Jalan-jalan

Wisata Jember, berpetualang di Kebun Kopi dan Cokelat di Puslitkoka Indonesia

Wisata Jember, berpetualang di Kebun Kopi dan Cokelat di Puslitkoka Indonesia. Selain tembakau, Jember juga punya potensi wisata buatan yang berhubungan dengan komoditas, yaitu kopi dan cokelat. Tempat yang dikenal sebagai Pusat Penelitian, atau yang sekarang memiliki nama keren Coffee and Cocoa Science Techno Park (CCSTP), kini telah dibuka bagi pengunjung umum.

coffee-and-cocoa-science-techno-park

Jadi kita mau apa, sih, ke Puslit Kopi dan Kakao Indonesia? Bersenang-senang atau mau menguras otak?

Tenang Caak, Niing.. baca dulu ceritanyaa..

Saat wisata Jember di Coffee and Cocoa Science Techno Park (CCSTP), pengunjung boleh berekspetasi tentang apa saja. Namun yang pasti, ketika saya berkunjung ke sana, suasananya seperti petualangan di negeri antah berantah. Pohon-pohon mahoni berjajar rapi serupa jalan setapak yang akan menuju ke istananya Pangeran Kit di film Cinderella.

puslit-kopi-dan-kakao-indonesia

Petualangan seru Kebun Kopi dan Cokelat di Coffee and Cocoa Science Techno Park

Begitu memasuki wisata edukasi Puslit dan Kakao, saya langsung dihadapkan pada sebuah monumen kecil yang dilengkapi air mancur dengan tulisan Coffee and Cocoa Science Techno Park.

Siang itu suhu udara Jember terasa menyengat, tapi masyarakat yang sedang berkunjung ke Taman Sains dan Teknologi Kopi dan Kakao cukup anstusias. Rata-rata mereka adalah rombongan keluarga, sekolah dan komunitas. Ada juga remaja yang datang berdua atau ramai-ramai bersama teman.

Tak butuh waktu lama, saya langsung bersemangat untuk keliling kebun di kawasan Coffee and Cocoa Science Techno Park. Tenang saja, pengunjung tak harus jalan kaki untuk mencapai itu semua, di sana telah disediakan moda transportasi berupa kereta eduwisata yang ramah lingkungan. Keretanya unik, dirangkai dari kayu. Cukup bayar Rp. 10 ribu, pengunjung dapat mengikuti tour kebun sampai puas.

coffee-and-cocoa-science-techno-park

Sejarah Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia di Jember

Coffee and Cocoa Science Techno Park adalah bagian dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao atau lebih dikenal dengan sebutan Puslitkoka. Taman wisata edukasi ini diresmikan pada tahun 2016 oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

coffee-and-cocoa-science-techno-park

Meski baru diresmikan, sebenarnya Pusat Penelitian Kopi dan kakao Indonesia telah berdiri sejak 1 Januari 1911. Waktu itu bernama Besoekisch Proefstation.

Sebelum menjadi kawasan edukasi bernama Coffee and Cocoa Science Techno Park, Puslit Kopi dan Kakao murni sebagai lokasi penelitian dan tidak dibuka untuk umum. Puslitkoka sendiri telah menjadi Pusat Unggulan Iptek Kakao pada tahun 2012, dan Pusat Unggulan Iptek Kopi pada tahun 2013. Setahun kemudian, tahun 2014, Puslitkoka menjadi Pusat Unggulan Iptek Kopi dan Kakao.

coffee-and-cocoa-science-techno-park

Menjadi Science Techno Park (STP), kini tugas Puslitkoka adalah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kopi dan kakao, tour kebun, diseminasi hasil penelitian dan pengembangan teknologi kopi dan kakao. Puslitkoka juga memberikan workshop rekayasa alat dan mesin pengolahan kopi dan kakao, serta menjadi pabrik pengolahan hulu-hilir kopi dan kakao yang sesuai standar SNI dan ramah lingkungan. Selainnya, Puslit kopi dan kakao juga bertanggungjawab mencetak entrepreneurs kopi dan kakao, lho!

Melihat proses produksi Kakao jadi makanan cokelat yang enak

Usai tour kebun, kami diturunkan di pabrik untuk melihat proses produksi cokelat. Sejak dulu saya penasaran banget, bagaimana bisa, buah cokelat yang berbentuk besar dan lonjong disulap jadi cemilan enak dan perasa makanan yang lezat? Sementara, daging buah cokelat sendiri memiliki rasa yang asam!

coffee-and-cocoa-science-techno-park

Pak Didik, petugas yang menemani kami tour, mempersilakan saya dan peserta tour kebun untuk mencicipi daging buah kakao. Dagingnya warna putih berbiji-biji, jika dimakan rasanya manis asam seperti buah manggis. Enak! Sayang gak ada yang jualan buah cokelat mentah, pengen beli banyaakkkkk, hehe..

Untuk menjadikan kakao menjadi cokelat kotak seperti silverqueen, prosesnya lumayan panjang. Mulanya buah coklat dikupas, kemudian masuk ke dalam mesin penggiling. Selanjutnya cokelat-cokelat itu mengalami proses pengempan dan pencampuran hingga proses penghalusan. Step terakhir adalah pencetakan dan kemasan. Yang saya masih bingung, kok bisa daging buah kakao yang berwarna putih ujug-ujug jadi cokelat.. Bagian ini saya terlewati karena jarak pandang kami jauh dan dibatasi oleh kaca.

coffee-and-cocoa-science Techno Park

Oya, pada penutupan tour, peserta diajak ke dalam showroom yang isinya surga bagi pecinta kopi dan cokelat. Di sini kita bisa membeli segala macam bentuk cokelat dengan kemasan kecil hingga besar. Yang unik, cokelat tidak hanya dalam bentuk makanan dan minuman, tapi juga sabun!

coffee-and-cocoa-science Techno Park

Dan, teman-teman tau nggak, 95% bahan kopi dan kakao Indonesia berasal dari Jember, lho!
Masih banyak destinasi Wisata Jember yang harus dikunjungi selain berkunjung ke Puslit Kopi dan Kakao. Seperti Pantai Tanjung Papuma dan Taman Botani Sukorambi. Kalau mau nekat sedikit, teman-teman juga bisa melipir agak sonoan ke Kawah Ijen dan Taman Baluran. Petualangannya lebih menantang!

coffee-and-cocoa-science Techno Park

Transportasi murah Wisata ke Jember

Jarak Surabaya – Jember, tidaklah dekat. Kalau dilalui dengan perjalanan darat waktu tempuhnya kisaran 6-7 jam. Lumayan sih, bisa tidur nyenyak di kendaraan, hehe..

Walaupun jaraknya jauh, saya tak bingung bila pergi ke Jember karena pilihan transportasinya banyak. Tapi menurut saya, transportasi paling murah dan aman ke Jember, ya, naik Kereta Api. Selama perjalanan bisa ngecengin petugas ResKa, hayyahhh..

wisata-jember

Terakhir saya ke Jember bulan Agustus 2018 dengan Kereta Api Probowangi. Harga tiketnya hanya Rp. 29.000,-!

Selain murah, mendapatkan tiket Kereta Api sekarang mudah. Sambil makan kacang, kita bisa sambil pesan tiket kereta api. Buka smartphonenya lalu arahkan ke website pegipegi.com. PegiPegi adalah website pesan tiket kereta api online yang murah dan terpercaya. Hingga saat ini, Pegipegi telah melayani 1.600 rute kereta api di seluruh Indonesia. Menariknya, beli tiket kereta api di PegiPegi kita akan mendapatkan diskon special Rp. 20 ribu!

wisata-jember

Buat teman-teman yang sedang galau merencanakan liburan akhir pekan atau akhir tahun, sana deh, ke Jember. Kotanya ajib bener.. beli makan murah, penginapan terjangkau, tiket wisatanya meriah.  Wisata Jember, yuk berpetualang di Kebun Kopi dan Cokelat di Puslitkoka Indonesia!

14 thoughts on “Wisata Jember, berpetualang di Kebun Kopi dan Cokelat di Puslitkoka Indonesia

  1. Satu lagi tempat seru di Jember yg aku baru tahu.
    Aku catet dulu untuk bekal jalan2 ke Jember satu hari nanti ya mbak.
    Oya,, transportasi umum di Kota Jembernya sendiri gampang nggak sih?

  2. di Ciamis aku punya pohon coklat & emang buahnya enyak buat dimakan hahaha, tapiya gitu karena cuman satu-dua jadi rebutan sodara2 yg dateng kesana 😀
    Seru banget ternyata ya wisata kebun kopi, pengen deh sekali2 jalan2 kesini

  3. Waaaa pasti menyenangkan sekali wisata di kebun kopi begini. Aroma kopinya itu lho wangi semerbak. Btw lihat kakao, jadi kangen mas kecilku. Dulu di samping rumah kami kebun kakao, jadi pulang sekolah, tempat main dan cemilannya yang buah kakao haha

  4. Temanku Ada yg kerja di Sana, jadi penelitian kopi tapi, aku yang anak pertanian aja masih bingung mbak, itu buah kakao putih kenapa bisa jadi coklat manis ya 😂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *