Network Rally 4G LTE, XL ajak masyarakat tes jaringan di seluruh Surabaya

Network Rally 4G LTE Surabaya, XL ajak masyakat tes jaringan di seluruh Surabaya. Merasa bahagia ketika sinyal internet di Tablet Lenovo Yoga saya berlarian kencang saat melewati sudut-sudut kota Surabaya. Dari Surabaya Pusat, Surabaya Timur, Utara, Selatan, dan Surabaya Barat. Karena gadgetnya ada 2, saya berbuat adil dengan membagi satu sama lain via tethering sehingga aktivitas chatting dan share sosmed berhasil berjalan beriringan tanpa menemui kendala.

2016-09-23_10-08-37

Hari itu, 21 September 2016, saya menjadi peserta yang melakukan tes jaringan XL 4G LTE dengan berkeliling kota Surabaya. Dibekali kartu perdana XL HotRod XTRA 4GB saya manfaatkan kuota dengan sebaik-baiknya. Disetiap lokasi, saya tes jaringannya dengan nonton video di youtube dan upload image di twitter dan instagram. Nyoba downloadnya hanya ngunduh aplikasi Ookla. Memang, sih, ada bedanya antara penggunaan jaringan 3G dan 4G. 4G lebih kencang dan stabil. Apalagi Tablet Yoga saya udah support 4G, makin terasa jossnya!

2016-09-23_09-58-45
Sebelum berangkat, selfie dulu dengan Raffi Ahmad. Ngakunya sih, gitu … 😀

Selain paket data 4GB, kartu perdana itu memberikan gratis telepon 150 menit ke semua operator. Makin joss, laahhh… efeknya, saya gak lihat jalan mana saja yang dilewati bis, sinyal 4G XL ini memukau jari saya untuk menjelajah dunia internet digital. Tau-tau udah sampai Tugu Pahlawan. Tau-tau udah berada di dalam Kenpark! Dan, tau-tau masuk ke Primarasa makan siang, horee!

Pelepasan rombongan Network Rally 4G LTE XL Surabaya
Pelepasan rombongan Network Rally 4G LTE XL Surabaya

Acara Network Rally XL 4G LTE Surabaya melalui beberapa sudut-sudut kota. Start perjalanan dimulai dari Jalan Pemuda Surabaya dan Finish di Spazio Mall. Selama perjalanan, peserta diajak berhenti di spot-spot yang menarik, yaitu; Monumen Tugu Pahlawan, Kenpark, Masjid Agung, dan Spazio Mall. Hal ini untuk memastikan bahwa PT XL Axiata Tbk benar-benar menunjukkan komitmennya dalam memperluas jaringan 4G LTE di Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan Mojokerto.

Video Conference dengan XL Mojokerto, Sidoarjo, dan Gresik
Video Conference dengan XL Mojokerto, Sidoarjo, dan Gresik

Seperti yang disampaikan oleh Desy Sari Dewi, Vice President XL East Region, bahwa layanan internet cepat 4G LTE saat ini semakin memasyarakat. Tak hanya memperluas layanan layanan 4G LTE menjadi 2 kali Lebih Luas, XL juga menerapkan teknologi terkini, yaitu U900di jaringan 3G, agar kecepatan dan kestabilan sinyal bisa ditingkatkan. “ … Semakin baik kualitas layanannya, akan semakin banyak manfaat yang didapatkan oleh pelanggan.”

2016-09-23_10-00-16
Kadis Kominfo Jatim, Bapak Eddy Santoso dan Desy Sari Dewi

Tampaknya penyelenggara mengemas acara dengan sangat menarik. Network Rally XL 4G LTE Surabaya ini tak sekedar tes jaringan semata, namun semua peserta diajak untuk berakrab ria dengan teman-teman baru. Disetiap pemberhentian, panitia memberikan games-games seru yang tak diduga sebelumnya. Kelompok-kelompok kecil diciptakan untuk menjaring persahabatan terhadap sesama pengguna XL. Lomba selfie, menyusun puzzle, Most Wanted Challenge, menjadi bumbu cerita yang sangat seru. Tak tanggung-tanggung, panitia pun menyediakan banyak hadiah mulai smartphone, mifi, uang cash, hingga souvenir-souvenir dan snack yang dibagikan untuk peserta yang rajin menjawab soal.

2016-09-23_10-37-22
Syarat menjawab Most Wanted Challenge kudu foto bersama target

2016-09-23_10-36-47
Snacknya dibagi se-Bis soalnya Mas MC ‘Raffi Ahmad, ngakunya’ kehabisan pertanyaan!

Kabar terbaru, jaringan 4G LTE telah mengcover 86 kota/kabupaten di Indonesia. Sementara di Surabaya, dari 1300 lebih BTS, sebanyak 450 BTS telah menggunakan 4G. Layanan 4G LTE di Surabaya telah merangkul area yang menjadi pusat kegiatan bisnis dan ekonomi, pariwisata, pemerintahan, dan perguruan tinggi.

Foto kiriman Yuniari Nukti (@yuniarinukti) pada


Ngetes jaringan sambil dlosoran 😀

Sedangkan layanan U900 dapat digunakan untuk layanan voice, sms, dan internet cepat. Memahami masih banyaknya pelanggan yang menggunakan jaringan 2G dan 3G, layanan U900 diharapkan dapat memperluas cakupan internet cepat diberbagai daerah, termasuk wilayah yang masih kesulitan mendapatkan layanan internet memadai. Dengan teknologi maju ini masyarakat sudah bisa meninggalkan telnologi 2G nya.


Di Kenpark

Hingga saat ini saya masih terus melakukan uji coba jaringan XL 4G LTE. Terutama di kawasan sekitar Ngagelrejo. Sesuai pengalaman, jaringan di area ini masih terbatas. Signal bar smartphone saya selalu menunjukkan garis 2. Paling banter 3 bar. Sangat sulit mendapatkan 4 bar. Tak terlalu masalah karena pemakaian saya hanya sebatas chatting dan bersosmed. Buka Youtube juga masih lumayan. Entah, saya belum mencoba upload video via youtube. Sekedar upload video di Instagram, sih, masih cukupan.

Screenshot_2016-09-21-10-21-49
Speedtest 4G LTE di kawasan Kenjeran

Screenshot_2016-09-23-17-00-17
Speedtest di kawasan Ngagelrejo

Semoga setelah diselenggarakan Network Rally XL 4G LTE Surabaya layanan XL semakin meningkat, terutama daerah-daerah pinggiran. Saya memberi apresiasi penuh terhadap program XL ini, karena suara masyarakat adalah bentuk perhatian terhadap layanan XL.

Foto kiriman Mbak Avy (@mbak_avy) pada

4 thoughts on “Network Rally 4G LTE, XL ajak masyarakat tes jaringan di seluruh Surabaya

  1. Jaringan CDMA ku akhir september ini diperkecil coverage nya. Duh sedih deh. Pdhl ini CDMA paling luas jaringannya. Pernah dipake di puncak sinyalnya gak berkurang. Jadi pengen nyobain jaringannya XL

Leave a Reply