Blogging

Tebar Semangat Kebaikan Bulan Baik untuk Hidup Lebih Baik

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedehkan oleh tangan kanannya” (HR. Bukhari)

Bulan Ramadhan telah berakhir, namun kebaikannya masih terpampang nyata di dalam sanubari. Menjelang penutupan Ramadhan kemarin saya memaksa diri melaksanakan sholat tarawih di Masjid Istiqlal. Sungguh, cobaan ibadah sholat tarawih pada 10 hari terakhir benar-benar menyiksa keimanan. Butuh kesabaran tinggi untuk ikhlas beribadah.

Seminggu sebelum lebaran terus terang fokus ibadah saya pecah. Terawih mulai bolong-bolong, rutinitas baca kitab suci ‘senin kemis’ (baca=kalau ingat). Juga kebiasan-kebiasaan #JadiBaik pelan-pelan ikut terkikis, seperti jarang sholat jamaah di masjid dan aktivitas memasukkan rupiah ke dalam kotak infaq jadi berkurang.

Seperti yang disampaikan oleh Pak Ustad, Ramadhan 10 hari terakhir harusnya aktifitas ibadah semakin ditingkatkan karena rentang hari tersebut dosa-dosa manusia diampuni dan dibebaskan dari api neraka. Pada saat ini, seluruh umat muslim disarankan banyak-banyak mengerjakan amalan seperti sholat, dzikir, tadarus, dan bersedekah karena malam Lailatul Qadar telah menunggu.

Sedekah? Aduh, duit cashnya sudah ditukarkan dengan uang baru semua, nih..😫

Seperti yang saya alami ketika sholat taraweh di Masjid Istiqlal pada malam 29 Ramadhan. Karena buru-buru berangkat, saya kelupaan bawa uang tunai.

Sudah niat dari beberapa hari sebelumnya bahwa saya ingin menyempatkan tarawih di Istiqlal. Tapi, ya, namanya juga niat baik, godaan syetan lebih terkutuk hingga untuk berangkat saja langkah kaki terasa berat.

Berangkat, nggak, berangkat, nggak, berangkat, ngga…..

Saya tekadkan diri HARUS BERANGKAT! Saya tidak tau sampai kapan umur bertahan dalam kandungan badan. Sholat Tarawih tinggal sekali lagi masak ditinggalkan?

Jam 16.30 saya dan suami memacu kendaraan menuju Masjid istiqlal untuk mengejar waktu maghrib. Benar saja, masuk parkiran masjid, adzan sudah berkumandang. Setelah membatalkan puasa, segera saya mengambil wudhu dan melaksanakan sholat maghrib berjamaah.

Nggak lupa, foto dulu dong, hehe..

Ternyata sholat di Masjid Istiqlal menyenangkan. Jamaahnya datang dari seluruh penjuru dunia. Terbukti pada saat panitia mengumumkan jumlah infaq yang terkumpul, terdapat mata uang antara lain Ringgit Malaysia, $Brunei, Dirham, Lira Turki, $Singapura, Yuan, Euro, $Amerika, dan lain-lain.

Yang membuat saya malu diri, bahkan sepeser rupiah pun saya gak pegang. Astaghfirullah.. Dompet gak kebawa, lucunya saya bisa memegang HP dan kamera. Untung mukenanya gak ikut ketinggalan😰

Bersyukurnya saat itu saya melihat QR kode TCASH di Masjid Istiqlal. Subhanallah.. meski tidak memiliki uang tunai, sedekah tidak sampai ketinggalan. Ramadhan hampir berakhir, woi!

Dengan aplikasi TCASH Wallet, saya cukup men- SNAP –kan kamera ke arah QR kode.

Taraaa, transaksi berhasil!

Mudahnya transaksi digital #PakeTCASH

Bertransaksi menggunakan TCASH sudah lama saya gunakan, namun baru sekali itu saya kepentok dengan keadaan tidak ada sepeser rupiah pun di saku. Saya baru menyadari bahwa perkembangan teknologi uang elektronik dewasa ini levelnya sudah naik pada tingkat KEREN. Saat tidak membawa ATM, saat dompet ketinggalan, keberadaan smartphone masih bisa diandalkan.

TCASH merupakan inovasi Telkomsel untuk memudahkan transaksi digital di era modern. TCASH berupa uang elektronik yang fungsinya sama dengan uang tunai dan dapat digunakan sebagai alat transaksi yang sah.

TCASH telah terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia sehingga sudah dipastikan aman digunakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

TCASH membantu siapapun saat ‘krisis’ uang tunai, hanya dengan smartphone, segala transaksi bisa dilakukan.

TAP dan SNAP, 2 Cara Transaksi pada Merchant TCASH

Sudah mudah, masih saja dipermudah. Seperti itulah kinerja TCASH. Pun cara mengaplikasikannya sama-sama tidak ruwet. Bayar Merchant cukup TAP atau SNAP!

1. TCASH TAP dengan stiker NFC

Cara bayar menggunakan fitur TCASH TAP, cukup dengan menempelkan stiker NFC yang ada di smartphone pada mesin EDC Merchant. Selanjutnya masukkan PIN, dan transaksi telah berjalan sukses.

Pembeli akan mendapatkan struk dan notif SMS

2. TCASH SNAP

Download aplikasi TCASH Wallet, kemudian pindai QR Code menggunakan aplikasi dengan kamera Smartphone. SNAP, transaksi berhasil.

Setiap apapun fitur yang digunakan, dan setiap apapun transaksi yang dilakukan, pengguna akan mendapatkan notifikasi berupa SMS.

Cara Memiliki TCASH

Semenjak Smartphone saya terdapat stiker NFC, banyak teman bertanya pada saya seputar TCASH dan manfaatnya. Jadi, daripada saya jawab satu persatu, saya tuliskan saja ya secara gamblang cara menggunakan TCASH.

Sebelumnya tentukan dulu, mau cukup pakai aplikasi TCASH Wallet saja atau pengen menggunakan stiker NFC. Mau pakai dua-duanya juga boleh, seperti saya. Bagi saya, Smartphone yang ada tempelan stiker NFC satu level lebih tinggi tingkat kekerenannya, hehe..

Cara Mendapatkan Stiker NFC dan fitur TCASH TAP

1. Datang ke GraPARI dan mendaftar sebagai pengguna TCASH. Bagi pengguna Telkomsel, stiker NFC bisa didapatkan secara gratis.
2. Aktivasi stiker dapat dilakukan dengan bantuan Customer Service atau dilakukan sendiri dengan cara ketik *800*80*12 Nomor Serial*6digitPIN#
3. Dapatkan 12 Nomor Serial dibelakang stiker TCASH
4. Notifikasi aktivasi akan dikirim melalui SMS.

Aktivasi NFC phone juga bisa dilakukan dengan smartphone android. Caranya download aplikasi TCASH Wallet lalu pilih menu TCASH TAP. Aktifkan fitur NFC dan 6 digit PIN. Ikuti petunjuk dan dapatkan notif SMS bahwa stiker telah aktif

Aplikasi TCASH Wallet dan fitur TCASH SNAP

1. Download aplikasi TCASH Wallet di Playstore
2. Isi data diri sebagai syarat pendaftaran pengguna TCASH Wallet
3. Login masukkan 6 digit PIN TCASH Wallet
4. Selesai

Cara isi TCASH

TCASH adalah uang elektronik, jadi untuk menggunakannya, pengguna TCASH harus memiliki saldo. Cara pengisian saldo TCASH mudah, kok. Ada beberapa cara, yaitu:

1. Datang ke GraPARI untuk mengisi saldo
2. Transfer via rekening Bank dengan ATM, Mobile Banking atau Internet Banking
3. Melalui pembayaran tunai di gerai Alfamart/Indomaret

Kebaikan transaksi #PakeTCASH

Setiap inovasi yang diciptakan, pasti mengandung kebaikan dan manfaat bagi orang banyak. Begitupula TCASH, sejak menggunakannya, telah banyak manfaat yang saya dapat:

1. Alat Bayar yang Praktis,
hadirnya TCASH, kini tidak rumit lagi bongkar-bongkar uang cash beserta isi tas.

2. Mengandalkan Smartphone, jaman digital seperti sekarang, HP pun bisa ‘mengeluarkan uang’ dan mampu untuk bayar-bayar belanja. Caranya pun sangat gampang. Ingat Belanja, Ingat Smartphone, lah! 😁

3. Untungnya Banyak, bayar dan belanja sesuatu menggunakan TCASH berkesempatan mendapatkan diskon, bonus, hingga cashback. Sangat cocok bagi Ibu-ibu yang menginginkan potongan belanja dobel-dobel, hehe.. Kayak sayaaaa😁

4. Mudah Digunakan, ketika sedang diburu waktu, TCASH mempermudah penyelesaian transaksi. Tinggal TAP atau SNAP! Gak sampai 2 menit, transaksi selesai.

5. TCASH Aman, Saldo didalam TCASH dijamin aman karena telah terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia. Dengan TCASH, tidak usah lagi membawa banyak-banyak uang cash yang memicu orang berbuat jahat.

6. Belanja jadi nyaman, Kadang saya merasa sebal saat belanja gak ada kembaliannya. Maksa minta pun, paling dikasihnya permen. Agar hati nyaman, lebih baik saya bayar pakai uang pas via TCASH.

#JadiBaik di Bulan Baik bersama TCASH

Dibulan baik, kebiasaan jelek harus diubah menjadi lebih baik. Yang sebelumnya malas ke masjid, jadi rajin datang ke masjid.

Termasuk melakukan sedekah. Bila sebelumnya harus bongkar-bongkar dompet dulu buat cari uang untuk sedekah (entah yang dicari yang nominal paling besar atau paling kecil, hehe) dengan TCASH biarkan Smartphone dan jempol yang melakukannya.

Jika bershodaqoh tidak ingin terlihat oleh tangan kiri, TCASH media beramal tanpa diketahui orang lain

Tak hanya bisa beramal, TCASH memudahkan segala aktivitas belanja, bayar tagihan, membeli pulsa, atau traktir teman tak lagi repot buka-buka dompet. Dengan TCASH Mudah, Aman, Praktis!

Ada nasihat Rasulullah yang mengatakan,
“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya” (HR. Muslim)

Kata orang bijak, niat yang baik akan mendapatkan hasil yang baik. Begitupula saat berbuat baik kepada orang lain, ada kebaikan yang akan datang menghampiri. Seperti saat saya membeli sesuatu di Merchant TCASH, secara tak terduga, datang SMS yang mengabarkan bahwa akun TCASH saya menerima cashback dengan nominal tertentu. Duh, senangnya, ibaratnya perbuatan baik dibalas dengan kebaikan secara tunai. Bukan lagi besok atau nanti, tapi sekarang!

TCASH memberikan banyak kebaikan. Mulai dari Buy 1 Get 1, potongan harga, harga spesial pembelian produk tertentu, hingga Cashback rupiah dari berbagai Merchant TCASH. Bahkan bayar parkir saja bisa dapat diskon 50%!

Sekarang macam Merchant TCASH makin beragam seperti beli tiket nonton, naik transportasi online, beli makan, beli jajanan, isi bahan bakar SPBU, belanja supermarket, beli token listrik, dan yang seru bayar tagihan bebas dari biaya admin.

Tips Berbuat Baik yang paling sederhana untuk kehidupan Lebih Baik

1. Niat berbuat baik
2. Jangan menunda melakukan perbuatan baik
3. Selalu menjaga pikiran tetap positif, berusaha menganggapi sesuatu dengan santai dan tidak emosi
4. Menjaga senyum dan ramah kepada siapa saja
5. Menjaga perasaan orang lain baik melalui tutur kata maupun perbuatan
6. Menjaga waktu ibadah, begitu terdengar adzan langsung mengambil wudhu.
7. Berupaya membahagiakan orang lain misalnya mentraktir teman, mengirim uang kepada orang tua, mengisi pulsa orang terdekat, hingga membayar tagihan tepat waktu. Manfaatkan TCASH untuk segalanya #JadiBaik

Mau hidup lebih baik, yuk tebar kebaikan agar menjadi manusia yang baik.

4 thoughts on “Tebar Semangat Kebaikan Bulan Baik untuk Hidup Lebih Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *