Bisnis

Mengajukan KTA Tanpa Kartu Kredit Secara Online, Bagaimana Caranya?

Urusan pinjam-meminjam dana, kini banyak sekali jenisnya, salah satunya Kredit Tanpa Agunan atau yang lebih dikenal dengan sebutan KTA. Produk perbankan yang satu ini memang cukup laris manis dan banyak diajukan oleh orang yang butuh dana segar.

Alasannya sederhana, KTA tidak membutuhkan atau membebankan jaminan apa pun kepada debitur sebagai syarat pengajuan. Prosesnya juga cepat dan tanpa survei. Akan tetapi suku bunga yang ditawarkan relatif tinggi. Biasanya, untuk KTA, pihak bank hanya akan mengecek dan mempertimbangkan kapasitas debitur untuk membayar kredit dari histori kredit sebelumnya.

Meskipun tanpa agunan, hampir semua bank mewajibkan kepemilikan kartu kredit selama 1 tahun kepada calon debitur sebagai syarat pengajuan KTA. Hal inilah yang seringkali menjadi batu sandungan bagi para calon debitur untuk mengajukan KTA. Tidak adanya kartu kredit membuat KTA seringkali tak dapat diproses.

Tapi, nggak perlu khawatir. Kini, telah ada inovasi bentuk KTA baru yaitu KTA tanpa kartu kredit. Ya, saya perjelas Tanpa Kartu Kredit!

Kok bisa? Gimana caranya?

KTA tanpa kartu kredit

Tentu saja bisa! KTA ini umumnya sama dengan KTA biasa atau reguler. Bedanya, selain tanpa kartu kredit, KTA ini bisa juga diajukan oleh kamu yang belum pernah punya histori kredit.

Salah satu perusahaan penyedia fasilitas pinjaman KTA tanpa kartu kredit adalah Kredivo. Tapi, bukan dalam bentuk uang tunai, melainkan dalam bentuk pinjaman atau plafon kredit online dengan limit hingga Rp 20 juta yang bisa digunakan untuk membayar barang belanjaan kamu di toko online.

Persyaratan & cara mendaftar KTA tanpa kartu kredit

Dana tunai memang pasti dibutuhkan, tapi, di era peralihan gaya berbelanja dari toko konvensional ke toko online sekarang ini, menjadikan belanja online dengan cara kredit tanpa kartu kredit memiliki urgensi yang sama pentingnya, lho.

Sederhananya begini, kalau kamu mengajukan KTA agar mendapatkan dana tunai untuk membeli sebuah produk, dengan Kredivo, kamu tinggal pilih produknya di toko online, dan bayar dengan limit kredit yang kamu punya di dalam aplikasi. Nggak perlu repot-repot tunai atau transfer. Tinggal potong limit kredit aja!

Nah, pertanyaannya, apakah kamu sudah memenuhi 3 poin singkat di bawah ini?

1. Warga negara Indonesia berusia minimum 18 tahun
2. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, dan Medan
3. Berpenghasilan minimum Rp. 3.000.000,-

Kalau sudah, selamat! Artinya, kamu sudah bisa mendaftar dan mengajukan pinjaman online tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit dengan Kredivo. Cara mendaftarnya juga semudah menghitung 1, 2, 3. Satu menit untuk daftar, 2 klik untuk beli barang, dan 30 hari hingga 12 bulan untuk bayar.

Caranya pun mudah, tinggal mengunduh aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store lalu daftar, deh. Setelah masuk, akan ada dua opsi cicilan yang diberikan yaitu “Bayar dalam 30 hari” atau “Cicilan”. Pilih opsi yang paling sesuai dengan kondisi cashflow kamu sekarang. Biar aman, pastikan juga rasio utangmu nggak lebih dari 30% total penghasilan, ya.

Semua proses pendaftarannya serba online via aplikasi. Calon pendaftar KTA cukup menyiapkan foto KTP, bukti alamat, dan bukti penghasilan, lalu upload dan tunggu proses approvalnya. Atau kalau ingin lebih cepat, sambungkan akun ecommerce dan akun internet banking yang dimiliki. Gampang, kan!

Cicilan 30 hari bunga 0% & Cicilan 3, 6 dan 12 bulan bunga 2,95%

Salah satu keuntungan KTA tanpa kartu kredit ini adalah proses approval dan pemberian limit kreditnya relatif cepat, hanya 1 x 24 jam. Selain itu, suku bunganya juga terbilang rendah dan bersaing dengan perusahaan penyedia jasa KTA lainnya.

Kalau bisa bayar kredit dalam rentang 30 hari sejak transaksi, kamu nggak akan dibebankan bunga apa pun, alias 0%. Sementara, kalau pilih tenor cicilan 3, 6, atau 12 bulan, suku bunga per bulannya adalah 2,95%.

Untuk pilihan tenor cicilan 3, 6, dan 12 bulan, minimum transaksi belanja adalah Rp 1,5 juta ke atas. Kalau terlambat bayar cicilan bulanan, akan dikenakan biaya tambahan sebesar 3%. Simulasi cicilannya pun akan diberikan di awal secara transparan saat memilih metode pembayaran cicilan.

Apakah ada biaya administrasi atau biaya tambahan yang besar?

Tentu aja nggak, dong. Nggak ada uang muka, DP, biaya administrasi, biaya tambahan, atau pun biaya tahunan yang dibebankan kepada kamu.

Kredivo juga bekerja sama dengan BFI Finance dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tentunya sangat kredibel dan terpercaya. Nggak cuma itu, Kredivo juga bekerja sama dengan lebih dari 100 e-commerce ternama Indonesia untuk menyediakan fasilitas pembayaran barang dengan cicilan tanpa kartu kredit.

Saat ini banyak modus mencurigakan terkait KTA tanpa kartu kredit yang penyedianya meminta biaya administrasi yang cukup besar di muka. Kalau menemukan yang kayak gini, kamu harus hati-hati, ya. Biar aman, mending beralih ke yang pasti-pasti aja, deh.

Apakah Aman? Bagaimana cara membayar cicilannya?

Tentunya aman. Dari segi data, semua data pribadi pengguna dienkripsi sehingga terjamin keamanannya. Dari segi transaksi, kamu akan diminta login, memasukkan email, password akun, hingga memasukkan nomor OTP yang dikirimkan otomatis lewat sms saat kamu melakukan transaksi. Ini bisa mengamankan akun kredit kamu agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Untuk membayar cicilan, kamu tinggal mengatur sendiri histori kreditmu di bagian dashboard aplikasi layaknya jurnal pribadi. Di sana akan muncul sisa limit kredit, daftar produk yang sudah kamu beli dengan cicilan, dan tagihan per bulannya.

Dahulukan membayar cicilan produk yang sudah akan jatuh tempo, jangan sampai telat, ya. Saat memilih pembayaran, kamu akan diberikan nomor virtual account khusus untuk dimasukkan melalui ATM, m-banking atau internet banking saat transfer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *