Prenagen Pregnancy Educational Journey (PPEJ) 2017 dan Hallobumil persembahkan Terbaik untuk yang Teristimewa kepada Ibu Hamil

“Mbak, makasih ya sudah jenguk di Rumah Sakit. The Power of Friendship, sekarang aku sudah baikan”

Sebuah pesan saya terima dari seorang teman beberapa hari lalu via aplikasi chatting.

Hampir satu bulan lalu saya menjenguk teman yang mengalami preeclampsia di kota Malang. Saat diijinkan bertemu dengannya di ruang ICU, kami hanya bisa beratatapan mata lama. Saya sulit mengungkapkan perasaan karena melihat kondisinya, teman saya juga sulit berkata-kata karena ada alat yang membuat dirinya kesulitan membuka bibir. Sungguh, tidak menyangka bahwa efek penyakit yang terjadi karena tekanan darah naik saat hamil bisa begini mengerikan.

Syukur Alhamdulillah, kondisi teman saya sekarang sudah baik. Setelah ‘menginap’ 21 hari di Rumah Sakit, Ia sudah bisa memeluk bayi mungilnya. Betapa terharunya ketika dia memposting gambar kaki sang bayi yang lucu dan imut-imut di social media. Sangat Istimewa!

Pentingnya Kesehatan Plasenta bagi Ibu Hamil dan Janin

Surabaya, 30 Juli 2017 lalu, saya hadir di acara Prenagen Pregnancy Educational Journey (PPEJ) 2017 di Dyandra Convention Centre. Hari Minggu yang berkualitas karena even ini setiap tahun selalu menambah pengetahuan saya seputar kehamilan.

Seolah menjawab rasa penasaran saya tentang preeclampsia yang diderita teman saya, acara PPEJ 2017 menjelaskan mengenai pentingnya kesehatan Plasenta pada Ibu Hamil.

Dijelaskan oleh dokter Boy Abidin, SpOG(K), Ahli Kebidanan dan Ginekologi, dalam interaktif Talkshow yang dimoderatori oleh Mona Ratuliu, seorang Parenting dan artis, bahwa peran plasenta dalam kehamilan sangat penting.

Plasenta adalah penghubung antara Janin dengan Ibu yang harus dijaga kesehatannya selama masa kehamilan, karena plasenta memberikan dampak jangka panjang terhadap si kecil, Your are WHAT your mother eat

Dampak Gangguan Plasenta pada Kehamilan dapat mengakibatkan Preeclamsia, Diabetes Melitus Gestasional, Prematuritas, dan Kematian Janin.

Plasenta sebagai Organ Nutrisi ibu dan janin

dokter Boy Abidin, SpOG(K)

Dalam kehamilan, plasenta berfungsi sebagai organ nutrisi sehingga untuk ibu hamil sudah menjadi KEHARUSAN menjaga kesehatan plasenta.

Cara kerja nutrisi yang dikonsumsi oleh Ibu yaitu nutrisi akan melewati plasenta dan akan dialirkan ke tubuh Janin, sehingga pemilihan nutrisi yang spesifik harus diperhatikan selama masa kehamilan demi kesehatan ibu dan janin.

Kebutuhan nutrisi ibu hamil tidak sebatas vitamin dan mineral tertentu saja, namun masih banyak yang lainnya. Kendaraan yang baik untuk membawa zat nutrisi pada ibu hamil adalah minum susu khusus ibu hamil.

Selain dampak buruk, Plasenta juga memiliki peran yang sangat penting dalam kehamilan, antara lain:

1. Membawa zat nutrisi dan oksigen kepada janin
2. Membangun zat beracun
3. Mekanisme Imunologi (kekebalan tubuh)
4. Produksi hormon untuk perkembangan janin

Selain diatas, plasenta sangat berperan terhadap pembentukan sistim saraf dan mekanisme transpor DHA

Dampak Nutrisi Ibu Hamil terhadap Pembentukan Sistim Saraf dan Tumbuh Kembang Anak

Kehamilan adalah Anugerah Terindah dari Sang Pencipta. Nutrisi yang dijaga dengan baik selama 1000 Hari Pertama Kehidupan memberi dampak terhadap kesehatan ibu dan janin.

dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA(K)

Dijelaskan oleh dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA(K), Spesialis Saraf Anak RS Hermina Jatinegara, pembentukan perkembangan saraf berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Tumbuh didefinisikan bertambahnya ukuran fisik, Berat Badan, tinggi badan, dan lingkar kepala. Sedangkan Kembang bertambahnya kemampuan struktur dan fungsi tubuh, Motorik kasar, motorik halus, bahasa, persona – sosial

Tumbuh kembang bisa dipengaruhi oleh faktor Internal seperti genetik, ras, usia, dan jenis kelamin. Sedangkan faktor eksternal dipengaruhi oleh nutrisi, lingkungan, penyakit, dan stimulasi.

ASI dan pengaruh pembentukan sistim saraf pada anak

Jika plasenta adalah nutrisi ibu hamil, maka ASI adalah nutrisi terbaik untuk anak yang baru lahir.

ASI sangat mempengaruhi pembentukan sistim saraf pusat pada anak. Dalam fase pembentukan sistim saraf seorang bayi membutuhkan semua asupan nutrisi seperti Laktosa, Protein, LC-PUFA, Koline, Zink, Vit A, Vit B, Vit CDE, Selenium, dan Yodium.
– Karbohidrat dapat membentuk Laktosa yang berfungsi sebagai Mielinisasi
– Lemak dapat membentuk :
Kolesterol yang fungsinya Mielinisasi
arachidonic acid (AA) dan docosahexanoid acid (DHA) berfungsi untuk proses penerimaan rangsang dan penghantam listrik di sel-sel saraf
Omega 3 dan 9 berfungsi untuk pembentukan AA dan DHA
Kolin berfungsi sebagai Neurotransmitter

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa:

Laktosa terbukti membantu pembentukan memori jangka panjang
Pemberian Kolin dalam masa perkembangan otak mempengaruhi fungsi memori
Anak kekurangan zat besi pada umur 6 bulan memperlihatkan mielin kurang sempurna sehingga perkembangan anak terlambat
Kekurangan Yodium: IQ rendah, retardasi mentalKolostrum pada ASI juga mengandung kolesterol tinggi sebagai penunjang pembentukan mielin.

Sudah jelas bahwa untuk membentuk anak yang sehat dan cerdas, seorang Ibu harus memulainya dari 1000 Hari Pertama Kehamilan hingga Menyusui.

Olahraga untuk Ibu Hamil

Adianti Reksoprodjo menjadi instruktur Senam Prenafit

Kata orang tua saya dulu, kalau lagi hamil harus banyak gerak biar bayinya aktif. Kalau ngepel kudu melantai supaya bayinya gak sungsang.

Benar tidaknya, perkataan orangtua masih berlaku, lho, sampai saat ini. Banyak olahraga saat hamil merupakan kunci utama menjaga kesehatan janin dan mendapatkan persalinan lancar.

Tidak hanya persalinan saja usaha yang membutuhkan kemampuan fisik, masa pemulihan pasca kelahiran saat mengurus bayi juga butuh tuntutan.

Untuk meningkatkan aktifitas gerak saat hamil, PPEJ 2017 Surabaya mengajak para Ibu Hamil untuk melakukan senam PRENAFIT secara bersama-sama dengan instruktur Adianti Reksoprodjo.

Manfaat Senam PRENAFIT untuk Ibu Hamil


Senam Prenafit adalah senam khusus untuk Ibu hamil dan ibu pasca melahirkan yang bermanfaat untuk pernafasan, menguatkan otot panggul, otot perut dan paha yang dibutuhkan Ibu saat dan pasca melahirkan.

Senam Prenafit mmebantu ibu beristirahat dengan tenang, mencegah kenaikan berat badan berlebih, meningkatkan stamina dan kekuatan otot yang dibutuhkan saat menjalani proses persalinan, kemungkinan mengurangi resiko terjadinya diabetes gestasional dan tekanan darah tinggi pada saat hamil, dapat mengurangi resiko bayi lahir dengan berat berlebih dari rata-rata.

Manfaat Senam PRENAFIT bagi Bayi

Ibu yang rajin melakukan senam Prenafit memberi manfaat yang baik kepada bayi, diantaranya menurunkan resiko obesitas pada bayi kemudian hari dikarenakan ketika lahir kadar lemak tubuh bayi tidak berlebihan (Clapp, 1998), bayi lebih tenang, memiliki skor kecerdasan umum yang lebih tinggi dan kemampuan bahasa lisan yang lebih baik sampai ke usia 5 tahun (Clapp, 1998)

Senam Prenafit ini senam praktisdan bisa dilakukan di rumah. Namun perlu dicatat, jika melakukan senam hamil perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Selalu dengarkan badan ketika ibu berolahraga
2. Berhenti jika ibu merasa pusing, sakit dada, atau merasa lemah
3. Hubungi dokter dan berhenti olahraga ketika terjadi spotting
4. Berhenti dan beristirahatlah ketika sulit bernapas
5. Jangan berolahraga ketika ada pembengkakan di kaki

Tamu Istimewa PPEJ 2017 Surabaya, Dari Wakil Gubernur hingga Artis

Dalam setiap even, Prenagen Pregnancy Educational Journey selalu menghadirkan tamu istimewa. Sesuai tema PPEJ 2017, Terbaik untuk yang Teristimewa, PPEJ 2017 di Surabaya dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Bapak Saifullah Yusuf.

Tamu istimewa lain yang juga hadir adalah penyanyi dan artis, Andien. Andien merupakan brand ambassador Prenagen. Dalam kesempatan itu Andien hadir bersama suaminya, Ippe, dan si baby Askara Biru alias Kawa.

Gus Ipul, Wakil Gubernur Jawa Timur memberikan sambutan

Dalam sambutannya, Gus Ipul (panggilan beliau), menekankan kepada ibu hamil di Jawa Timur agar menjaga kesehatan selama hamil. Beliau bahkan mendukung kegiatan mengenai edukasi seputar kehamilan seperti even PPEJ yang tengah berlangsung. Disampaikan beliau, bahwa Jawa Timur menjadi salah satu propinsi dengan laju pertumbuhan penduduk terbaik di Indonesia.

Dalam sesi Talkshow, Andien berkolaborasi bersama suaminya menceritakan masa-masa indah kehamilannya. Sama seperti yang dirasakan para ibu hamil, pada trimester pertama Andien juga mengalami mual. Untuk mengatasi rasa mual itu, Andien mengkonsumsi Prenagen Emesis.

Suami Andien, Ippe, menambahkan, ketika istrinya hamil Ia selalu memberikan dukungan penuh. Segala yang dibutuhkan Andien, Ia berusaha membantunya.

Karena merupakan kehamilan pertama, Andien sering berkonsultasi dengan dokter pentingnya nutrisi saat hamil. Saat ini Andien masih aktif sharing dengan teman-temannya membicarakan seputar kehamilan dan menyusui.

Rangkaian Prenagen dengan formula Prenapro sebagai solusi nutrisi Ibu dan Janin pada 1000 Hari Pertama Kehidupan

Untuk mendukung nutrisi ibu hamil konsumsi susu lebih baik daripada suplemen. Mengapa?

– Susu mengandung Makronutrisi (Karbohidrat, Rndah Lemak, Protein)
– Selama Hamil, Ibu membutuhkan tambahan 300-400 kcal
– Makronutrient memberikan Kalori 160 Kcal/serving, dibutuhkan untuk tambahan kalori selama Hamil. 2x sehari atau mengganti makanan pengganti ketika susah makan
– Susu Hamil merupakan vehicle baik buat beberapa makronutrient seperti penyerapan B6 harus ada Protein, Kalsium harus ada Laktosa
– Susu lebih mudah diminum, lebih comply dibandingkan pil atau tablet
– Kandungan nutrisi telah disesuaikan khusus buat Ibu dan Janin

Memenuhi kebutuhan Ibu Hamil dan menyusui sebagai pelengkap nutrisi ibu dan janin pada masa 1000 Hari Pertama Kehidupan, Prenagen hadir dengan formula terbaru, PRENAGEN PRENAPRO.

Rangkaian produk Prenagen dengan formula Prenapro dirancang sesuai Standart Nasional Indonesia (SNI) dengan varian terlengkap.

1. Prenagen Esensis
Susu rendah lemak sebagai Nutrisi untuk persiapan Kehamilan.

Mengandung Asam Folat, Zinc, Kalsium, Fosfor Magnesium, Vit D, Protein & Mikroenkapsulasi Zat Besi, Sumber Serat, Omega 3&6.

2. Prenagen Mommy Emesis
Nutrisi Kehamilan Mengurangi Mual Muntah

Mengandung Vitamin B6 dan Protein yang telah teruji klinis dapat mengurangi mual muntah diawal kehamilan.

3. Prenagen Mommy
Nutrisi Masa Kehamilan

Mengandung Asam Folat, Mikroenkapsulasi Zat Besi, Vit B12 untuk pembentukan sel darah merah, Sumber serat untuk meingkatkan asupan serat pangan harian, Kalsium, Magnesium, Fosfor, Vit D untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin serta mempertahankan kepadatan tulang ibu, Asam Folat untuk mencegah resiko cacat tabung saraf otak, Omega 3 dan 6 untuk perkembangan otak, fungsi otak dan tumbuh kembang janin.

Prenagen Mommy tersedia kemasan UHT untuk konsumsi Ibu dimana dan kapan saja.

4. Prenagen Lactamom
Nutrisi Masa Menyusui

Nutrisi untuk meningkatkankualitas dan kuantitas ASI dengan Asam Folat, Kalsium, Fosfor, Magnesium dan Vit D, Protein & Mikroenkapsulasi Zat Besi, Sumber Serat, Omega 3&6 untuk perkembangan otak si kecil

5. Prenagen Juice

Sari buah Asli Pomegranate dan Anggur. Sumber Asam Folat dan Tinggi Vitamin C.
Prenagen Juice dapat diminum selama masa persiapan kehamilan, hamil, dan menyusui.

Rangkaian PPEJ 2017 Surabaya Terbaik Untuk yang Teristimewa

Ada begitu banyak informasi yang ditebar pada Prenagen Pregnancy Educational Journey 2017 di Surabaya. Tidak terbatas pada talkshow saja, tetapi ada booth yang memberikan banyak informasi tentang kehamilan.

Saya rasa PPEJ tahun ini pesertanya membludak. Sebelum masuk ke venue utama, booth-booth dipenuhi oleh ibu hamil. Ada yang sendiri, ada yang bersama calon Ayah.

Pada tahun 2017 ini, Surabaya menjadi kota ke 3 yang menjadi pilihan pelaksanaan Prenagen Pregnancy Educational Journey. Sebelumnya telah dilakukan pada 8 April di Pullman, Jakarta dan 6 Mei di Hotel Royal Ambarukmo, Jogjakarta.

Kegiatan PPEJ 2017 Surabaya merupakan salah satu rangkaian kampanye ‘PRENAGEN Peduli, Ibu Sehat Indonesia Sehat sebagai bentuk apresiasi kepada jutaan ibu hamil. Prenagen sebagai ahlinya nutrisi Kehamilan dan Menyusui ingin selalu menjadi ‘Sahabat Terbaik’ menemani para calon orang tua dalam menjalankan perannya, dan memberikan edukasi secara berkelanjutan.

PPEJ 2017 juga sebagai bentuk kepedulian PRENAGEN dalam menyadarkan para calon orang tua bahwa pentingnya nutrisi sangat berdampak pada kesehatan Ibu dan Kehidupan si Kecil dan pada akhirnya membantu menurunkan angka kematian Ibu melahirkan di Indonesia.

Bump to Birth Corner

Bidan Evita sedang menjelaskan cara merawat bayi

Booth ini memberikan edukasi kepada ibu hamil cara merawat bayi dengan baik dan benar.

Dipandu oleh Bidan Evita, seorang midwifepreneur yang sudah puluhan tahun memberikan edukasi kepada para ibu yang baru melahirkan dan menyusui.

Dengan telaten dan sabar, Bidan Evita mempraktekkan bagaimana cara memandikan bayi yang baru saja lahir, mengajari cara memijit bayi, menunjukkan cara memperlakukan bayi dengan baik dan hati-hati menggunakan sebuah boneka.

Bump to Birth Consultation

Kegiatan di booth Bump to Birth Consultation

Di Booth ini ibu hamil bisa konsultasi dengan dokter dan bidan secara pribadi. Tidak hanya konsultasi, tetapi langsung bisa cek tensi darah.

Bump to Birth Nutrition

Booth yang dipandu oleh Chef Eddrian memukau para pengunjung. Pagi itu healthy lifestyle Chef itu mengolah buah-buahan menjadi smothies. Resep sederhana namun kaya nutrisi.

Smothies buah oleh Chef Eddrian dicampur dengan produk Prenagen. Yang pertama smothies buah pepaya dengan Prenagen Mommy rasa coklat, dan resep kedua menggunakan Jus Prenagen rasa Delima dan Anggur.

Hallobumil Aplikasi Pendamping Kehamilan

Sekarang ibu hamil memiliki pendamping setia yang sangat dekat. Dengan smartphone, ibu hamil bisa mendapatkan ragam informasi perkembangan kehamilan.

Aplikasi Hallobumil

Nama aplikasi Hallobumil. Aplikasi ini memberikan informasi kepada ibu yang sedang hamil tepat pada waktunya. Aplikasi ini dikembangkan oleh PT Cakra Radha Mustika bekerja sama dengan tim medis berpengalaman yang memahami perjalanan kehamilan.

Aplikasinya unik, lho. Kita seperti diajak ngobrol dengan si kecil. Ada beberapa fitur yang disediakan oleh aplikasi Hallobumil yaitu:

Timeline Kehamilan, fitur ini memberikan ‘akses’ si kecil kepada bundanya tentang informasi sesuai usia kehamilan
Artikel, terdapat kumpulan artikel kehamilan yang disusun sesuai dengan usia kehamilan.
Kontrol Kehamilan, Bunda dapat melakukan pemeriksaan yang dilengkapi dengan informasi terkait kondisi Bunda
Album Foto, ini yang paling keren, Bunda dapat mengumpulkan album perjalanan kehamilan melalui fitur ini.

Ini chattingan saya di aplikasi Hallobumil

Buat ibu hamil yang ingin merekam jejak kehamilan mulai 1000 Hari Pertama Kehamilan harus install aplikasi ini di smartphone. Membantu bangeet! Untuk mengunduh aplikasi Hallobumil klik www.hallobumil.com/android

Ibu Hamil pun ramai-ramai download aplikasi Hallobumil

Banyak keseruan yang dibagikan dalam acara PPEJ 2017 di Surabaya. Sebelum acara berakhir, seluruh hadirin bersama narasumber melakukan mannequin challenge. Untuk mengenang seluruh rangkaian acara, Ibu bisa mengambil gambar di booth foto dengan hasilnya bisa dibawa pulang.

Para narasumber ikutan mannequin challenge bersama para ibu hamil

Kehamilan adalah momen paling indah yang dialami para calon ibu saat menantikan kehadiran sang buah hati. Oleh karena itu berikan kepadanya sesuatu yang Terbaik dan Teristimewa!

9 thoughts on “Prenagen Pregnancy Educational Journey (PPEJ) 2017 dan Hallobumil persembahkan Terbaik untuk yang Teristimewa kepada Ibu Hamil

  1. Pre ekslampsi nyeremin banget, mbak… Kudu waspada sedari dini. Itulah pentingnya nutrisi, kalau seimbang inshaAllah gak ada penyulit kehamilan…

    Saya udah donlot hallo bumil, keren dan lucu isinya. Hihi

  2. Dua kali hamil saya selalu minum susu prenagen rasa coklat. Pas hamil pertama nyoba2 susu yang enak dan kandungan nutrisinya bagus buat bumil dan cadebay…(maklum termasuk bukan penyuka susu) dan pilihan jatuh pada prenagen. malah sekarang ada jus nya pula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *