Mengenal Alergi Pada Anak dengan Melakukan Tes Alergi

Alergi adalah gangguan kesehatan yang bisa terjadi pada siapa saja, terutama pada anak-anak. Sudahkah Anda mengenal alergi? Anda akan memerlukan bekal tersebut untuk melindungi anak Anda dari gejala-gejalanya, yang sebagian bisa berakibat fatal bagi anak. Alergi ini sendiri terjadi karena reaksi dari sistem imunitas tubuh ketika ada zat asing yang masuk ke dalam tubuh, baik karena tertelan, dihirup, atau ketika disuntik.

Kebanyakan pemicu dari alergi ini sendiri sebenarnya tidaklah berasal dari zat yang berbahaya bagi manusia. Setidaknya, normalnya zat ini tidak berbahaya. Namun reaksi dari sistem imunitas tubuh bisa berbeda-beda, dan alergi adalah salah satu dari efek sampingnya. Alergi sendiri bisa terjadi karena apa saja. Makanan dan minuman, bulu binatang, serbuk sari bunga, dan bahkan cuaca bisa menjadi penyebabnya. Anda sebagai orang tua haruslah waspada.

Ketika Anda melihat anak Anda mengalami bersin-bersin, kulit memerah dan gatal-gatal, sakit perut dan diare, maupun mengalami gangguan pernapasan setelah melakukan kontak dengan suatu zat, segeralah Anda pergi ke dokter. Dokter akan membantu Anda mengenali lebih jauh alergi tersebut dengan cara ini:

1. Tes di kulit

Tes ini dilakukan dengan meneteskan cairan berisi allergen pada kulit dan ditusukkan pelan-pelan via jarum sehingga reaksi bisa terlihat. Jika ternyata kulit memerah dan gatal dalam kurun waktu 10-15 menit, maka kemungkinan anak Anda alergi.

2. Tes tempel

Tes ini juga dilakukan di kulit. Hanya saja bukan dengan suntikan tapi dengan menempelkan allergen pada tempat tertentu di kulit selama 2 hari, dan reaksinya akan dipantau.

3. Tes darah

Tes ini akan mengukur kadar lgE di dalam darah, dan biasanya sangat efektif dalam menentukan apa jenis alergi yang dimiliki.

Sumber foto: www.alergianak.com

Dengan menggunakan tes tersebut, Anda akan mengetahui solusi alergi anak yang tepat dialami anak lebih baik lagi, dan mencegah terjadinya salah pemberian obat atau penanganan. Jadi ketika anak Anda mengalami alergi susu sapi misalnya, dan bukan alergi kedelai, Anda bisa dengan tenang memberikan Susu SGM Soya padanya untuk menggantikan nutrisi yang tak bisa diterima anak karena alergi nya tersebut.

author
Author: 
loading...