Blogging · Women Interest

Video Mannequin Challenge viral di kalangan Netizen, Ini dia tekniknya!

Video Mannequin Challenge, satu lagi yang viral di kalangan Netizen, Ini dia Tekniknya! – Setelah foto selfie, saat ini yang sedang trend di Indonesia adalah ramai-ramai melakukan aksi diam lalu ada satu orang yang berjalan mengambil gambar sehingga menjadi sebuah video. Hasil video itu diupload di social media dengan nama Mannequin Challenge.

Di Indonesia, video Mannequin Challenge sudah gak asing lagi. Tahun 90-an ‘orang’ kita sudah pernah mengabadikan video ini dan dijadikan sebuah klip lagu. Sayangnya saat itu tren video belum semarak sekarang sehingga video kreatif ini jadi tak populer.

Coba diingat-ingat, klip lagu apa yang videonya menggunakan Mannequin Challenge?
………
……..

Yap! Lagu Tenda Biru nya Desy Ratnasari.

Perhatikan video berikut:

Disana terlihat Desy sedang berdiri diantara kawan-kawannya dalam sebuah pesta. Di video itu Desy sebagai objek yang disorot sehingga dia mengelilingi kawannya yang sedang diam. Menurut saya adegan Desy yang hidup ini memperlihatkan seninya. Seni visual yang memberikan efek cerita kepada penonton. Setidaknya cerita kemarahan yang dialami Desy karena ditinggal nikah kekasihnya.

Saya sendiri baru sadar kalau lagu tenda biru menggunakan konsep video Mannequin Challenge karena kecantikan mbak Desy mengalihkan fokus saya terhadap klip itu. Dan lagi lagunya terlalu mendayu, dan enak didengar.

Jika bukan karena teman-teman blogger, saya nggak akan ngerti apa itu video Mannequin Challenge. Saat acara eksplorasi Madura beberapa waktu lalu, tiba-tiba saja ada yang memberikan perintah agar semua orang diam ditempat selama beberapa menit. Saya yang gak ngerti apa-apa ngikut aja kata teman-teman. Rupanya hasil yang didapatkan sangat memukau!

Seperti inilah teknik Video Mannequin Challenge:

1. Ajak teman-teman berkumpul di suatu tempat. Semakin banyak orang, hasil video akan semakin bagus
2. Agar terlihat natural, 2 – 3 orang tampak saling melakukan komunikasi. Entah Selfie, atau pura-pura ngobrol. Bagus lagi jika mereka terlihat sedang melakukan sesuatu dengan pose yang seperti tidak dibuat-buat. Misalnya sedang buka dompet, jongkok mengambil sesuatu, baca buku, atau sedang mencangklong Tas Tumi Terbaru di MAP EMALL.com.

3. Jika semua telah siap di posisi masing-masing, beri aba-aba MULAI!
4. Agar hasilnya sempurna, selama beberapa waktu saat sedang pengambilan gambar jangan ada yang melakukan gerakan. Termasuk saat kamera tiba di depan kita, usahakan jangan berkedip
5. Saat pengambilan gambar, usahakan semua peserta masuk dalam bidang gambar agar video terlihat unik. Jadi aneh, kan, kalau melihat banyak orang bersikap diam tanpa melakukan sesuatu? Buatlah penonton berdecak dan memberikan komentar, “wow!”. Tampakkan detail saat menemukan pose lucu agar videomu terkesan kaya.
6. Lagu latar untuk video Mannequin Challengen umumnya menggunakan lagu Black Beatles yang dinyanyikan Rae Sremmurd feat. Gucci Mane
7. Jangan lupa gunakan Hestek #MannequinChallenge supaya videomu menjangkau banyak pengunjung
8. Yang mau nambah tips lagi, monggo tulis di kolom komen 😀

Video Mannequin Challenge bisa jadi viral di kalangan Netizen karena kegiatan ini terlihat unik. Sesuatu bila dilakukan rame-rame meskipun tampak sederhana, akan terlihat menyenangkan. Buktinya, video diam gitu aja banyak dilakukan orang. Tapi jangan dilihat diamnya, lihatlah sisi kreatifnya.


Video ini diambil oleh Makpon Mira Sahid bersama Blogger Indonesia di Madura

Siapa saja bisa membuat video Mannequin Challenge. Di Youtube sendiri beterbaran video berkonsep patung yang dilakukan oleh banyak pihak. Mulai anak sekolah hingga orang dewasa, bahkan kesatuan Polisi pun tak mau ketinggalan viral.

Jika suatu saat video Mannequin Challenge dirasa telah membosankan, mungkin konsep video Tenda Biru bisa ditiru dan dimodifikasi lagi oleh netizen. Konsep Desy yang berjalan diantara ‘patung’ lebih menarik dilihat ketimbang semuanya diam. Ini menurut pendapat saya, lho!

Ayo, siapa yang belum pernah bikin video Mannequin Challenge? Buruaan sebelum tenggelam sama trend Om Telolet Om! 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *