Konten Marketing sebagai tangan panjang pelaku usaha

Pernah nggak teman-teman menulis ulasan suatu produk?

Atau pernah nggak teman-teman merasakan produk tertentu dan kemudian menuliskan hasil pengalaman itu dalam blog?

Yap, dengan kata lain mereview produk!

Sengaja atau tidak sengaja seorang blogger pasti pernah mereview sesuatu. Tentang apa saja. Baik itu produk, jasa, makanan, tempat makan, tempat wisata atau apa saja. Contoh gampangnya saat kita jalan-jalan dan mengunjungi sebuah tempat wisata. Saking kagumnya dengan tempat wisata tersebut sepulang dari jalan-jalan blogger akan langsung post di blog tentang apa saja yang dilihat, dirasakan, dan pengalaman yang didapat disana.

Saya yakin ketika disebuah tempat wisata, blogger-terutama blogger travelling akan mencatat, setidaknya menghapal rute menuju ke sana sekaligus harga tiket dan fasilitas yang didapat. Dari sini saja postingan itu sudah bisa disebut dengan konten marketing, walau mungkin judul dan kategorinya masuk dalam wisata.

Atau contoh lain yang sering dialami blogger yaitu job review. Nah.. kalau ini mungkin lebih mudah memahaminya..

Dalam job review seorang blogger tidak diwajibkan merasakan dan mencoba dulu apa yang sedang ditulisnya. Sebab ini terkait dengan pekerjaan dan fee yang diterima. Namun bukan berarti blogger melakukan kebohongan publik sebab dalam tulisan blogger hanya menyampaikan pesan-pesan sponsor yang ada didalamnya.

Secara singkat arti konten marketing adalah tulisan yang ditulis seorang blogger dengan merujuk pada hal-hal yang berkaitan dengan perdagangan atau jasa. Dalam penulisan konten marketing ini blogger bebas berkreasi. Kecuali job berbayar dimana blogger sudah memiliki ikatan kontrak dengan pihak-pihak tertentu sehingga dalam tulisan blogger wajib mengikuti persyaratan yang diajukan.

Mengapa konten marketing berhubungan dengan blogger?

Dewasa ini jumlah blogger di Indonesia semakin meningkat. Peningkatan ini seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna social media di internet. Hal inilah yang memicu pelaku usaha untuk meminjam tangan blogger sebagai media promosi usahanya.

Cara ini sangat eektif sebab kedua belah pihak sama-sama diuntungkan. Blogger mendapat fee, pelaku usaha mendapat feedback dari pembaca.

Jadi, siapkah teman-teman blogger membuat konten marketing?

author
Author: 
loading...
  1. author

    loveadek3 years ago

    Judulnya menggunakan kata “tangan panjang” tak kira mau mengungkap misteri pencurian yang dilakukan para pelaku marketing. Hehe…

    Reply
  2. author

    MizTia3 years ago

    yup… sosmed penting juga buat promot ๐Ÿ˜€

    blogwalking kak, happy blogging ๐Ÿ™‚ .

    Reply
  3. author

    MizTia3 years ago

    komen saya udah masuk belum ya ๐Ÿ˜€ .. perasaan tadi komen ๐Ÿ˜€

    salam kenal ๐Ÿ™‚ .

    Reply
  4. author

    Amin3 years ago

    Pasti jawaban semua blogger siap saat awal membuat blog karena blog kebanyakan berisi review. Nah, kalau ada insentipnya siapa yang nggak mau? Nggak ada insentip aja mau-mau aja, bahkan tiap hari selalu produktif. Hayo…siapa yang mau aku review?

    Reply
  5. author

    Evi3 years ago

    Iya saya salah satu penulis konten marketing, Mbak Yuni. Walau yang ditulis dan riview adalah produk sendiri hahahaha..

    Reply
  6. author

    velli, md.3 years ago

    minta tips donk mbak, bagaimana cara mendapatkan job review itu?

    Reply

Leave a Reply