Mengatasi dengan Benar Alergi Susu Pada Anak

Alergi adalah salah satu masalah kesehatan yang disebabkan karena sistem imun tubuh yang salah mengenali sesuatu yang masuk atau bersentuhan dengan tubuh sebagai suatu ancaman. Terdapat berbagai macam alergen seperti susu sapi. Alergi susu sapi biasanya terjadi pada anak-anak. Hal tersebut dikarenakan, sistem pencernaan anak yang belum sempurna sehingga tidak dapat menyerap protein susu sapi dengan sempurna.

alergi-susu-anak

Jika anak Anda mengalami alergi susu sapi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menghentikan pemberian susu formula dari susu sapi serta makanan yang terbuat dari olahan susu sapi. Jika anak Anda masih mengkonsumsi ASI, penghentian semua makanan yang terbuat dari susu sapi akan mencegah alergi yang menyatu dengan ASI dan tidak akan membahayakan anak.

Anak yang mengalami alergi terhadap susu sapi cenderung kekurangan kalsium dan vitamin D. Untuk mengatasi hal tersebut, berikan anak sumber kalsium serta vitamin D, misalnya telur, kedelai, salmon, tuna, sarden. Anda juga dapat mengajak anak bermain saat pagi hari sehingga anak dapat terpapar UV-B namun jangan terlalu lama. Cukup 3 kali dalam seminggu dengan waktu sekitar 10-15 menit untuk membuat anak mendapatkan cukup vitamin D.

Selain dengan memberikan makanan selain olahan susu sapi seperti yogurt, Anda juga dapat melakukan cek alergi anak atau memberikan susu formula pengganti. Saat memberikan susu pengganti untuk anak, perhatikan apakah anak mengalami alergi terhadap soya/kedelai atau tidak. Jika iya, berikan susu dengan proses hidrolisis sehingga protein susu terpecah hingga menjadi partikel yang kecil sehingga dapat diserap oleh tubuh. Namun, jika tidak mengalami masalah atau tidak alergi soya, susu soya dapat menjadi pilihan yang tepat dan terjangkau. SGM Ekplor Soya adalah susu dari soya dengan formula Isolat Protein Kedelai sehingga dapat mengganti sumber protein yang biasanya diperoleh dari susu formula dari susu sapi. Susu tersebut dapat diberikan untuk anak dengan alergi susu sapi serta anak yang menderita galaktosemia. Jadi, pilih SGM Eksplor Soya yang dilengkapi dengan presinutri+ untuk membantu tumbuh kembang anak lebih maksimal sehingga anak tetap dapat mengeksplorasi hal-hal di sekitarnya!

One thought on “Mengatasi dengan Benar Alergi Susu Pada Anak

  1. Dari sekian banyak bayi berumur 6 bulan dan perlu makanan tambahan, bisa diberikan makanan lain. Pemberian susu formula harus diberikan secara selektif, dan kalau kepepet, lebih baik pilih susu formula yang dibikin dari soya.

    Bayi-bayi yang menderita alergi susu sapi, asalkan dibebaskan dari susu formula konvensional, akan sembuh dari alergi ini dalam kurun waktu 1 tahun. Dan setelah itu dia boleh mengonsumsi minuman yang mengandung protein susu sapi lagi. Jadi dia tidak akan tergantung pada susu soya seumur hidupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *