Jalan-jalan

Wisata Agro Wonosari Lawang, Surga Wisata Kebun Teh di Jawa Timur

2 tahun lalu saya pernah menulis keindahan Kebun Teh Wonosari Lawang, Malang di blog Mama Minta Piknik. Namun saat itu saya hanya mampir saja, tidak sampai menginap, apalagi blusukan ke Bukit Kuneer yang full eksotis ituu.. jangan-jangan saat itu Bukit Kuneer masih dalam tahap bisik-bisik staf manajemen 😀

Akhirnya kepenasaran saya terjawab. Bersama Komunitas Liburan Murah dan beberapa blogger Surabaya, akhir minggu lalu kami menghabiskan waktu di Kebun Teh Wonosari Lawang dan menginap semalam di Rollaas Hotel & Resort.

Awalnya saya pikir ke Wisata Agro Wonosari Lawang ya cuma nonton kebun teh dowang, ternyata di dalamnya, woaahh.. banyak sekali wahana seru untuk anak-anak dan keluarga. Mulai dari wisata edukasi melihat proses produksi teh, bersentuhan langsung dengan keindahan kebun teh di Bukit Kuneer, hingga bermain bersama wahana outdor.

Kebun Teh Wonosari Lawang merupakan salah satu dari sekian Wisata Agro milik PT Perkebunan Nusantara XII di Jawa Timur. Dari Surabaya jaraknya sekitar 60 km. Atau 30 km dari kota Malang.

Waktu saya ke sini sebelumnya, niatnya iseng untuk menghindari macet di jalan raya Lawang. Dan beneran, lho, daripada capek nerobos kemacetan lalu lintas yang super padat itu, saya memilih belok untuk menyegarkan diri sejenak ke Kebun Teh Wonosari.

Sudah pada tau belum lokasi Kebun Teh Wonosari?

Kalau sering jalan ke Malang harusnya tau, plang petunjuk arahnya kebaca juelas, kok. Kalau dari Surabaya, belokannya sebelah kanan jalan. Kalau dari Malang sebelah kiri jalan. Posisi jalan belokannya berseberangan dengan Stasiun Lawang. Bisa juga beloknya dari pasar Lawang. Udah, ikuti aja jalannya, ujungnya sampai, deh, di kebun tehnya.

Wisata edukasi ke Pabrik Teh Wonosari

Rombongan kami tiba di Wisata Agro Wonosari menjelang Maghrib. Setelah sholat, kami mengunjungi Pabrik Teh Wonosari untuk melihat proses produksi teh.

Wisata edukasi ini dibuka untuk umum, jadi siapapun boleh melihat proses produksi teh. Mulanya daun teh hasil petik dari kebun ditimbang lalu dihamparkan di atas mesin agar daun teh tidak menggumpal dan layu. Masanya sekitar 8-18 jam. Prosentase kelayuannya mencapai 68-72 persen.

Selanjutnya daun teh disaring hingga masuk ke dalam mesin fermentasi. Untuk sementara daun teh sudah bisa dipacking untuk proses kirim. Hasil produksi teh Rolas ada beberapa macam sesuai tingkat kualitasnya. Seperti ini:

Santai Sejenak di Tea House

Tea House semacam kafe yang ada di kawasan Wisata Agro Wonosari. Kita bisa memesan kopi dan teh produksi Perkebunan Nusantara XII.

Suasana Tea House sangat menyenangkan. Terdapat live music dan mural-mural indah seputar teh dan kenikmatannya.

Bukit Kuneer Kebun Wonosari

Menurut saya spot ini paling sempurna. Dipandang dari sudut mana saja, kawasan ini berpotensi besar mempercantik feed instagram.

Untuk mendapatkan momen spesial, paling bagus berangkat jam 4 pagi agar bisa tiba sebelum matahari terbit. Jangan kaget ya kalau kontur jalannya gronjal banget. Sebenarnya gak nyaman, tapi kalau saya, jalannya makin gronjal, makin alami suasana kebunnya, hehe

Diantara hamparan dedaunan teh, di spot ini kita bisa melihat aktivitas petani teh sekaligus belajar memetik teh dengan benar. Lebih unik lagi, Bukit Kuneer dilengkapi dengan jembatan kayu dengan sudut-sudut yang menarik buat swafoto.

Wisata Outbond

Belum selesai dengan Bukit Kuneer, masih ada wahana outdor yang seru seperti naik ATV, flying fox, keliling kebun teh dengan sepur kelinci, berkuda, paintball, motor trail, bersepeda gunung, dan arena bermain anak.

Kita juga bisa basah-basahan di kolam renang dan bermain sepeda air.

Saat kami di sana, ada rombongan besar dan kecil yang sedang melakukan kegiatan. Saya perhatikan tempat ini sangat cocok sebagai lokasi gathering atau sekedar kumpul-kumpul bersama rekan dan keluarga. Tempatnya luas, aman dari kendaraan, anak-anak bebas berlarian ke sana ke mari.

Rollaas Hotel & Resort

Saking banyaknya fasilitas yang disediakan oleh Wisata Agro Wonosari, manajemen menyediakan penginapan bagi pengunjung. Bangunannya modern dengan suasana tenang dan syahdu.

Rollaas Hotel tempat istirahat yang nyaman ditengah kesejukan udara perkebunan. Saat di dalam kawasan ini, saya seakan diajak menjelajah masa lampau. Sebagai info saja, Wisata Agro Wonosari adalah kebun peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1875 dan mulai ditanam tahun 1910. Jadi, gimana-gimana sentuhan Eropanya masih melekat sampai sekarang.

Saya kemarin nginap di kamar 206. Letak kamarnya di lantai 2 dengan view perkebunan. Menariknya, kamar di Rollaas Hotel tidak dilengkapi AC, namun udara di dalam ruangan seperti ada ACnya.

Ruang Meeting Rollaas Hotel

Jangan khawatir tidak mendapat kamar, Rollaas Hotel menyediakan 46 kamar hotel, 24 cottages dengan 81 kamar. Kalau berencana nginap bersama rombongan sebaiknya reservasi dulu.

Di dalam kamar disediakan complimentary berupa 2 botol air minum Rolas, sekotak teh celup bag 25, dan gula sachet.

Paket Tour Rollaas Wisata Agro Wonosari

Saking banyaknya wahana yang ada Wisata Agro Wonosari, manajemen membuat paket tour special untuk pengunjung Kebun Teh.

• Paket Edukasi
Tour Kebun dan kunjungan pabrik untuk melihat langsung proses produksi teh. Harga mulai 35K

• Paket Outbond
Paket outbond dimulai dari harga 150K. Flying Fox, Manjat Jaring, Buus, Kata Simon, Transfer Balok, Pindah Ban, dan masih banyak lagi.

• Paket Petik Teh
Paket petik teh ini peserta akan mendapatkan alat petik teh sekaligus tour kebun, tour pabrik, makan siang dan air mineral dengan harga 105K

• Paket Camping
Nikmati sensasi menginap di dalam tenda dengan udara perkebunan teh yang segar. Harga mulai 100K – 110K sudah termasuk lahan, tenda, api unggun, makan 3x

Banyak sekali paket-paket yang ditawarkan oleh Rollaas Wisata Agro Wonosari bagi pengunjung perorangan maupun rombongan.

Yang menarik minat saya salah satunya Wisata Petualang seperti di bawah ini:
– Sunrise tour per 2 jam berangkat jam 4 pagi Rp. 350.000,-
– Jeep Adventure + Include Tiket Bukit Kuneer Rp. 250.000,-
– Motor Trail 1x putaran Rp. 25.000,-

Masih ada paket-paket lain yang harganya terjangkau. Info lengkap kunjungi:

Website www.agro-ptpn12.com
Akun IG dan Twitter @Wisataagrowonosari
Facebook: Wisata Agro Wonosari
Telp: 08113637198 – 08113787779
Email: wonosari@agro-ptpn12.com dan wisataagrowonosari@gmail.com

3 thoughts on “Wisata Agro Wonosari Lawang, Surga Wisata Kebun Teh di Jawa Timur

  1. Aihhhh, sungguhlah mupeng habis pengen wisata ke sini sama keluarga. Itu jembatan di tengah kebun teh beneran deh, the best spot yang belum pernah aku lihat di kebun-kebun teh lain yang pernah aku kunjungi. Harus ke sana liburan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *