Pesona Jogja Homestay, penginapan murah ala kampung di Jogjakarta

Jogja lagi, Jogja lagi.. Lha iya, saya juga bingung, kenapa selalu semangat pergi ke Jogja. Kalau dipikir-pikir, bukan bakpia nya yang bikin kangen. Tapi ada sesuatu yang unik di kota Gudeg ini. Semacam lengket aura kampung-kampungnya, gitu, yang susah ditemukan di tempat lain. Makluum, sejak lahir saya sudah jadi anak kota, cuma lebaran aja ikut orang tua mudik ke kampung. Dan ngomong-ngomong, saya terkesan banget dengan tempat nginep saya kemarin di Pesona Jogja Homestay, penginapan murah ala kampung di Jogjakarta.

Jogja tak hanya lokasi wisata aja yang beterbaran, tapi juga tempat penginapan. Kalau kurang kerjaan, coba aja hitung ada berapa ratus penginapan di sana, dari yang bintang lima hingga bintang tujuh. Atau dari yang kelas mewah hingga kelas biasa. Selama datang ke Jogja, saya udah pernah mencicipi kamar hotel di kawasan Jl. Dagen, saya juga pernah nginep di hostel yang sekamar berisi 8 orang. Dari sekian pengalaman nginep, baru kemarin saya nginep di Pesona Jogja Homestay.

Pesona Jogja Homestay dari lantai dua

Tak seperti hotel, hostel, dan losmen, nginep di Homestay lebih menyenangkan. Pesona Jogja Homestay berada di kawasan perkampungan yang jauh dari hingar bingar lalu lintas.

Konsep Pesona Jogja Homestay yang saya lihat kemarin tempatnya nyaman dan mengasikkan. Terdiri dari 6 rumah saling berhadapan dengan lahan parkir yang luas. Dalam satu rumah terdiri 2 lantai dengan jumlah kamar 3-4.

Ruangan di lantai 2

Saya kemarin kebagian rumah berlabel Borobudur. Posisinya paling dekat dengan gerbang utama yang bersisian dengan jalan kampung. Saya menempati kamar atas, dan bertetanggan dengan 2 kamar lain. Di lantai bawah terdapat 1 kamar sehingga total di rumah Borobudur ada 4 kamar.

Dalam kamar yang saya tempati terdapat AC, TV LED, double bed, lemari dilengkapi gantungan baju, password WiFi dan sepaket meja kursi. Untuk kamar mandi letaknya di luar kamar, jaraknya sekitar 3 langkah lebar maksimal dari pintu kamar. Kamar mandinya dilengkapi dengan water heather dan shower.

Kelebihan tinggal di kamar atas, saya bisa leluasa bergerak karena dilengkapi dengan teras dan seperangkat meja kursi. Saya bayangkan, enak banget seandainya rujakan disini siang-siang sama teman-teman, hehe..

Bergaya di teras atas 😀

Di lantai bawah selain kamar deluxe, terdapat dapur dimana penghuni bebas menggunakannya. Ada kulkas dan galon berisi air. Mau makan ramai-ramai terdapat meja makan dengan 4 kursi. Atau, kalau mau ngobrol santai, disediakan sofa empuk plus bantalnya.

Sesuai konsepnya, Pesona Jogja Homestay sangat pas jadi tempat istirahat yang mengaku kangen suasana kampung. Saling menempel dan ada tempat buat ‘nonggo’ atau sekedar cangkruk-cangkruk cakep, hehe.. Penghuni satu sama lain bisa saling mengenal, minimal sama-sama melempar senyum, hehe.. kayak Mbak Widhi itulo, pengelola Pesona Jogja yang selalu murah senyum. Orangnya grapyak dan ramah kepada tamu.

Bercengkerama asik bersama tetangga 😀

Nginep di homestay ini jangan takut kelaparan saat malam, karena di sini gampang sekali mendapatkan penjual makanan lewat. Tunggu aja, gak lama pasti mendengar suara gebugan rombong penjual bakmi goreng dan nasi goreng.

Ke Pesona Jogja Homestay bisa datang sendiri atau rame-rame sama keluarga. Bisa nyewa untuk satu kamar saja, atau satu rumah untuk seluruh keluarga.

Fasilitas lain yang bisa didapatkan tamu adalah sarapan pagi. Hmm, menunya enak-enak, ala kampung pokoknya. Waktu saya nginap menu yang disajikan nasi gudeg lengkap dengan tahu bacem. Ada juga camilan jajanan pasar seperti lopis, bentoel kukus, dan ketan. Lihat menunya aja saya sampai bingung karena semua mua pengen dilahap. Nasi gudeg, enak. Lopis, saya suka. Bentoel kukus apalagi, di Surabaya susah nemu makanan ini..

Di Hari selanjutnya (kemarin saya nginep 3 hari 2 malam) menu sarapannya ada nasi goreng, mie goreng, dan sop ayam. Camilannya ada gethuk lindri, roti gulung, dan buah aneka macam. Humm, saya paling suka makan getuk lindri. Sampai-sampai saya mbontot sebiji buat makan di perjalanan, hehe..

Yang sering pergi ke Jogja atau sedang berencana travelling ke Jogja reservasi penginapannya di Pesona Jogja Homestay aja. Lokasinya mudah dicari dan kemana-mana aksesnya mudah. Kena macet-macet dikit biasalah ya, soalnya Jogja gak seksi kalau gak macet, huehue..

Biar teman-teman gak rumit nyari lokasi Pesona Jogja Homestay, penginapan murah ala kampung di Jogjakarta, nih saya kasih info lengkapnya. Catat, ya!

Pesona Jogja Homestay

Alamat: Gang Pandu No. 484, Tahunan, Umbulharjo, Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167
Telepon: (0274) 2872723 – 085776983377 – 081226948552

Info Social media Pesona Jogja Homestay:

Website: pesonajogja-homestay.com
Instagram : @pesonajogja_homestay
Twitter : @pesonajogja484
Facebook: Pesona Jogja

2 thoughts on “Pesona Jogja Homestay, penginapan murah ala kampung di Jogjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *