Kuliner

Kulineran di Sambel Layah, Pilih sambal favoritmu!

Sambel Layah7

Nggak di Jawa Timur, Nggak di Yogjakarta, rupanya sambelan jadi menu kuliner yang ngehits. Tampak nyata ketika saya mampir ke waryng makan Sambel Layah Yogja untuk makan siang, daftar menu yang disajikan sebagian besar nasi sama sambel. Gak jauh beda dengan warung makan di Surabaya.

Sepulang jalan-jalan di kawasan Gunung Kidul, Pak Sopir membelokkan setir ke Restoran Sambel Layah. Waktu itu rombongan saya tidak menyebut menu spesifik, pokoknya mampir makan dulu, jadilah kami diajak kesini.

Adalah Sambel Layah Babarsari, alamatnya di Jalan Babarsari No. 48C, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, tempat kami makan. Kawasan yang menurut saya lumayan rame dan banyak pilihan warung makannya. Pengunjung disini rata-rata anak mahasiswa, apalagi area restoran dibagi dua dengan lapangan futsal.

Masuk ke parkiran, banyak motor parkir berjajar. Pemandangannya lumayan menyegarkan lidah, begitu masuk langsung disambut dengan banner gede tertulis Dahsyat!! Fenomenal!

Sambel Layah1

Dejavu!

Saat melihat warna dominan merah di tempat ini pikiran saya langsung kebawa ke restoran Bebek Judes. Merahnya persis! Walaupun belum pernah ke bebek judes, tapi saya sudah menulis reviewnya di sini saat ikutan lomba blognya dulu, hehe..

Konsep pemesanan di Sambel Layah ada yang paketan, ada juga yang kombinasi. Ketika melihat daftar menunya, butuh waktu selama beberapa menit untuk memilih lauknya, milih sambalnya, dan milih minumnya. Kebiasaan simpel tak berlaku disini.

Saat saya pesan Nasi telur penyet, Mbaknya nyuruh saya milih sambal.

Sambel Layah4

Bagi yang suka makan aneka sambal, Anda beruntung masuk ke resto ini karena pilihan sambalnya beragam. Ada Sambel Bawang, Sambal Terasi, dan Sambel Ijo. Sedangkan nasinya dipesan secara terpisah.

Saya memilih telur dadar dengan sambal terasi. Sayangnya gak ada pilihan sambal tomat sukaan saya 🙁

Harga yang dipatok standar harga menu sambelan, termasuk menu paketan.

Sambel Layah2

Saat makanan datang, telur dadarnya aduhai sekali. Besar dan tebal. Tapi saat melihat sambalnya, dahi saya berkerut, segini aja? Saya balik telurnya, berharap diatas cobek ada sambal tambahannya, ternyata gak ada, huhuhu… tingkat kepedesan diakui oleh lidah saya biasa saja. Gak pedas-pedas banget. Yang gak suka pedas jagan kuatir, pedasnya normal, kok.

Menurut saya porsi yang disuguhkan minimalis. Porsi makan saya gak banyak banget, tapi kalau melihat porsi nasi di sambal layah ini rasanya gak bisa pesen seporsi. Kudu nambah.

Sambel Layah6

Bahkan saat saya makan, nasi habis duluan, telurnya yang masih sisa banyak 😀

Resto Sambal Layah cocok untuk tempat nongkrong rame-rame. Tempatnya luas, meja dan kursinya banyak. Agar ngobrol lebih lama, pesannya es teh ukuran jumbo saja. Yap, disini ada penawaran es teh ukuran biasa, dan ukuran jumbo. Walopun porsi makannya minimalis, tapi kalau ditambah dengan es teh jumbo perut bisa kenyang maksimal hehe..

Sambel Layah3

Mau kulineran di Sambel Layah Babarsari Yogjakarta, datang saja jam 09.00 – 22.00. Buka setiap hari!

3 thoughts on “Kulineran di Sambel Layah, Pilih sambal favoritmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *