Blogging

Dbloggersuroboyo, komunitas blogger arek Suroboyo

DBlogger Suroboyo. Begitulah nama komunitas kami.

Sesuai huruf D yang ada didepan penulisan nama, komunitas ini dibentuk atas persamaan platform yaitu detik, yang berarti blogdetik.

Jika ada yang memiliki blog dengan platform blogdetik maka mereka semua sudah bisa disebut dblogger atau bloggerdetik. Keinginan para bloggerdetik untuk mengangkat potensi daerah agar memiliki komunitas sendiri itulah akhirnya kemudian muncul nama-nama komunitas seperti Dbloggersuroboyo, Dot Semarang (bloggerdetik Semarang), DTepian (bloggerdetik Samarinda), DPUMA (bloggerdetik pulau Madura) dan lain sebagainya.

Saya sendiri menjadi salah satu anggota dari komunitas dbloggersuroboyo.

Bermula dari aktivitas ngeblog di blogdetik saya kemudian diajak gabung dengan dbloggersuroboyo. Saya yang awalnya tidak biasa berkomunitas menjadi salah tingkah sendiri. Sempat saya berpikir berkomunitas itu nggak ada gunanya. Komunitas hanya sebagai ajang cangkruk dan ngobrol-ngobrol nggak jelas. Seiring perjalanan ngeblog akhirnya saya menyerah kalah. Saya harus angkat topi terhadap keberadaan komunitas. Pandangan tentang komunitas blogger turut diacungi jempol. Hanya karena gabung dengan komunitas, tak hanya blog saya saja yang eksis tetapi juga nama saya yang kemudian terangkat dengan sendirinya.

Meskipun berangkat dari aktivitas online, namun kami kerap mengadakan acara offline. Acara offline inilah yang menjadi titik pangkal keeratan hubungan. Kebiasaan blak-blakan dan saling samper pembicaraan menjadi hubungan kami seperti saudara. Diimbangi tipikal arek suroboyo yang ceplas-ceplos menjadi keunikan komunitas ini.

Jika diingat-ingat, sebenarnya ada beberapa komunitas blogger di Surabaya. Seperti TPC (TuguPahlawandotcom), Komunitas Blogger UPN, Komunitas Peniti, dan mungkin masih ada lagi tapi saya lupa namanya. Biasanya saya bertemu dengan anggota komunitas-komunitas ini ketika ada undangan atau even-even tertentu. Walau saling berbeda nama dan berseberangan visi misi tapi kami selalu akrab dengan mereka. Ya, keberadaan kami memang bukan atas dasar komunitas, tapi karena persamaan hobi yakni menulis dan ngeblog.

Seperti pengalaman yang pernah saya alami, gabung dengan komunitas itu mengasyikkan. Bukan hanya bisa tambah teman tapi juga menambah pengalaman dan kesan tersendiri. Banyak keuntungan yang didapat bila gabung dengan komunitas seperti misalnya ketika ada undangan launching produk dari sebuah perusahaan, maka komunitas akan mengirim perwakilan untuk berangkat kesana. Kesempatan seperti ini tidak akan bisa datang jika seorang blogger tidak bergabung dengan komunitas.

Barangkali ada yang bertanya, mengapa saya menulis tentang dbloggersuroboyo di blog ini, kenapa tidak di blog ceritayuni.blogdetik.com.

Alasan pastinya karena tulisan ini merupakan postingan tema yang dilempar oleh Liga Blogger Indonesia. Kebetulan blog ini yang saya daftarkan untuk even LBI putaran ke2 jadi sekalian saja saya promosikan komunitas dbloggersuroboyo. Siapa tau ada teman-teman blogger yang menggunakan platform blogdetik dan tinggal di sekitar Surabaya bisa bergabung juga. Tapi jika tidak menggunakan platform blogdetik dan ingin bergabung bersama komunitas dbloggersuroboyo, boleh-boleh saja asalkan membuat akun dulu di www.blog.detik.com

Untuk mengetahui berita terupdate bisa follow juga akun twitternya di @dbloggersby

Yuk, gabung di komunitas dbloggersuroboyo, biar makin eksis ngeblognya..

Foto diambil di Margo Utomo Plantation Banyuwangi
Foto diambil di Margo Utomo Plantation Banyuwangi

9 thoughts on “Dbloggersuroboyo, komunitas blogger arek Suroboyo

  1. mba Yuniiii…
    seru sekali emang kalo bisa kopdar bareng temen temen di komunitas yaaah…
    Dan denger2 gosip katanya kemaren ketemuan sama Surya juga yaaah?
    Duh, padahal aku kepengen banget deh kopdaran ama Surya tapi belum kesampean terus…hiks…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *