Blogging · Wajah Surabaya

Ngurus sendiri Perpanjangan STNK 5 Tahunan dan Ganti Plat Nomor Kendaraan di Surabaya, ini Proses dan biayanya!

Hari ini lagi-lagi saya sambang ke Kantor Samsat Surabaya Selatan untuk ngurus sendiri Perpanjangan STNK 5 tahunan dan Ganti Plat Nomor Kendaraan Bermotor Roda 2 keluaran tahun 2007 milik saya.

Kalau dibilang males, sesungguhnya cukup malesin. Kalau ada tempat pembayaran lain selain Samsat untuk Perpanjangan STNK dan Ganti Plat Nomor Kendaraan Bermotor Roda 2, mungkin saya lebih prefer kesana. Atau ginilah, bayar pajak dan keseluruhan tanggungan dibayar via transfer bank, ke Samsatnya hanya tinggal ambil Plat Kendaraannya. Mungkin lebih ringkes.

Karepe dewe, trus gimana dengan berkas-berkasnya? Ya sekalian diurus saat pengambilan plat nomor, hehe..

Ya, sih, untuk penggantian STNK Kendaraan membutuhkan gesek rangka, ditakutkan motornya gak sesuai spesifikasi, tetapi suer, apa nggak bisa dibuat lebih praktis lagi, gitu?

Untuk saya yang kebiasaan bayar-bayar via transfer, agak rumit kalau harus bawa uang cash. Mendingan Samsat menyediakan mesin EDC, ATM aja jauh. Kalaupun ada yang deket banknya bukan B*A.

Ngurus sendiri Perpanjangan STNK 5 tahunan dan Ganti Plat Nomor Kendaraan Bermotor tidaklah rumit kalau dilakukan dengan niat dan senang hati. Saya datang ke Samsat sekitar jam 1 siang. Beruntung, loket pengambilan formulir masih buka. Dipapan tertulis tutup jam 13.30. Sebelum mengambil formulir, langkah pertama yang dilakukan adalah minta stempel STNK lama ke tempat pengecekan fisik sambil menunjukkan kendaraan yang platnya akan diganti.

Setelah mendapat stempel, langkah selanjutnya mengambil formulir di loket formulir sambil menunjukkan STNK, BPKB, dan KTP ASLI.

Untuk pelayanan awal saya kasih jempol deh, selain Bapak petugasnya ramah, wajahnya juga full senyum. Apa yang saya butuhkan, dengan sigap dikasih tanpa banyak komentar. Ketakutan akan rayuan maut agar menggunakan jasanya (baca = calo), gak sampai terjadi. Saya percaya Bapak seramah itu gak mungkin merangkap jadi calo.

Padahal lho ya, ngurus sendiri Perpanjangan STNK dan Ganti Plat Nomor Kendaraan Bermotor seperti ini bukan pertama kali ini saya lakukan, tapi tetap saja, bayangin Samsat, bayang-bayang calo sudah muncul begitu aja. Apakah teman-teman juga merasakan hal serupa?

Setelah mendapat formulir, harusnya saya menuju ke loket penyerahan cek fisik, namun karena bagian pengecekan fisik sebentar lagi tutup, petugas disana menyarankan saya untuk langsung ke cek fisik dulu.

Di tempat pengecekan fisik, saya menyerahkan formulir kosong. Belum saya isi blas! πŸ˜€

Untung petugasnya sigap, salah satu dari mereka langsung memegang motor saya dan menggesek rangka motor.

Nah, bagian ini yang paling saya nggak suka! Andai saya boleh ngecek sendiri, mau deh saya gesek sendiri. Soalnya apa, selesai gesek rangka, Pak Petugas dengan bisik-bisik ngomong gini, β€œIni yang gesek gak dikasih apa-apa, nih?”

Lhaa, Paak. Mintanya dikasih apaa?

Sejujurnya pertanyaan ini membingungkan. Kata-kata seikhlasnya cukup susah dideskripsikan. Padahal harusnya gak boleh ngasih, kan? Akhirnya saya bilang, 5 ribu gapapa?. Bapaknya tetep aja bilang seikhlasnya. Karena gak ada duit 5000-an, saya serahkan aja 2000-an 3 lembar.

Sebelum menyetorkan berkas, lebih dulu saya isi formulirnya. Isiannya banyak, tapi gampang kok, jawabannya tinggal nyontek tulisan yang ada di STNK.

Oya, syarat untuk mengurus Perpanjangan STNK dan Ganti Plat Nomor Kendaraan Bermotor Roda 2 di Surabaya yang perlu disiapkan adalah:

1. BPKB asli
2. STNK Asli
3. KTP Asli yang namanya tercetak sama di BPKB dan STNK
4. Ketiga syarat diatas difotocopy 2 KALI. Catat 2 KALI. Sebaiknya persiapkan dari rumah biar gak antri lama nungguin fotocopy.

Setelah semua lengkap, semua berkas itu diserahkan ke loket Layanan Cek Fisik untuk diperiksa. Selanjutnya baru masuk ke gedung untuk dilakukan penerbitan TNKB.

Tunggu sebentar, selanjutnya nama kita akan dipanggil oleh kasir.

Saya lupa kalau pajak motor naik. Untung tadi berangkat mampir ATM dulu ambil duit lebih buat jaga-jaga kalau ada biaya tambahan. Dan, duit jaga-jaganya itu kepakai juga buat bayar πŸ™

Rinciannya:
Pajak Kendaraan Bermotor Rp. 142.500 (disesuaikan tahun dan jenis motornya)
Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) Rp. 35.000
Biaya Penerbitan STNK roda 2 Rp. 100.000
Biaya Penerbitan TNKB Rp. 60.000
Total jadi Rp. 337.500

Motor usia 10 tahun saya pajak 5 tahunnya kena hampir 350 ribu rupiah, huahhh.. haloo, apa kabar pajak motor baru? πŸ˜€

Ngurus sendiri Perpanjangan STNK 5 tahunan dan Ganti Plat Nomor Kendaraan Bermotor Roda 2 di Surabaya Selatan layanannya cukup memuaskan. Jaminan pengurusan 60 menit selesai benar-benar terbukti. Beda banget dengan kondisi 5 tahun lalu yang sampai menunggu 3 jam saking banyaknya antrian. Kondisi Samsat menurut saya juga bersih dari calo yang berkeliaran. Entah kalau diluar kantor Samsat, ya. Di dalam area Samsat gak ada orang yang tidak berpakaian seragam berkeliaran. Tapi tetap selalu waspada ya kalau-kalau ada orang tak dikenal mendekat. Segera hindari kalau mereka mulai mengeluarkan jurus rayuan maut. Mending ngeluarin duit 5 ribu buat beli air minum daripada menyerahkan duit puluhan ribu buat bayar jasa calo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *