinsip traveling anyaran! Wik..wik..wik.. 😉

Pemandangan Orchard Road Singapore mirip-mirip jalan Cihampelas kalau di Bandung. Di Surabaya kayak di mana ya? Susah nyari padanannya. Yo,wes, anggap aja TP gitulah, ya. Ben adil. Sebenarnya tetap belum adil, gimana, ya, duh! Ya, dah, anggap seperti Blauran sama Praban, gitulah..

Jadi kalau jalan-jalan di sepanjang Orchard Road Singapore itu kayak-kayaknya kita disuruh keluar masuk Mall yang mana harus disusuri dengan jalan kaki. Tanpa jeda sedikitpun. Dan rugi serugi-ruginya kalau harus naik Lyn atau ngojek. Meskipun jalan kaki rasanya ya gempor segempor-gempornya.

Jalan-jalan Sore ke Orchard Road Singapore, Ada apa aja, sih?

Bagi traveling yang nggak ada niat belanja barang branded, gak ada ruginya kok sekedar jalan-jalan di Orchard Road Singapore. Surga kawasan belanja ini tetap menyuguhkan sesuatu yang sedap dipandang sekaligus bikin hati ayem.

ION Orchard

ION Orchard merupakan kawasan pertokoan yang dihuni oleh brand-brand yang produk KWnya laris di pasaran. Saat di sini saya tidak berusaha membaca tulisannya: luis viton, prada, kartir, cenel, hermes.. Cukup menjadikan tokonya sebagai background foto. Ya, gimana, jangankan beli, membaca merknya aja salah, haha.

Saya lihat di sana ada counter Dolce&Gabbana, Cartier, Prada, Dior, Louis Vuitton (nulis ini aja pke dieja, takut salah naruh huruf), Tiffany&Co, H&M, dan lain-lain yang membuat saldo ovo mengkeret.

Yang bikin bahagia, semua toko ini memiliki eksterior menarik dan wajar jadi tempat orang selfie. Jadi, walaupun nggak beli barangnya, kita masih punya bahan buat upload ke instagram, hehe..

Ice Cream $1 khas Orchard Road

Kata siapa di Orchard Road kita gak bisa belanja? Ada Ice Cream $1 yang dijual oleh seorang Kakek menggunakan gerobak sepeda dengan harga $1,2.

Meskipun Orchard adalah kawasan mewah, tetapi di sini kita masih bisa menemukan pedagang-pedagang kecil yang menjual makanan atau minuman. Yang menjadikan beda, lapak-lapak PKL ini tertata rapi dengan tenda-tenda berwarna manis.

Bahkan saya melihat sepanjang trotoar di Orchard Road ada beberapa penjual Ice Cream $1 berkeliaran.

Penjual Es Grem $1 dengan gerobak sepeda

Selain ice cream, ada pula cewek-cewek mahasiswa ngamen di trotoar buat bayar kuliah. Ngamen aja tampilannya trendy, lho.

Orchard Gateway

Merupakan pusat perbelanjaan yang dilengkapi dengan jembatan transparan membentang jalanan Orchard. Jembatan ini menghubungkan antara Orchard Central dan 313@Somerset.

Layaknya Mall, di sini terdapat store-store dari brand terkenal. Dibandingkan ION Orchard, Mall Orchard Gateway cenderung sepi. Yang menarik di sini bagi saya hanyalah Orchard Gateway Bridge nya. Sambil jalan, saya bisa melihat suasana Orchard Road dari jembatan.

Library@orchard

Dari sekian tempat yang ada di Orchard Gateway, Library@orchard adalah satu-satunya tempat yang harus didatangi. Ruang perpustakaan yang ditata sedemikian rupa hingga membuat tempat ini jadi menarik dan indah dipandang.

Koleksi bukunya sangat banyak. Saking banyaknya, mata saya sampai jelalatan. Terlampau sulit untuk duduk anteng setelah mendapatkan 1 buku bacaan yang diminati. Sudah gitu disain raknya bagus, pas buanget jadi spot foto. Asal nggak ramai saja, petugas tidak protes dengan tingkah konyol kita, hehe

Orchard Road

Nah, spot ini juga nggak boleh ditinggalkan. Sepanjang Orchard Road cukup menarik untuk dinikmati. Terutama lihat kendaraan macet dan penyeberang jalan.

Hih, macet kok dilihat!

Iya, sih, perihal macet biasa banget di Indonesia. Tapi, kan seru lihat jenis-jenis mobil di Singapore yang beda dengan yang ada di Indonesia, hehe..

Dan lagi menyeberang jalan di Singapore itu menyenangkan. Tiap lampu merah semuanya berdiri menunggu. Begitu lampu ijo mobil-mobil semua berhenti dan orang-orang bersama-sama membelah jalan.

Jalan-jalan di Orchard Road Singapore sangatlah menyenangkan. Saat ke negeri Singa, masukkan destinasi ini dalam itinerary. Saya jamin, sehari di sini tidak akan puas.

2 thoughts on “Jalan-jalan Sore di Orchard Road Singapore, Pusat Belanja yang mengesankan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top