Beauty · Women Interest

Pengalaman beli Emas di Lelang Pegadaian

Apa yang ditunggu saat hari Jumat? Jreng.. jreng.. beli emas di Lelang Pegadaian, yuhuuuuuu…..!

Sejak kapan saya lupa, dua minggu sekali menjelang hari Jumat, HP saya selalu mendapat kiriman SMS dari Pegadaian yang berbunyi:

HADIRI BAZAAR LELANG EMAS PEGADAIAN MURAH & BISA DICICIL.
JUM’AT, 14 JULI 2017
(08.30 – 15.00)
DI PEGADAIAN DINOYO TANGSI 79 SURABAYA

Mulanya merasa SMS ini gak penting, makin kesini justru saya semakin semangat menunggu datangnya pemberitahuan tersebut. Yaa, walaupun gak selalu beli emas, keliling diantara etalase perhiasan emas membuat hati sangat bahagia.

Boleh dikata saya terlambat menyadari investasi emas sangat menyenangkan. Saya yang sejak dulu ‘benci’ dengan perhiasan emas, sekarang jadi ketagihan.

Saya yang sejak dulu nggak suka memakai perhiasan, sampai sekarang pun tetap nggak suka, haha..

Trus ngapain beli emas di lelang pegadaian? cuma buat simpanan, ajaa… Beli lelang emas gak melulu perhiasan, justru carinya yang emas batangan.

Kembali ke cerita pengalaman beli emas di Lelang Pegadaian..

Namanya lelang, barang yang dijual tentu saja barang bekas pakai orang. Mau cari apa aja ada. Cincin, Kalung, Giwang, Gelang, hingga emas batangan. Beratnya dari yang satu gram hingga 50 gram.

Gak punya duit buat beli? Bisa kok dicicil.

Pengalaman saya beli emas di Lelang Pegadaian hari Jumat minggu lalu, misalnya..

Sebelum mengadakan acara lelang, Pegadaian selalu mengirimkan SMS pemberitahuan bazaar lelang setiap hari Rabu. Kalau nggak ada SMS jangan nekat datang, soalnya pasti kecele, lelangnya tutup.

Jumat pagi jam 9 saya datang ke kantor Pegadaian sesuai cabang yang telah di SMS-kan. Saya datang pagi supaya bebas milih perhiasan emas. Masih pagi ada aja barang yang unik-unik macam emas antam 2 gram, 3 gram, dan 5 gram. Percaya saya, emas antam adalah produk yang paling laris di buru orang. Kalau gak cepetan ‘simpan’, keburu diambil orang. Orang beli antam kayak beli kentang, beneran! Kalau perlu royokan sama pembeli lainnya.

Jumat kemarin saat melihat, memilah, dan memilih perhiasan, saya ditawari cincin emas bermata berlian. Percaya nggak, berliannya gak diitung dalam berat cincin! Jadi kayak permata emas biasa begitu, gak dianggap apa-apa.

“Emang kalau mata berlian ada hitungannya, Mas?” tanya saya ke petugas.
“Harusnya ada, mbak. Kebetulan juru taksir pegadaian tidak ngecek detail kalau mata cincin itu berlian. Dikiranya mata biasa yang dari kaca”

Karena kebetulan cincin itu pas di jari saya, ya udah bungkus aja. Padahal sih maunya ambil yang batangan, huhu…

Suasana lelang emas pegadaian. Harus sabar saat berbagi etalase dengan pengunjung lain

Harga jual di lelang pegadaian gimana?

Jelas dong lebih murah dari harga toko.

Saya contohkan saja, per hari Jumat kemarin saya cek di website, harga emas logam mulia Antam per gram Rp. 582.000,-, dan harga emas Logam Mulia Pegadaian Rp. 593.000,-. Sedangkan harga jual emas logam mulia di lelang pegadaian per gram dijual dengan harga Rp. 530.000,-. Hitung sendiri selisihnya, ya.. 😀

Harga emas tangggal 14 Juli 2017

Cincin mata berlian yang saya beli beratnya 2,56 gram kadar emas 75% jatuhnya Rp. 1.018.000 (per gram dihitung Rp. 397.500) Harusnya Rp. 1017.600 (dibulatin keatas)

Aduh, duit saya kurang buat beli emas. Gimana, dong?

Beli emas di lelang pegadaian bisa kok dicicil. Pembeli hanya diminta bayar DP lalu sisanya dicicil perbulan. Tenornya 3, 6, 9, sampai 12 bulan. Tentu saja selama belum lunas, emas yang dibeli belum bisa dibawa pulang, hehe..

Tapi.. tapi.. kalau beli cicil ada biaya administrasi dan bunga, lho, ya. Saran saya sih lebih baik beli cash. Gak usah yang besar gramnya, perhiasan kisaran 400 ribu – 700 ribu buanyak, kok. Sesuaikan saja dengan budget. Kalau saya beli emas bukan buat gaya-gayaan dan bukan buat ngejar untung seandainya dijual lagi, tetapi sekedar buat simpanan.

Perhatikan harganya. Banyak yang dibawah harga sejuta. Belinya sesuaikan dengan budget, gak usah maksa beli yang mahal, apalagi sampai ngutang 😀

Kalau teman-teman ada uang lebih dan ingin punya simpanan emas, beli emas di lelang pegadaian bisa jadi alternatif. Lebih bagus lagi simpanannya dalam bentuk batangan bukan perhiasan. Memang sih gak bisa dipakai tapi harga emas batangan kedepannya lebih stabil. Cocok buat investasi.

Segitu dulu ya pengalaman saya beli emas di lelang pegadaian. Kalau mau tanya-tanya boleh dikomentar, Insya Allah saya bantu jawab sebisanya, hehe..

27 thoughts on “Pengalaman beli Emas di Lelang Pegadaian

    1. Pegadaian bukan Syariah, Mas.

      Saya dapat SMS setelah melakukan transaksi sekali di Pegadaian. Waktu itu habis beli antam di Pameran, lalu ada info bazaar emas mulai di kirimi SMS.

      Ada juga yang habis buka rekening tabungan emas dapat kiriman SMS. Pokoknya pernah transaksi di Pegadaian 🙂

  1. Makasih sharingnya mba…aku juga ga pake emas dari dulu soale ga suka dan sekarang mulai mikir untuk investasi mending emas aja ya.Aku masih ga tau juga nih penggadaian mana yang lelang emas huu.hu.

  2. aku kemarin pengen lihat lelang yang di sidoarjo mbak tapi akhire batal berangkat. untung baca ini setidaknya punya gambaran situasi di pelelangan. yang pasti siapin duit yg banyak kalo pengen borong emas murah.tak nabung dulu biar bisa datang ke lelang berikutnya hehehe

  3. Wah info yang bagus mba.

    Kalau aku biasanya beli emas batangan di marketplace online dari toko yang terpercaya. Lumayan bisa cicil 0% 12 bulan pake CC hehehe.

  4. Belum pernah sekalipun dapat SMS dari pegadaian, Mbak Yun. Mungkin karena belum terdaftar jadi nasabah, ya. Paling kalau ke pegadaian karena mengantar Ibu menggadaikan emas.

    Oya, OOT, Mbak Yun. Mulai tahun ini katanya bisa beli emas di Kantor Pos juga, ya. Itu yang pingin juga saya tahu bagaimana caranya hehehe.

  5. Uang dari ngeblog juga aku buat beli emas, Mbak. Dapat fee 500 bisa dapat cincin.

    Kalo beli di Pegadaian belum pernah sih. Dulu ibuku pernah dapat SMS eh pas gak punya uang. Hahahaha. Tapi, makasih Mbak untuk ceritanya. Ntar aku tak nyisihin uang. Moga pas ada lelang pas ada uang

  6. aku juga sering dapat sms lelang gini dari pegadaian. tapi belum pernah ke sana. abis baca ini kok jadi pengen. hahahahaa… kayaknya seru ya mbak bisa dapat emas dengan harga lebih murah 😀

  7. Selama ini aku punya tabungan emas di pegadaian. Jd tiap bulan aku sisihin utk beli gram emasnya.. Tp pernah sekali pas kesana, aku liat mba, ada kalung emas yg dipajang dan hrgnya murah. Katanya itu emas yg memang dijual.. Tp karena waktu it u ga bikin budget utk beli begitu, ya aku melipir dulu :D. Kyknya memang perhiasan yg masuk lelang2 begini jd lbh murah yaa.. Kalo ada bazarnya lg aku mau ikutan ah . Skr mah utk simpenan dan investasi, plus biaya naik haji nanti, aku lbh suka pake emas nabungnya. Ga kena inflasi, dan 99 gram emas aja udah cukup utk biaya haji. Drpd nabung uang, kena inflasi, tiap thn malah naik trs biaya hajinya.

  8. Terima kasih sharingnya.baru tahu ada lelang emas Pegadaian. Lumayan tipis selisih jual dengan beli kembali, dibandingkan dengan harga jual resmi Pegadaian/Antam. Gimana cara gabung supaya dapat SMS info lelang Bu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *