Blogging · Kuliner · Women Interest

Cara Alami Menghilangkan Noda Kunyit yang Menempel

Cara Alami Menghilangkan Noda Kunyit yang Menempel bukan persoalan gampang. Saya suka warna kuning kunyit tapi kalau nodanya menempel sembarangan di baju atau di tempat-tempat yang tidak seharusnya bawaannya pengen misuh. Kunyit lho ya, kunyit. Benda kecil tapi efek nodanya bikin masalah besar.

Semua orang tau, masakan Indonesia rata-rata menggunakan bumbu rempah jangkep, salah satunya kunyit. Kunyit untuk bumbu dapur berfungsi sebagai bahan penyedap. Biasanya dipakai campuran kuah Soto, Kare, dan Gulai. Bahkan ada lho orang menggoreng tempe memakai campuran kunyit. Saya suka makan tempe goreng bumbu kunyit. Selain memancarkan aroma sedap, warna gorengannya jadi kuning cantik.

Untuk kesehatan, paduan kunyit dan asam dapat membantu melancarkan menstruasi pada wanita. Bagi yang sedang melakukan program penurunan berat badan, kunyit dapat dijadikan sebagai minuman untuk diet.

Dari segala kebaikan manfaat kunyit, jangan mudah terlena olehnya. Meski tidak berduri, noda kuningnya lebih tajam daripada duri. Warna kuningnya yang sangat terang dan pekat mudah menempel dimana-mana dan sulit hilangnya. Sekali nodanya tertinggal, efeknya luar biasa. Bikin jengkel dan baper sendiri!

Lalu bagaimana kalau noda kunyit sudah terlanjur menempel? Saran saya jangan gegabah. Kuasai diri dan segera lakukan sesuatu. Untuk membantu mengatasi kesulitan teman-teman, saya akan mencoba memberikan solusi Cara Menghilangkan Noda Kunyit dengan menggunakan bahan yang alami.

Noda kunyit nempel di kulit atau tangan

Yang rajin di dapur pasti pernah mengalami tangannya ketempelan noda kunyit. Biasanya habis memotong, mengupas atau memarut kunyit. Apalagi yang suka membuat jamu sendiri di rumah, dijamin noda kuningnya menempel statis.

Seringnya warna ini susah hilang meski sudah cuci berulang-ulang dengan sabun. Untuk mengatasi noda kunyit yang terlanjur menguning di tangan cepat carilah akal untuk menghilangkannya. Menurut referensi yang saya baca, disekitar kita ada beberapa bahan alami yang mampu menghilangkan noda kunyit dengan cepat.

Adalah minyak zaitun yang berkhasiat menghilangkan noda kunyit. Caranya dengan menggosok-gosokkannya pada area dimana noda kunyit tertinggal.

Kalau tidak ada minyak zaitun, bagaimana?

Nggak usah kuatir, alternatif lain dapat menggunakan minyak kayu, minyak jarak atau alkohol dengan kadar yang ringan, atau dengan menggunakan parutan lengkuas.

Setelah digosokkan dengan minyak, segera cucilah tangan dengan sabun lalu bilas hingga bersih.

Noda kunyit nempel di pakaian

Nah, saya yakin banyak orang sebal dengan kejadian ini. Terutama yang suka memakai pakaian warna cerah. Udah dihati-hati supaya putihnya tetap bersih, eh, nahas, kena noda kunyit. Ditutupi kayak apa, noda kuning di warna baju yang cerah pasti mengganggu pemandangan.

Agar noda kunyit yang nempel di pakaian dapat hilang gunakan saja bumbu dapur, seperti garam, jeruk nipis atau air kapur sirih. Cara menggunakannya dengan menggosokkan pada bagian baju yang terkena noda warna kunyit. Kucek noda hingga warnanya pudar lalu bilas pakai air.

Agar bersih sempurna, setelah digosok dengan bahan diatas, segera cuci dengan sabun lalu bilas hingga bersih.

Noda kunyit tersisa di blender

Yang suka menggiling bumbu dengan blender, pasti sering mendapati gelasnya tertinggal noda kuning bekas kunyit. Sayangnya, sudah dicuci dengan bersih masih saja warnanya ‘butek’ dan sulit kembali ke warna sedia kala. Sudah dicuci bersih pun masih saja terlihat seperti belum dicuci.

Tidak usah khawatir karena noda kunyit yang bandel bisa dihilangkan menggunakan bahan yang alami. Tidak usah rumit-rumit, gunakan saja bahan yang ada di rumah. Caranya dengan menggunakan baking soda dan garam.

Campur baking soda dan garam lalu beri sedikit air, aduk hingga rata. Adonan ini nantinya menghasilkan tekstur campuran seperti pasta yang kental mirip pasta gigi. Tergantung banyaknya air yang digunakan saat mencampurnya. Sebaiknya gunakan air dengan takaran yang lebih sedikit daripada baking soda untuk mendapatkan hasil campuran pasta yang kental.

Jika adonan telah jadi, oleskan pada bagian blender yang tertempel noda kunyit. Gosok-gosok, lalu cuci dengan sabun, dan bilas.

Ternyata membersihkan noda kunyit sangat gampang, kan. Hanya dengan memanfaatkan bahan dapur sehari-hari, maka noda warna kunyit menjadi hilang dan barang-barang di rumah menjadi bersih kembali. Selamat mencoba.

Sumber: http://breaktime.co.id/culinary/food/3-tips-mudah-menghilangkan-warna-kunyit.html

One thought on “Cara Alami Menghilangkan Noda Kunyit yang Menempel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *