Kuliner

#FoodPhilosophy Trip Surabaya, jelajah kuliner daerah bersama hemaviton Cardio

IMG_20170408_093116

Jangan takut sama kolesterol. Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan hormon dan Vitamin D.. “ dr. Fanny Imanuddin

Banyak orang menganggap kolesterol seperti hantu. Hantu yang selalu bergentayangan menghinggap di atas piring makanan. Namanyanya juga hantu, kalau mereka muncul ditakuti, kalau nggak ada dicari penampakannya. Lucunya, meski menakutkan, banyak orang senang makan makanan mengandung kolesterol. Kayak kamuuu.. iya kamu, daging bebek!

Orang penyuka makanan enak seperti saya sulit menolak piring yang diatasnya ada dagingnya. Sudah disediakan oleh alam, muspro kalau daging enak gak dinikmati. Hitung-hitung untuk perbaikan gizi, hehe..

8 April lalu saya mengikuti tantangan menyantap makanan berkolesterol selama sehari penuh di Surabaya bersama food blogger dan tim #FoodPhilosophy Trip. Food Philosophy Trip adalah even wisata kuliner daerah yang diadakan oleh hemaviton Cardio dengan tujuan mengenal dekat kuliner lokal sambil mempelajari kandungan zat makanan.

Food Philosophy Trip di Surabaya dimulai dari jam 8 pagi hingga 9 malam. Sebanyak 6 menu khas Surabaya harus ditandaskan dalam sehari. Eneg gak tuh? Sama sekali nggak, karena saat makan saya menikmati benar rasanya sambil berfilsafat ria kenapa makanan ini bisa melegenda. Kolesterol urusan belakang!

Tidak hanya Food Blogger saja, #FoodPhilosophy Trip Surabaya ditemani oleh dokter Fanny Imanuddin dan alumni Master Chef 2, yaitu Chef Ken. Dalam beberapa kesempatan, saya dan Chef Ken pernah seeven bersama. Seperti biasa, keramahannya tak diragukan lagi. Kolaborasi ahli kesehatan dan Chef yang kompak; dokter Fanny tak henti-hentinya berbagi pengetahuan seputar fungsi dan manfaat zat makanan, begitujuga Chef Ken yang membuka rahasia kelezatan makanan beserta rempah-rempahnya

Cek Kolesterol

Sebelum mulai #FoodPhilosophy Trip, saya melakukan cek kolesterol terlebih dahulu di lokasi meeting point. Kebetulan tim panitia sudah menyiapkan semuanya, setelah registrasi saya langsung mengambil antrian.

Bisa dibilang sudah setahun lebih saya tidak cek kolesterol. Terakhir ngecek, kolesterol saya dikatakan tinggi. Kabar bagusnya, pas di cek kemarin, kolesterol saya dinyatakan normal. Kolesterol diangka 117, Gula darahnya tercatat 60. Lega, rasanya..

IMG_20170408_065404

Menantang Soto Daging Madura

Ketika saya upload guyuran kuah Soto Daging Tapak Siring di Instagram, ada salah satu teman berkomentar, “Kuahnya kental, ituuu ya ampun, jeroannya…”

Yay, Soto Daging Madura Tapak Siring kuahnya sangat kental dan jeroannya aduhai. Kata Chef Ken dalam perjalanan menuju warung Soto Daging Madura Tapak Siring di jalan Dharmahusada no. 14, kuah Soto Tapak Siring dikenal kental karena mengandung rempah kunyit, sereh, dan daun jeruk. Selain untuk menggugah rasa, bumbu rempah ini bermanfaat untuk menghilangkan aroma yang terdapat pada daging beserta jeroannya.

Ditambahkan oleh dokter Fanny, kandungan kolesterol daging sapi sebesar 88 mg per 100 mg. Daging salah satu sumber zat gizi, namun jika tidak tepat mengolahnya, dapat mengundang kolesetrol jahat (LDL) yang tertinggal di dalam dinding pembuluh darah sehingga menyumbat aliran darah dan berakibat terjadinya stroke atau penyakit jantung.

Saya suka banget makan soto daging, dan karakter soto daging Tapak Siring adalah potongan dagingnya besar-besar dan empuk. Saya memesan seporsi soto daging campur dengan jeroan. Kuahnya gurih, cocok sebagai menu sarapan pagi. Sebagai pengenyang, saya mengambil sebungkus nasi yang dibungkus sama daun pisang. Hemmmm, sedaappp…

Sambil menikmati semangkuk soto daging, saya mengkonsumsi hemaviton Cardio, suplemen untuk membantu mengurangi kolesterol. Selesai saya konsumsi 1 kaplet salut selaput.

Jalan-jalan bakar energi di Museum Tugu Pahlawan

Kata ahli kesehatan, habis makan sebaiknya lakukan aktivitas fisik santai agar makanan yang masuk tidak menjadi lemak. Setelah menandaskan Soto Daging, #FoodPhilosophy Trip mengajak peserta berkunjung ke Museum Tugu Pahlawan. Sambil mengenang sejarah, ada kesempatan menggerakkan tubuh.

IMG_20170408_093723

Museum Tugu Pahlawan menyimpan barang peninggalan bersejarah yang mengingatkan kita akan perjuangan Arek Surabaya melawan penjajah pada tanggal 10 November 1945

Meraup empuknya Sate Klopo

Sate Klopo Ondomohen merupakan kuliner yang tak boleh dilewati ketika singgah di Surabaya. Sate Klopo memiliki keunikan pada baluran kelapa parut disekujur daging kemudian dibakar diatas arang.

Setiba di jalan Walikota Mustajab, peserta langsung diarahkan ke warung sate Bu Asih, warung yang terkenal dengan sate klopo nya. Begitu sampai disana, saya tak langsung masuk ke dalam, tetapi melihat mbak-mbak yang sibuk membakar sate klopo diatas arang. Pastinya, asap mengepul dimana-mana.

Satu porsi Sate Klopo terdiri dari 10 tusuk dengan bumbu kacang yang diatasnya terdapat taburan srundeng dan bawang merah. Menurut data inFOODgraphic, kandungan kolesterol Sate Klopo adalah 0,65 gram.

Lezat dan Kriuknya Nasi Bebek

“Hayo tebak, lebih tinggi mana kandungan kolesterol antara soto daging, sate klopo, dan daging bebek?”
Tanpa pikir panjang saya langsung ngacung dan menjawab, Daging Bebek!

Bukan rahasia lagi kalau daging bebek terkenal dengan kolesterolnya yang tinggi. Rasakan saat makan nasi bebek, terasa banget resapan minyak yang keluar dari dagingnya. Seperti ketika saya menikmati sepiring nasi bebek Sinjay, kolesterolnya udah tertutupi oleh nikmatnya bumbu kremes, sambal mangga dan lalapan kemangi sama timun!

Berapa sih nilai gizi nasi bebek Sinjay? Menurut inFOODgraphic kandungan kolesterol bebek adalah 0,77 gram!
Jadwalnya makan siang, saat makan nasi bebek saya konsumsi sebutir hemaviton Cardio. Kandungan Phytosterol 500 mg dapat membantu mengurangi kolesterol

Kudapan lembut manisnya Ice Cream

Senikmatnya makanan, selalu ada kandungan zat yang gak baik untuk tubuh kayak manisnya Ice Cream Zangrandi. Sekilas warna warni Ice Cream begitu melelehkan lidah. Cocok banget, setelah makan bebek lanjut makan ice cream. Untuk amannya saat atau setelah makan manis disarankan minum suplemen vitamin dan mineral hemaviton GluCare agar terhindar dari diabetes. Saat itu saya langsung minum 1 kaplet!

Ice Cream Zangrandi merupakan kedai Ice Cream tua di Surabaya. Didirikan oleh keluarga Italia bernama Roberto Zangrandi pada tahun 1930. Masuk ke dalam Zangrandi rasanya seperti kita sedang menikmati Surabaya Tempo Doeloe.

Cooking Class Spicy Wings with Salted Egg Sauce bersama Chef Ken

IMG_20170408_154507

Sudah makan Soto, sudah makan Sate, sudah makan Bebek dan ngefood di Ice Cream Zangrandi, saatnya kemampuan peserta tentang makanan diuji oleh Chef Ken.

IMG_20170408_160132

Seluruh peserta dites memasak resep Spicy Wings with Salted Egg Sauce, bahasa Suroboyonya pitik goreng bumbu ndog asin (ayam goreng bumbu telur asin) 😀

IMG_20170408_163253

Kuning telur dikenal memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Nah, dalam sesi cooking class, peserta harus memasak ayam goreng bumbu telur asin. Wah, cobaannya berat banget karena peserta harus pintar mengolah telur yang dikenal memiliki kandungan tinggi kolesterol. Ujian lainnya peserta harus pintar mengolah rasa terutama penambahan garam agar tidak asin kuadrat, hehe..

Dari 15 peserta hanya 3 yang berhasil memenangkan kompetisi. Tips dari Chef Ken agar sukses memasak adalah mempelajari dulu resepnya lalu kerjakan step by step. Hindasi memasak sambil membaca resep agar makanan tidak gosong.

IMG_20170408_172132

Akhir #FoodPhilosophy Trip di Terminal Seafood

Kata dr Fanny dalam perjalanan menuju Terminal Seafood, kandungan kolesterol Seafood sangat kecil. Saat makan malam, lebih baik makan seafood dari pada makan daging.

Saat di Terminal Seafood, aneka hidangan laut tersaji sempurna di hadapan saya hingga bingung mana dulu yang dimakan walaupun akhirnya semua tandas tanpa sisa, haha..

hemaviton Cardio, sahabat kuliner tanpa takut kolesterol

Meskipun seharian ‘jajan’ kuliner berkolesterol, peserta #FoodPhilosophy Trip tetap semangat menyelesaikan misi sebab disela aktivitas mereka mengkonsumsi hemaviton Cardio untuk menjaga kolesterol tetap stabil.

hemaviton Cardio mengandung Phytosterol 500 mg yang membantu mengurangi kolesterol, dan suplementasi vitamin Betacarotene, Vitamin C, Vitamin E, Niacin (Vitamin B3), serta suplementasi mineral Zinc dan Selenium.

Dengan rutin mengkonsumsi hemaviton Cardio 3 kali sehari, kolesterol yang akan masuk dalam darah akan ditahan sehingga tubuh selalu terjaga kesehatannya.

Tips menjaga keseimbangan Kolesterol dalam Tubuh

Selain rutin mengkonsumsi hemaviton Cardio 3 kali sehari saat dan setelah makan, agar kolesterol tubuh seimbang, kita juga harus pandai menjaga kesehatan tubuh. Diantaranya:
1. Rajin berolahraga minimal gerak tubuh ringan seperti jalan kaki
2. Banyak makan Buah-buahan segar
3. Istirahat Cukup minimal 8 jam sehari
4. Hindari Stress
5. Berlaku hidup sehat dan hindari rokok

Saya sudah terima tantangan makan kolesterol, sekarang saatnya teman-teman beraksi. Jangan lupa bawa selalu hemaviton Cardio, ya! 🙂

4 thoughts on “#FoodPhilosophy Trip Surabaya, jelajah kuliner daerah bersama hemaviton Cardio

  1. Heuuu Mbaaaak…itu makan seharian seperti itu..xixixi. Duh, itu yang kuah plus jeroannya…kebayang lemaknya yak. Tapi yang berlemak itu memang enak. Dan itu coklat ice y bikin mupeng…wkwkwk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *