Review · Women Techno

Aplikasi Kumparan, Baca Berita sekaligus ber-Medsos

Aplikasi Kumparan, Baca Berita sekaligus ber-Medsos – Beberapa hari ini saya keranjingan membaca berita di aplikasi online Kumparan. Aplikasi berita yang konon digawangi oleh Pak Budiono Darsono bersama rekannya Abdul Rahman dan Calvin Lukmantoro.

Ada yang asing dengan nama Budiono Darsono?

Iya, Budiono Darsono..

Tampilan Muka Aplikasi Kumparan

Yang tau nama beliau berarti kalian para generasi friendster yang dulunya rajin chatting pakai YM! 😁

Sudah cukup lama, sih, saya mendengar media bernama Kumparan cuman biasa ajalah nanggepinya. Pikir saya, apa sih yang dihebatin oleh sebuah aplikasi berita. Paling gitu-gitu aja tampilannya. Hari gini, tuh, banyak aplikasi berita baru bermunculan dan rata-rata ‘jualan judul’ buat mancing orang download.

Trus kok kemudian saya bisa keranjingan?

Haaiii, blogger juga manusia. Setahan-tahannya tidak perdulikan kabar hoax, dalam kasus-kasus tertentu saya tertarik juga mengeklik link berita yang dishare oleh teman-teman. Minimal tidak ketinggalan obyek viral, deh..

Berawal baca berita di situs kumparan.com, kemudian saya tak segan mendownload aplikasinya. Dugaan saya kliru, ternyata Kumparan berbeda dengan media-media berita yang sudah lebih dulu beredar.

Baca-baca berita via aplikasi menurut saya lebih nyaman. Apalagi Kumparan ini punya segudang kategori berita.

Saat pertama kali berkenalan dengan Kumparan, nuansanya terasa berbeda. Susunan kalimat yang digunakan sebagai judul berita terbaca kalem dan tak begitu provokatif. Aneh juga, sih, ketika di mana-mana media berlomba membuat judul clickbait, kumparan malah ‘santai’. Dan saya justru tertarik untuk ngeklik judul beritanya satu persatu.

Baca-baca berita di Kumparan sangat tenang dan nyaman. Kita gak perlu grusa-grusu ngeklik halaman bersambung karena dalam Kumparan satu berita dapat dibaca sampai tuntas.

Aplikasi Kumparan, Baca Berita sekaligus ber-Medsos

Jadi sebenarnya Kumparan itu apa, aplikasi berita atau media sosial?

Tunggu dulu!

Gini-gini.., Kumparan adalah aplikasi berita. Di sana terdapat banyak sekali kategori dari mulai politik, olah raga, gosip, hingga berita-berita hiburan lainnya. Akan tetapi, sebagai konsumen, kita diberi kesempatan untuk turut menyampaikan opini pribadi dalam aplikasi tersebut.

Masih bingung dengan penjelasan saya? Hehe..

Saya yakin teman-teman paham, cuman pada ngerasa aneh aja ya, kok ada aplikasi berita yang memberikan fitur seru macam gini. Itulah alasan saya mendownload aplikasi Kumparan. Fitur yang selama ini tak saya temukan di aplikasi berita lain.

Gampangannya gini, aplikasi Kumparan mewadahi jurnalis dan netizen ‘akur’ dalam satu tempat. Keduanya bak simbiosis mutualisme yang saling memenuhi kebutuhan satu sama lainnya.

Jika jurnalis memiliki tempat untuk menayangkan kabar berita, di Kumparan, pembaca bebas mengunggah opininya sebagai netizen jurnalisme. Tentu saja keduanya mendapat jatah pembaca yang sama.

Seruu, diam-diam nama saya numpang eksis, hehe..

Pilih Topik Berita Sesuka hatimu

Usai download aplikasi Kumparan, saya diminta memilih media di Kumparan agar halaman beranda saya nantinya terlihat menyenangkan. Media-media itu adalah:

kumparanSPORT – Berisi informasi dan ulasan menarik semua jenis olahraga

kumparanSTYLE – Mengulas dinamika lifestyle hingga mancanegara

kumparanTECH – Ulasan gadget, game, dan isu teknologi informasi

kumparanTRAVEL – Berisi informasi perjalanan

Millennial – Ulasan tentang gaul, fun, dan kekinian

Dan saya memilih kumparanSTYLE, kumparanTECH, dan kumparanTRAVEL.

Di halaman selanjutnya saya diajak memilih topik favorit. Terdapat puluhan topik yang bebas dipilih. Mau ambil semua topik bisa aja, pokoknya minimal 1. Saya dong klak-klik langsung dapat 14 topik, hehe..

Selanjutnya logiiinnn..
Pilih mana, login dengan facebook atau login dengan google? Yuk monggo..

Nulis Status, Like, Komen, Follow!

Selayaknya social media, di aplikasi Kumparan teman-teman bisa menulis status serta mengunggah foto. Bisa juga like berita-berita di Kumparan atau komen-komen status milik teman.

Fiturnya mirip punya Facebook. Berasa facebook ganti warna template! Haha..

Lagi asyik-asyiknya ngoprek aplikasi Kumparan, saya menemukan halaman kosong semacam notes. Ada bagian untuk nulis judul dan upload foto.

Namanya juga coba-coba, saya buatlah sebuah tulisan panjang. Ecek-eceknya curhaat, hehe..
Dan taraa, tulisan saya tayang di halaman Kumparan.

Melihat aplikasi Kumparan yang ‘antik’ ini saya jadi menarik kesimpulan bahwa sudah saatnya media online melakukan terobosan baru yang menguntungkan masyarakat. Syukur-syukur mereka dilibatkan secara langsung untuk menyampaikan ide maupun opininya. Bukan tanpa alasan, kesebaran berita bohong saat ini sudah cukup meresahkan.

Kalau teman-teman ingin mendapatkan suasana feed yang segar dan ‘adem’ cobalah unduh aplikasi Kumparan via Google Playstore.

Bagi pengguna iPhone silakan unduh aplikasinya di App store iOS Kumparan. Downloadnya cuma 7,7 MB aja, kok! Siapa tau dapat teman ngobrol yang mengasyikkan!