Review ASUS ROG Strix GL502VS, Notebook Gaming Nvidia Pascal

Review ASUS ROG Strix GL502VS, Notebook Gaming Nvidia Pascal – Berbahagialah kalian para gamers di seluruh Indonesia karena baru-baru ini, ASUS, pemilik brand Republic of Gaming (ROG), telah meluncurkan notebook baru dengan teknologi grafis Nvidia Pascal. Kartu grafis Pascal merupakan pengembangan terbaru dari chip grafis sebelumnya milik Nvidia yang berbasis Maxwell. Wah, sekarang dengan perangkat notebook pun, penghobi game bisa memuaskan hobinya secara mobile tanpa repot bongkar pasang CPU rumah!

Beruntung saya dapat kesempatan secara langsung mencoba ASUS ROG Strix GL502VS. Walau hanya beberapa jam saja, tapi pengalaman itu sangat menyenangkan, dan saya bisa menuliskan reviewnya di blog ini.

Performa Prosesor terbaik

Menyandang predikat notebook gaming, ASUS ROG Strix GL502VS menggunakan Prosesor Intel Core i7-6700HQ, Processor generasi ke-6 berbasis Skylake. Sebuah terobosan menantang bagi para gamers untuk menunjukkan kelihaiannnya bermain teknologi. Keunggulan prosesor ini memiliki Hyper-Threading dan Clock Speed lebih tinggi dengan kisaran mencapai 3,4Ghz.

Berikut saya tunjukkan perbandingan performa Prosesor Intel Core i7-6700HQ dengan seri dibawahnya. Terlihat jelas performanya lebih unggul dari type prosesor seri lainnya

Sumber: http://techreport.com/news/28957/the-skylake-core-i3-6320-is-the-gamer-new-best-friend

Benchmark Cinebench CPU

Kartu Grafis berkualitas

Untuk memastikan ASUS ROG Strix GL502VS benar-benar cocok digunakan klub Republic of Gamers, maka dibenamkan Nvidia GeForce GTX1070 8GB DDR5 (G-Sync) VR Ready. Nvidia G-Sync akan membantu performa gaming lancar bebas hambatan. Tanpa ada –lag atau menemukan gambar putus-putus sehingga bermain game pun terasa lebih menantang dan menyenangkan.
Game dengan karakter Virtual Reality yang biasanya membutuhkan detail dan akurasi visual sekalipun dapat berjalan lancar

Untuk inovasi ini, ASUS mengklaim sebagai vendor pertama yang mengeluarkan notebook gaming berkekuatan pascal di pasaran. Good Job!

Berikut Hasil Uji Kartu Benchmark PCMARK

Sumber: ASUS

Hasil Uji Benchmark 3D Mark Fire Strike 1.1

Hasil Uji Benchmark 3D Mark Fire Strike 1.1
Sumber: ASUS

Kapasitas Memory Mantap

Paduan Prosesor yang mumpuni dan grafis yang hebat, ASUS ROG Strix GL502VS dibekali kapasitas memory DDR4 32GB 2133MHz. Dengan kapasitas RAM yang besar, performa notebook memiliki tingkat kecepatan, kapasitas, dan menekan konsumsi daya lebih rendah dari generasi sebelumnya.

Sistem penyimpanan

Ini nih, satu lagi keunggulan ASUS ROG Strix GL502VS, yaitu terdapat 2 sistem penyimpanan; Harddisk 1 Terrabyte 7200Rpm SATA 2,5” dan 256 GB SSD.

2 sistem penyimpanan ini fungsinya saling mendukung kinerja perangkat ini. Harddisk digunakan untuk menyimpan data, sedangkan SSD difungsikan untuk menjalankan aplikasi. Ketika keduanya sedang berjalan bersamaan satu sama lain tidak akan mengganggu. Saat mau nyimpan data, ya nyimpan aja. Main game bisa jalan terus..

Hasil Uji Benchmark HDD

SSD atau Solid State Drive diakui memiliki kinerja menulis data 21% lebih cepat dan membaca data 55,7% lebih cepat.

Hasil Uji Benchmark SSD

Desain Memukau

Pertama kali melihat tampilan ASUS ROG Strix GL502VS, saya hampir tak percaya kalau kalau notebook ini memiliki spesifikasi gaming. Biasanya notebook di kelas seperti ini memiliki body gembrot dan berat, sebagai kiasan menutupi sparepart pendukung performanya. Namun ASUS ROG Strix GL502VS ketebalannya justru hanya 3,01 cm saja. Ya, kan, sekarang jaman notebook udah tipis-tipis, bahkan sekelas notebook gaming ASUS berhasil menciptakan notebook berdimensi 39 (W) x 26,6 (D) x 3,01 (H) cm. Mendukung banget buat gamers yang suka nongkrong atau traveling. Beratnya hanya 2,2kg!

Tampilan secara keseluruhan notebook ini terlihat mewah, panel aluminiumnya dapat berkilau karena pantulan cahaya.
Body ringan, layar lebar, gamers mana, coba, yang tak ngiler, hehe..

Layar anti Glare

Bagi gamers, pandangan yang luas menjadi acuan nyaman berlama-lama di depan monitor, termasuk layar ASUS ROG Strix GL502VS yang lebarnya 15,6 inci resolusi full HD 1920 x 1080 pixels . Teknologi layarnya menggunakan IPS terbaru sehingga akurasi tampilan warna terjaga keasliannya. Saat dimiringkan, warnanya masih tetap tajam dan terlihat terang karena layarnya berlaku hingga sudut pandang penglihatan 178 derajat.

Permukaan layar matte berlapis anti glare soft dan dapat menahan pantulan cahaya.

Full Size Chicklet Keyboard dan Tombol WASD

Keyboard membantu gamers memenangkan pertarungan. Untuk memudahkan permainan, Keyboard ASUS ROG Strix GL502VS dibuat jarak tekan 1,6 milimeter.

Serunya lagi keyboard dilengkapi fitur backlight dan anti ghosting dengan teknologi rollover 30 key. Saat butuh cepat bermain tombol instruksi , fitur ini akan memudahkan jari berpindah sangat lincah tanpa keliru menekan tombol.
ASUS juga melengkapi tombol WASD secara khusus dengan tanda warna untuk memudahkan gamers tetap bermain saat kondiri ruangan dalam keadaan gelap.

Teknologi Hyper Cool duo-copper

ASUS ROG Strix GL502VS menyiapkan Teknologi Hyper Cool duo-copper thermal solution yang diletakkan pada CPU dan GPU untuk menjaga kondisi notebook tetap sejuk. Pipa penghantar panas terbuat dari dari tembaga yang terdiri 2 kipas, dapat memaksimalkan sistem pendingin lebih efisien

Thermal Design ASUS ROG Strix GL502VS
Image: https://www.asus.com/id/Notebooks/ROG-GL502VS/Features/

Mendukung Dual Monitor

Ketika pertarungan game sedang memanas, lalu kita ingin menggunakan layar yang lebih lebar, ada port HDMI 4K2K yang memberikan solusi. Port ini dapat berfungsi menggabungkan dengan monitor atau bermain di layar yang lebih besar. Jangan takut gambar akan pecah, kartu grafis bisa disetting resolusi maksimal.

Game Dome
Sumber: ASUS

Notebook ini juga dilengkapi HD Camera dan array mic serta battery 4 cells, 4120mAh

Konektifitas

Untuk mendukung pekerjaan yang lain, ASUS ROG Strix GL502VS dilengkapi dengan Bluetooth, 802.11AC, 3x USB 3.0, 1x Mini Port, 3 in 1 Card Reader, dan satu lagi 1x USB 3.1 type C Gen 2 dengan kecepatan transfer data hingga 20 Gps.

Harga ASUS ROG Strix GL502VS

Notebook ASUS ROG Strix GL502VS yang saya ulas diatas, di Indonesia ditawarkan dengan harga Rp. 30.299.000,-. Dengan harga segitu, pembeli akan mendapat gratis Mouse dan headset gaming serta Windows 10 Home.

Biar nggak penasaran sama notebook ini, saya kasih spesifikasi lengkapnya..

Spesifikasi lengkap ASUS ROG GL502VS G-Sync
Sumber: Press Release ASUS

Kesimpulan Review ASUS ROG Strix GL502VS

Segala kelebihan yang dimiliki ROG Strix GL502VS, notebook ini telah melalui proses pengujian yang ekstrem. Mulai dari tes keyboard, tes getaran, tes pemelintiran, tes tekanan, tes overclocking hingga tes jatuh. Semua sisi notebook diuji coba dengan seksama agar daya tahannya benar-benar dapat dirasakan pemakai. Bahkan ASUS pun melakukan tes akselerasi, tes abrasif, tes engsel, tes port, tes guncangan, dan tes temperatur. Tapi jangan kuatir, meski telah melaui ujian, vendor masih memberikan garansi selama 2 tahun.

Siapapun yang membawa notebook ini akan jadi pusat perhatian, kenapa? Sebaaabb, penampilan laptop gaming ini memiliki warna Armor Titanium dan Plasma Cooper lalu ada tambahan efek menyala dari merah ke oranye. Nggak seperti khas laptop gaming biasanya yang rata-rata kalau ngak hitam, ya, abu-abu.

Setelah mengamati detail demi detail, saya kok jadi pengen main game, ya. Penasaran nyoba main game online sambil belajar ng -render video dan mendengarkan musik Dealova nya Mas Once. Eh, iya, sama nerusin nonton drama On The Way to The Airport pakai ASUS ROG Strix GL502V yang makin lama bikin jantung cenut-cenut hehe

Semoga Review ASUS ROG Strix GL502VS, Notebook Gaming Nvidia Pascal menarik kalian untuk mengapdosinyaa. Saya tambahkan juga video youtuber bermain game Titanfall 2 menggunakan ASUS ROG Strix GL502VS. Dari video ini kita bisa menyaksikan bagaimana detail visual yang dihasilkan 🙂

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=5WjHsyBjYA8

author
Author: 
loading...