Kuliner

Launching Colatta Fineza, Sweetoday Colatta & Haan Social Media berbagi kebahagiaan di kota Surabaya

Bulan September kemarin ada even manis di kota Surabaya. Sebuah acara tempat Colatta Lover berkumpul dan berbagi cerita bersama. Mereka bersatu dan bergembira dalam balutan sesi bertajuk Sweetoday Colatta & Haan Social Media Sharing of Delight

Dengar brand Colatta, penggemar cokelat tentu nggak asing lagi. Apalagi untuk mereka yang suka membuat olahan cokelat, pasti hapal sampai luar dalamnya.

Sebagai pecinta cokelat, Colatta buat saya ibarat sahabat kental. Sekental ketika coklat blok dilelehkan. Jangan tanya aromanya, apalagi rasanya. Saya kerap colak-colek coklat lumer hangat yang baru lepas dari kompor. Lembutnyaaa tak terkira.. dan manisnya luezaaattt…

Mango Pudding Panna Cotta

Acara berlangsung di Wok n Tok Resto, Yello Hotel Jemursari, Surabaya. Kurang lebih 60 –an orang lah berkumpul mengikuti gahering Sweetoday. Rata-rata pesertanya adalah Ibu-Ibu penghobi baking dan penggiat wirausaha. Beberapa diantaranya pecinta pastry & bakery. Kayaknya hanya saya aja deh peserta yang hobi icip-icip, haha..

Hmm, slurrpp!

Peserta yang hadir ini terpilih dari ratusan peserta yang mendaftar. Mereka tidak hanya dari Surabaya saja, tetapi sekitar Surabaya hingga Malang.

Udah pernah dengar Sweetoday? Atau sudah akrab dengan komunitasnya?

Kalau panjenengan hobi uplek di dapur dan suka bikin-bikin kudapan lezat, sepertinya sudah mengenal Sweetoday..

Tentang Sweetoday

Almond Florentine

Sweetoday merupakan kegiatan gathering yang pesertanya terdiri Colatta Lover, yakni dari orang-orang yang aktif di social media, terutama mereka yang rajin berbagi ilmu per-bakingan, penyuka pastry and bakery. Juga pelaku pebisnis rumah tangga semacam UKM.

Tau sendiri rasanya. Ngobrolin putaran dapur itu amat sangat menyenangkan. Bahas-bahas resep, tips trik membuat kue anti bantat, gimana cara agar pastry anti gagal. Dan saya yakin banyak orang yang belum tau gimana cara melelehkan coklat dengan benar. Kayak saya ini.. jangankan melelehkan coklat, hobi ngumpulin resep kue aja udah bagus! Saat ditanya, kapan bikinnya? Jawabannya cukup 3 karakter, TAR! (baca: enTAR) 😀

Marsmallow Fiesta

Gathering Sweetoday diselenggarakan oleh PT Gandum Mas Kencana, produsen cokelat brand Colatta dan produk berbahan dasar powder yang terkenal dengan tepung premix Haan serta bubuk cokelat Bendico.

PT Gandum Mas Kencana (GMK) sejak tahun 1985 terus menunjukkan eksistensinya di industri makanan hingga kini berkembang menjadi pengekspor cokelat yang merambah beberapa negara di Asia, Afrika, dan Eropa.

Di Surabaya, gathering Sweetoday adalah even yang 4. Bulan Mei lalu Sweetoday ke 3 berlangsung sukses di Jakarta.

Jam 12 siang, satu demi satu peserta berdatangan. Agar hebohnya masif dan terstruktur, para Ibu-Ibu dipersilakan makan siang dulu sembari diiringi lantunan alat musik masa kini.

Emm, omong-omong vokalisnya, suaranya mirip banget dengan suaranya Afgan. Atau Ari Lasso, ya? Pokoknya tiap lagunya siapa, suaranya mirip sama penyanyi aslinya gitu deh! Saya yang sibuk foto makanan jadi gak fokus moto, sini malah ikut-ikutan nyanyi! Haha.

Kilas Balik Produk Colatta, Haan dan Bendico

Pembuka sesi disampaikan oleh Bapak Pak Iman Setia, Creative&Corporate Communications Manager PT Gandum Mas Kencana. Pak Iman menyampaikan bahwa produk PT Gandum Mas Kencana seperti Colatta, Haan dan Bendico sudah dipasarkan secara luas baik di Supermarket maupun Minimarket untuk memudahkan konsumen berbelanja.

Sebagai info, sepinya industri makanan rumahan berpengaruh pada kualitas bahan. Pernah, kan, membuat kue hasilnya bantat? Padahal resep, ukuran, dan teknik sudah sesuai petunjuk. Bahkan Chef berkelas pun masih mengakui membuat kue dan pastry gampang-gampang sulit. Nenek saya menambahkan, jadi tidaknya kue berpengaruh pada suasana hati pembuatnya. Nah!

Hazelnut Chocolate Chiffon

Keadaan inilah yang dibaca oleh Gandum Mas Kencana. Pasar berkembang, ide dan tren bertumbuh, konsumen kian membutuhkan produk yang spesifik. Bahwasanya Industri makanan membutuhkan bahan baku berkualitas!

Didukung oleh teknologi tinggi, tim riset dan quality management, Gandum Mas Kencana berusaha memenuhi kebutuhan konsumen. Tentu saja diimbangi dengan harga yang bersaing.

Mengedepankan misi: Menyenangkan dan memuaskan orang melalui produk makanan dan minuman serta layanan terkait, sesuai kebutuhan setiap pelanggan, Gandum Mas Kencana menyediakan produk Coklat Compound, Vla Mix, Puding Mix, Ice Cream Mix, Whipped Cream, Cocoa Powder dan lain sebagainya.

Launching Colatta Fineza

Sementara Ibu Sri Utami selaku Marketing Manager PT Gandum Mas Kencana memperkenalkan produk cokelat terbarunya yaitu Colatta Fineza.

Colatta Fineza adalah Colatta compound chocolate yang diformulasikan khusus untuk kreasi rumah tangga. Terbuat dari cokelat berkualitas yang mudah diaplikasikan untuk hiasan kue, baik itu dicetak, diserut, atau sebagai isian kue.

Beberapa keunggulan menggunakan Colatta Fineza:

• Mudah diolah
• Penampilannya mengkilat
• Dapat dimakan langsung
• Rasa lebih lezat
• Kemasan praktis dan modern

Workshop Photography

Rupanya gathering Swetoday disetting paket lengkap. Nggak sekedar omong-omongan tanpa juntrung, tapi juga diisi ilmu yang bermanfaat. Umumnya nih, umumnya.. Ibu-Ibu kalau sudah berkumpul kan nggosip, di Sweetoday gak ada kesempatan untuk bahas sana-sini yang nggak penting. Seperti sesi yang muantap banget ini, workshop photography!

Hae, dimana-mana workshop kayak gini itu berbayar, lho! Buat peserta Sweetoday dikasih gratis aja.. lumayan daripada lu mangap, eh.. 😀

Workshop photography Sweetoday dibawakan oleh Mbak Puji Rahayu. Blogger yang merangkap Foodstylist dan Foodphotographer. Beliau adalah pemenang Lomba Kreasi Colatta pada tahun 2016 yang berdomisili di Malang.

Menggunakan smartphone, Mbak Puji mengambil objek foto Claypound dan Coconut Hokaido Chiffon.

Dalam materinya, Puji Rahayu tidak mengedepankan perangkat. Foto bagus tidak selalu memakai kamera DSLR. Selama sudut pengambilannya bagus dan tidak goyang, hasil kamera smartphone pun hasilnya akan bagus. Untuk menuju bagus, harus belajar, belajar, dan terus belajar..

Mendengar wejangan Mbak Puji, seluruh peserta pun kepo ingin mencoba ilmu secara langsung. Jadilah suasana riuh dengan berebutan objek foto.

Baking Demo bersama Chef Deni dan Chef Dino

Baking Demo menjadi sesi penutup sebelum akhirnya bagi-bagi doorprize. Saat itu Chef Deni kebagian membuat Clay’Pound. Nggak usah baca yang rumit-rumit, baca aja deh Klepon, beres! Haha..

Jangan salah, lho, penulisan nama yang kreatif kayak Klepon jadi Clay’Pound bisa jadi harganya 30 ribu isi 3 biji. Bandingkan dengan Klepon biasa yang wadahnya pakai daun pisang, seporsi harganya 3 ribu saja hehe

Kreatifnya, Chef Deni membuat Clay’Pound pakai isian cokelat. Bukan gula merah yang suka muncrat digigitan pertama..

Saya kan suka nyimpen resep kue yang gak pernah dipraktekkan. Biar makin afdhol, saya bagi dah resepnya ke teman-teman. Setidaknya kalau kalian praktek, saya kebagian diundang icip-icip gituu.. 😀
Catet lho ya. Catet!

Resep Clay’Pound a la Chef Deni

Untuk 25 pcs

Bahan Kulit:

250 gr Tepung Ketan
(Glutinous Rice Flour)
50 gr Tepung Beras
(Rice Flour)
235 ml Air
8 gr Garam
±2½ gr Pasta Pandan
±2½ gr Pasta Strawberry

Bahan Filling:

75 gr Fineza Dark Compound,
Chopped into small pieces

Bahan Coating:
25 gr Kelapa parut kering
(Dessicated Coconut)

Proses:

• Campur semua bahan kulit, uleni hingga adonan kalis dan halus.
Bagi adonan menjadi 2 (@270 gr):
Adonan 1: tambahkan dengan pasta pandan
Adonan 2: tambahkan dengan pasta strawberry
• Timbang adonan @ 20 gr, padatkan hingga membentuk bulatan.
• Isi dengan bahan filling (@ 3 gr), padatkan dan bulatkan kembali. (bisa disimpan di chiller)
• Masukkan klepon dalam air mendidih selama ± 3 menit atau hingga klepon mengapung, setelah mengapung, biarkan selama ± 1 menit, angkat dan tiriskan
• Proses coating dengan kelapa parut kering, sajikan

Note:
• Aplikasi ini cocok untuk dessert menu di segment cafe/resto karena cara penyajian bisa dengan last minute method. Lihat langkah ke-3. Karena penyajian clay’pound disarankan dalam kondisi hangat. It would takes 5-6 minutes since taking order.
• Untuk rasa lemon pada bahan kulit, selain pasta lemon perlu ada penambahan yellow food colouring untuk mendapatkan warna kuning yang sesuai.
• Untuk produksi massal, pada langkah ke-2 sebelum proses filling, tutup dengan plastik, supaya tidak kering, hal ini akan mempermudah proses rounding (bentuk bulat) di langkah ke-3.
• Bahan Coating sedikit banget untuk 25 pcs, setelah ditimbang kenyataannya hanya 1 gr/pcs. Try then if curious
Resep Coconut Hokaido Haan Chiffon a la Chef Dino

Bahan:

1 pack Haan chiffon pandan cake mix
9 pcs Kuning telur
60 ml Air
90 ml Minyak sayur
9 pcs Putih telur
75 gr Gula pasir

Cara membuat:

Kocok haan chiffon cake mix, kuning telur, air, dengan hand mixer kecepatan tinggi selama 10 menit.
Tambahkan minyak sayur kedalam adonan, kocok dengan kecepatan rendah selama 1 menit.
Kocok putih telur dan gula sampai mengembang kaku.
Setelah itu campurkan adona haan chiffon dengan kocokan putih leur sampai tercampur rata.
Masukkan kedalam cup. Isi dengan filling. Panggang dengan suhu 165 – 175 ‘c. selama 30 menit atau sampai matang. (tambahkan lab/kain basah diloyang, kemudian letakkan cup diatas lab basah, trs oven) Dinginkan, sajikan.

Bahan filling:
500 gr Santan kara
100 gr Air
4 pcs Daun pandan
½ sdt Garam
150 gr Gula
4 pcs Kuning telur
20 gr Haan maizena

Cara membuat:

Rebus santan, gula, daun pandan, garam, gula sampai mendidih.
Matikan api, masukkan kuning telur, aduk rata, masukkan haan maizena, saring.
Dinginkan dan siap digunakan.

Launching Colatta Fineza, Sweetoday Colatta & Haan Social Media berbagi kebahagiaan di kota Surabaya sangat ramai dan meriah. Semua orang bersuka cita dan bersenang-senang. Dapat ilmu baru, teman baru, dan tentu saja semua bawa pulang coklat baru Colatta Fineza.. hmm, sedaappp!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *