Mau peralatan dapur awet? Jangan asal pakai Sabut!

Mencuci piring sejatinya pekerjaan menyenangkan. Ketika di rumah ada gawe besar, seperti acara pengajian, saya jadi orang pertama yang turun membersihkan tumpukan puluhan piring berikut alat-alat dapur. Beneran, lo! Kalau gak percaya, mbok ya percaya.. haha..

Se- nggak bisanya saya memasak, untuk urusan mencuci piring dan alat dapur, saya paling rajin dan bersih. Makanya Ibuk saya melimpahkan kegiatan ini pada saya seorang, soalnya beliau sudah membuktikan keberhasilannya. Ketika rasa malas menyerang, saya punya trik untuk menanggulanginya, yaitu dengan bermain sabut yang sudah dicampur dengan sabun lalu diremas-remas pelan sampai busanya halus. Cara ini sangat efektif untuk pemanasan sebelum melaksanakan kegiatan cuci piring. Yang anak generasi 80-90 pasti suka memainkan busa sabun ini.. 😀

Dalam salah satu artikel yang pernah saya baca di www.britequeen.com, salah satu teknik membersihkan sabut spons agar terbebas dari bakteri adalah dengan meremas-remas sabut spons setelah digunakan sambil diguyur air hingga busanya bersih lalu dijemur dibawah sinar matahari.

Ada alasan mengapa saya begitu rajin ‘hidup di dapur’, karena saya menggunakan sabut spons Scotch-Brite yang seratnya lembut. Jadi, walaupun melihat berpuluh-puluh piring numpuk dan amburadulnya wajan, panci, gelas, dan sendok, saya akan senang hati melakukannya.

Cuci piring bareng Chef, uhuiii! :D
Cuci piring bareng Chef, uhuiii! 😀

Disini, saya akan membagi tips mudah mencuci piring.

1. Pisahkan sesuai bentuk dan kategori

Saat melihat piring dan peralatan dapur menggunung di bak cuci piring, segera pisahkan menurut kategorinya. Piring sendiri, mangkok sendiri, gelas sendiri. Khusus sendok satukan ke dalam wadah lalu rendam dengan air. Untuk sementara, alat-alat masak seperti panci dan wajan jauhkan dari bak cucian supaya nyucinya bisa leluasa

2. Bersihkan sisa makanan

Agar efektif melakukan pekerjaan mencuci, sebaiknya buanglah sisa makanan di piring ke tempat sampah. Karena sisa makanan yang sudah bercampur dengan air, akan membuat bak cucian buntu dan air jadi susah mengalir

3. Hindari bau amis di gelas

Meskipun tampak mengkilap, seringkali gelas masih meninggalkan bau amis. Sebelum mencuci piring dan peralatan dapur lainnya, sebaiknya dulukan mencuci gelas.

4. Bilas Segera

Piring yang sudah digosok dengan sabut, segera bilas dengan air bersih dan terhindar dari kuman.

Peralatan makan

Lupa, sejak kapan di rumah memakai spon Scotch-Brite. Yang saya ingat, waktu itu sabut cuci piring di rumah rusak, dan saya pergi ke warung dekat rumah untuk membelinya. Kebetulan stock yang ada hanya Scocth-Brite, ya udah, sejak saat itu, tiap sabut cuci piring minta ganti, belinya merk itu. Setelah memakainya, Scotch-Brite efektif membersihkan peralatan dapur 3x Cepat Bersih, 3x Tahan Lama.

Dalam membersihkan alat masak, saya gak berani main-main. Apalah, udah bisa beli Teflon anti lengket aja udah Alhamdulillah banget, dan jangan sampai perangkat mahal itu rusak.

Untuk merawat alat masak agar awet, jangan asal menggunakan spons. Spons untuk cuci piring, berbeda dengan spons untuk nyuci panci. Mau tau bedanya?

Sabut Spons Hijau Scotch-Brite (ID30)

Sabut Spons Scotch-Brite

Sabut ini pemakaiannya khusus untuk mencuci alat-alat masak. Warna sabutnya hijau dengan lapisan spon kuning. Seratnya halus dan aman digosokkan ke panci dan perangkat lainnya. Ukurannya pas dengan genggaman orang dewasa, 100mm x 75mm x 30mm, sehingga menghasilkan alat masak bersih sempurna tanpa meninggalkan noda.

Sabut Spons Anti-Gores Scotch-Brite (ID37)

Scotch-Brite

Sabut ini didisain khusus untuk peralatan masak dan makan yang rentan rusak atau tergores, seperti teflon, piring keramik, sendok, dan lain-lain. Ukurannya lebih lebar sedikit dibanding Sabut Spons yang hijau, 109mm x 86mm x 30mm. Saya suka pakainya karena bentuknya lebar dan bikin pekerjaan mencuci slesai lebih cepat. Sabut Spons ini aman, tidak menggores alat dapur.

Walaupun beda jenis dan model, Sabut Spons Scotch-Brite mengandung serat mineral yang berkualitas. Teknologi yang digunakan ampuh membersihkan kotoran dan noda membandel pada perkakas dapur. Info rahasia dapir cemerlang, cari tau di https://www.facebook.com/ScotchBrite.Indonesia

Setiap kali selesai mencuci piring dan alat dapur saya selalu merasa puas. Puas karena satu tugas rumah selesai, dan saya bisa puas leyeh-leyeh sambil nonton siaran ulang drama Turki di Tivi hihi..

5 thoughts on “Mau peralatan dapur awet? Jangan asal pakai Sabut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *