Nasi Liwet karya sendiri, enak, mudah, murah

Akhir-akhir ini saya keranjingan masak nasi liwet. Baru tau, bikin nasi liwet ternyata mudah! Haha.. Begitu dimakan, eh, rasanya enaaaak plus banget. Buatnya praktis, dan hemat. Tinggal nambahi telur dadar sama tahu digoreng garing udah, hmmm, maknyuuus. Kalau makan gini terus tiap hari, kayaknya koleksi emas batangan bakal cepet nambah, deh! tiap hari Jumat bisa rajin datang ke lelangan emas di pegadaian haha..

Dapat ide pertama kali membuat nasi liwet dari teman. Waktu saya lagi main ke rumahnya trus diajak makan bareng. Katanya, โ€œYun cobain nasi liwet buatankuโ€. Duh, yang awalnya perut saya gak terasa lapar, dengar kata nasi liwet jadi penasaran nyoba.

IMG_20161209_105949

Ada yang tau nasi liwet?

Apa? Belum? Parah deh kamu, ah! ๐Ÿ˜€

Nasi liwet itu rasanya gak jauh beda sama nasi uduk. Tau nasi uduk, kan? Kalau gak tau juga, yo wes, nasi kuning, dehh. Tapi nasi kuning yang berwarna putih, ya. Atauuu, sego gurih. Dih, ruwetnya jelasin, apapun namanya, intinya nasi rasa bumbu rempah. Wes gitu aja!

Namanya aja nasi bumbu, masaknya ya dikasih campuran rempah. Rasanya sedap dan gurih. Makan nasi aja gak pakai lauk udah enak.

IMG_20161209_100927

Nasi liwet lebih dikenal orang sebagai kuliner khas kota Solo. Mungkin karena Solo punya warung Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, kali ya, yang sudah terkenal dimana-mana. Pernah dengar Nasi Liwet Bu Wongso Lemu? Ya itu, salah satu brand nasi liwet di Solo. Bukanya sore hingga malam hari. Sesuai namanya, yang jual Ibu-ibu lemu (gemuk).

Sebenarnya nasi liwet gak hanya ada di Solo, Sunda juga punya nasi liwet. Namun, secara image, saya kok belum menemukan Warung Sunda yang menjual khusus nasi liwet yang terkenalnya setara Bu Wongso Lemu. Mungkin saya nya yang kudet, hihi..

Di Surabaya, cari nasi liwet gak sulit karena Warung makan Sunda ada di mana-mana, dan rata-rata mereka menyediakan menu nasi liwet.

Karena terlalu sering beli makanan matang yang akhirnya membuat dompet saya kelelahan, akhirnya, nekat masak sendiri. Untungnya resep nasi liwet gak rumit. Bahan udah ada, perlengkapan masak aluminium terbaik udah punya. Kalau belum punya cek aja di MatahariMall.com.

Sebelum mulai masak, langkah pertama yang saya lakukan adalah browsing resep di internet. Maklumi lah ya, tukang masak amatir, ukuran bumbu harus plek sesuai resep. Masih teramat susah bagi saya mengira-ngira takaran bumbu.

Saking seringnya di dapur, hasil masakan saya selalu terdiri 2 rasa, antara keasinan, sama datar alias gak terasa bumbu! ๐Ÿ˜€ Wong udah pakai takaran aja masih keasinan, kok! ๐Ÿ˜€

Inilah resep Nasi Liwet yang saya pernah coba:

2 gelas beras (setara setengah kilo gram)
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 batang serai, digeprek
1 lembar Daun Salam (di resep ada, tapi saya gak kasih, mau beli males)
Garam secukupnya (Saya ngasihnya asal nyemplung)
Bumbu penyedap (gak biasa pakai ini, baru coba-coba)
Santan (di resep ada santan, tapi saya gak kasih, gak punya kelapa. Beli santan sachetan, males :D)
Teri
Minyak untuk numis
Air buat nyuci beras sekaligus masaknya (penting dicatat)

IMG_20161209_100350

Cara masaknya

1. Beras dicuci menggunakan air. Jangan pakai pasir, rumit misahnya, keburu lebaran tiba
2. Tumis bawang merah, bawang putih yang sudah dirajang
3. Goreng terinya
4. Setelah beras dicuci bersih, masukkan semua bumbu, taruh di atas beras.
5. Beri air secukupnya. Jangan banyak-banyak
6. Menjelang matang, aduk-aduk nasi supaya bumbu tercampur
7. Selesaiii..

IMG_20161209_105827

Nasi Liwet bikinan sendiri bisa dinikmati bersama irisan timun, tahu goreng, telur dadar, sama krupuk. Lebih hemaaat dari pada beli. Setelah makan nasi liwet 3 hari berturut-turut, dompet saya sekarang sudah kembali sehat, horee… ๐Ÿ˜€

3 thoughts on “Nasi Liwet karya sendiri, enak, mudah, murah

Leave a Reply