Kuliner

Puasa sehat dan semangat dengan konsumsi buah bersertifikat GLOBAL GAP

Hitungan hari lagi, bulan Ramadhan menjelang. Acara megengan sudah menjajah musholla dan masjid dengan kue apem, pisang serta nasi tumpengnya. Tak ketinggalan di kampung RT saya, semua keluarga sejak hari Minggu kemarin tiap maghrib berbondong-bondong membawa nasi kotak untuk didoakan di musholla yang kemudian dibagi-bagikan kepada warga.

Bancakan teruuss tiap hari, lalu bagaimana dengan niat puasa sehat dan tetap semangat? Mari saya kenalkan dengan buah bersertifikat GLOBAL GAP yang baik dikonsumsi selama bulan Ramadhan, cocok untuk buka puasa maupun sahur!

“Apa bedanya buah dengan sertifikat GLOBAL GAP dan yang tidak bersertifikat?”

Pertanyaanmu sama dengan yang kupikirkan kemarin saat belum diajari seluk beluk produk buah yang memiliki sertifikat GAP. Serius, aku gak mbujuk!

Aku belajar tentang buah bersertifikat Global GAP saat Sunpride mengadakan meet up bersama Fruitaholic Surabaya di The Goods Dinner Cafe seminggu yang lalu. Acaranya seru, seperti biasa, kami kenyang makan buah-buahan Sunpride.

Image: Rahmah Chemist

Yo, wes, tak jelasno dhisek tentang sertifikat GLOBAL GAP sebelum bahasan kita mengalir menuju muara topik Puasa sehat dan semangat dengan konsumsi buah bersertifikat GAP.

GAP adalah kepanjangan dari Good Agricultural Practice. Yaitu Sistem sertifikasi produk yang menerapkan pendekatan sistem produksi untuk memastikan keamanan produk buah segar untuk dikonsumsi. Di seluruh dunia terdapat lebih dari 100 negara dan berjumlah sekitar 94.000 produser telah memiliki sertifikat GLOBAL GAP.

Sementara di Indonesia sendiri kita telah memiliki 6 produser, diantaranya 4 berasal dari industri perikanan, 1 dari perkebunan strawberry dan 1 adalah perkebunan Sunpride di Lampung.

Buah-buahan Sunpride yang baik dikonsumsi saat buka puasa dan telah memiliki sertifikat GLOBAL GAP di Indonesia adalah sebagai berikut:

Pisang Cavendish

Pisang adalah buah mengenyangkan. Teksturnya lembut sangat bagus untuk menetralisir lambung.

Pisang Cavendish Sunpride sendiri memiliki manfaat konsumsi baik. Mengandung Vitamin B6 dan FE (Zat Besi). Manfaat lainnya dapat membantu pencernaan, menormalkan fungsi jantung, dan menurunkan resiko kanker.

Pisang Cavendish Sunpride ditanam dengan bibit pilihan dan memiliki kualitas baik. Memiliki banyak varian yang aman dikonsumsi.

Nanas Honi

Nanas Honi Sunpride memiliki kadar air tinggi sehingga bagus dikonsumi saat buka puasa. Dipotong-potong aja atau diolah menjadi minuman membantu menyegarkan tenggorokan. Nanas Honi kaya akan vitamin C. Zat spesial Bromelain baik untuk pencernaan dan dapat meredakan batuk berdahak.

Kenikmatan lain yang didapat dari Nanas Honi memiliki rasa manis, mudah dikupas, dagingnya renyah dan sedikit serat.

Guava Crystal

Guava Crystal mengandung serat tinggi yang berfungsi memperlambat rasa lapar dan memberikan perasaan kenyang lebih lama. Guava Crystal baik dikonsumsi saat sahur. Potasiumnya membantu menambah energi, antioksidan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Ketiga buah Sunpride di atas; Pisang Sunpride, Nanas Honi dan Guava Crystal telah mengantongi Sertifikasi Global GAP dengan nomor 4056186911537. Pengecekan dapat dilakukan melalui link https://database.globalgap.org/globalgap/search

Penilaian Buah-buahan Sunpride yang baik dikonsumsi saat buka puasa sesuai sertifikasi GLOBAL GAP adalah sebagai berikut:

1. Sertifikasi Sistem Keamanan Pangan yang dinilai Bebas Residu Pestisida, Logam Berat, dan Formalin.

2. Bebas GMO (Genetik Modified Organism), menggunakan bibit yang terjamin aman, tidak menggunakan praktek rekayasa genetik yang berbahaya.

3. Produk bersertifikasi Global GAP memenuhi kualifikasi ekspor. Buah buah Sunpride berkualitas tinggi sehingga diterima di pasar dunia.

4. Penerapan praktek budidaya yang ramah lingkungan dan Bertanggung Jawab secara Sosial.

5. Keselamatan & Kesejahteraan Tenaga Kerja mendapat perlindungan memadai

6. Produk Sunpride bisa ditelusuri kapan dipetik, ditanam sehingga bila ada keluhan bisa dicari akar masalahnya

Buah-buahan Sunpride yang bersertifikasi GLOBAL GAB ditanam di kebun milik sendiri yang berada di Lampung Timur dengan lahan seluas 3,700 Hektar yang dikelola oleh PT Great Giant Pineapple yang telah dikenal sebagai salah satu perkebunan berkelas dunia dan berstandard Internasional.

Pengakuan Perkebunan berkelas dunia ini dibuktikan dengan sertifikasi Internasional Global Agricultural Practive (GAP) untuk menghasilkan buah berbaik kualitas ekspor.

Nah, besok udah puasaan. Sudah nyetok buah apa aja di kulkas, Rek?

One thought on “Puasa sehat dan semangat dengan konsumsi buah bersertifikat GLOBAL GAP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *