Dukung Pekan Menyusui Sedunia, Philips AVENT selenggarakan edukasi New Parents Class

Dukung Pekan Menyusui Sedunia, Philips AVENT selenggarakan edukasi New Parents Class di Surabaya. 30 Juli 2016, berlokasi di Hotel Java Paragon, saya menjadi salah satu peserta yang mengikuti pembekalan khusus untuk calon orang tua atau orang tua baru. Acara ini berlangsung riuh dan penuh semangat. Sekitar 200 calon orang tua baru hadir dan menyimak ilmu seputar manajemen Laktasi dan perawatan bayi yang disampaikan oleh dokter spesialis anak dan ahli gizi.

Philips AVENT New Parent Class

Hayo siapa yang tau kapan Pekan Menyusui Sedunia diperingati?
Pekan Menyusui Sedunia diperingati tiap tanggal 1 – 7 Agustus.

Yap! Hari ini dimulainya Pekan Menyusui Sedunia.
Bagi para Ibu yang sedang menyusui, tetap semangat ya memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Untuk calon Ibu, jangan ragu lagi memberikan ASI untuk bayinya nanti 🙂

Suasana Philips AVENT New Parents Class

Jam 9 pagi, Philips AVENT Parents Class dimulai. Sebelum masuk ke ruangan, saya bermain-main dulu dengan cat basah. Buat apa? Buat meninggalkan jejak jari untuk mendukung pemberian ASI Eksklusif hehe.

Salam 5 Jari :)

Di sekitar venue suasananya sangat ramai. Agar orangtua nyaman, panitia menyediakan playground untuk peserta yang membawa anak-anak. Selain itu ada photo booth juga..

2016-08-01_08-31-36

IMG_20160730_130557-01

Kelas Manajemen ASI & Menyusui

Pembicara pertama disampaikan oleh dr. Dian Pratamastuti Sp.A, dokter spesialis anak dari RS. Siloam yang memberikan materi tentang Manajemen ASI & Menyusui.

dr. Dian Pratamastuti Sp.A

Materi ini menarik perhatian saya. Menurut dokter kelahiran Semarang ini, ASI memiliki banyak manfaat. Antara lain:

• ASI mengandung zat antibodi yang berfungsi melindungi anak dari alergi dan infeksi sehingga anak ASI kebal terhadap penyakit.
• ASI mengandung enzim Laktosa yang membantu melancarkan pencernaan anak karena enzim ini mudah dicerna usus bayi sehingga tidak menyebabkan konstipasi.
• ASI terjamin kebersihannya karena diberikan langsung dari tubuh Ibu kepada anak. Lebih mudah dan praktis.
• ASI mengandung lebih banyak sumber vitamin, zat besi, kalsium, dan zat-zat mineral lain yang baik untuk tubuh bayi yang tidak ditemukan pada susu formula.

Walaupun ASI memiliki banyak manfaat, namun kenyataannya belum semua Ibu di Indonesia memberikan ASI Eksklusif pada anak. Menurut Pusat data dan Informasi Kementrian Kesehatan 2015, hanya 54,3% saja Ibu di Indonesia memberikan ASI pada anak. Angka ini masih jauh dari patokan target pemerintah sebesar 80%.

dr. Dian Pratamastuti Sp.A menunjukkan posisi menyusui bayi yang benar
dr. Dian Pratamastuti Sp.A menunjukkan posisi menyusui bayi yang benar

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012, rendahnya tingkat pemberian ASI eksklusif disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor Internal disebabkan oleh ketidakberhasilan Ibu dalam menyediakan ASI, sehingga timbul rasa tidak percaya diri memberikan ASI eksklusif pada anak. Kurangnya dukungan dari Ayah juga menjadi faktor eksternal penyebab Ibu tidak memberikan ASI eksklusif.

dr. Dian Pratamastuti Sp.A sepakat dan mengatakan, “Keberhasilan pemberian ASI bergantung pada faktor internal dan eksternal. Mengetahui dan memahami bagaimana mengelola ASI, dengan teknik, tips dan trik akan membantu orang tua merasa lebih nyaman dan siap. Dengan pengetahuan yang cukup serta dukungan dari suami dan lingkungan sekitar, Ibu akan memiliki kenyamanan yang dibutuhkan dalam membangun kepercayaan diri untuk menghasilkan ASI yang cukup bagi bayinya”

dr. Dian Pratamastuti Sp.A
dr. Dian menunjukkan cara menggunakan Breastfeeding pump

Melihat fenonema yan terjadi, Philips AVENT bekerja sama dengan 12 Rumah Sakit akan menyelenggarakan kelas eksekutif menyusui. Program edukasi New Parents Class yang diadakan Philips AVENT melibatkan para ahli yang akan membekali para calon orang tua tentang Manajemen Laktasi, Perawatan Bayi dan MPASI. Seri pelatihan dan praktik langsung ini bekerja sama dengan 12 Rumah Sakit antara lain: RS. Siloam Surabaya, RS. Nasional Surabaya, RS. Husada Utama, RS. Lombok Dua Dua Lontar, dan RS. Lombok Dua Dua Flores Surabaya.

Marketing Manager Mother and Child Care, Philips Personal Health Indonesia, Ratna Kurniawati dalam sambutannya mengatakan, “…. Philips AVENT New Parents Class adalah bagian dari upaya meneruskan komitmen mendukung pemberian ASI eksklusif sesuai rekomendasi WHO agar ASI eksklusif diberikan hingga bayi berusia 6 bulan. Dan Philips AVENT berkomitmen mendukung Ibu di setiap tahapan agar dapat menyusui lebih lama”.

Seorang Ibu mencoba produk Philips AVENT Breastfeeding pump
Seorang Ibu mencoba produk Philips AVENT Breastfeeding pump

Berikut ini adalah hal penting yang patut diperhatikan oleh Ibu Menyusui:

1. Berikan ASI eksklusif pada bayi selama mungkin. Idealnya, seorang bayi diberikan ASI minimal hingga berusia 6 bulan
2. Saat menyusui carilah tempat yang nyaman untuk menghindari stress Ibu. Bila Ibu rileks, bayi akan tenang
3. Sering menyusui akan menstimulasi produksi ASI selama berminggu-minggu sehingga kuantitas ASI makin bertambah
4. Ketika dikantor jangan segan untuk menyusui atau memerah ASI. Jangan segan minta ruangan khusus kepada atasan
5. Minta bantuan dan informasi dari tenaga kesehatan profesional atau konselor laktasi

Kelas Pijat Bayi

Setelah menyerap manajemen ASI, materi selanjutnya adalah Pijat Bayi yang disampaikan oleh dr. Stefanie, SpKFR dari RS. Nasional Surabaya.

dr. Stefanie, SpKFR

Pijat pada bayi adalah aktifitas penting yang sebaiknya dilakukan orang tua kepada bayi. Kontak fisik kulit antara Ibu dan anak ini bermanfaat meningkatkan kualitas tidur bayi lebih nyenyak. Manfaat lainnya adalah merangsang respon saraf bayi dan mengusir rasa tidak nyaman saat tumbuh gigi, gangguan pencernaan dan stres. Pijat bayi dapat dilakukan ketika bayi sedang demam dan setelah imunisasi.

Menunjukkan cara memijat bayi yang benar
dr. Stefanie, SpKFR Menunjukkan cara memijat bayi yang benar

Kelas Pemberian Makanan Tambahan

Sesi terakhir adalah kelas MPASI oleh ahli gizi Prof. dr. Bambang Wirdjadmadi, MS, Mcn, Phd, Spgk dari Rumah Sakit Husada Utama.

Prof. dr. Bambang Wirdjadmadi, MS, Mcn, Phd, Spgk

Pemberian Makanan Tambahan pada bayi sebaiknya diberikan saat bayi berusia 6 bulan. Usia setelah 6 bulan adalam masa dimana bayi sedang aktif bermain sehingga membutuhkan banyak energi. Sedangkan pemberian ASI mulai tidak mencukupi kebutuhannya.

Yang dilakukan Ibu ketika bayi berusia 6 bulan:

• Bayi sudah mulai diberikan makanan tambahan
• Frekuensi pemberian makanan tambahan 2 – 3 kali makan ditambah ASI
• Jumlahnya sebanyak 2 – 3 sendok makan serta mulai dikenalkan rasa secara perlahan
• Tekstur makanan pengganti berupa bubur kental

Philips AVENT dan Inovasi meningkatkan kesehatan masyarakat

Philips AVENT adalah produk inovasi Philips kategori Ibu dan Anak. Merupakan bagian dari Royal Philips (NYSE: PHG, AEX: PHIA) yang berfokus pada peningkatan kesehatan masyarakat mulai gaya hidup sehat dan pencegahan, diagnosis, pengobatan hingga perawatan di rumah.

Produk-produk Philips AVENT
Produk-produk Philips AVENT

“Produk-produk inovatif Philips AVENT merupakan sahabat para Ibu, mendukung para Ibu disetiap langkahnya saat mereka merawat si buah hati” jelas Ratna Kurniawati, Marketing Manager Mother and Child Care, Philips Personal Health Indonesia.

Philips AVENT

Berpengalaman selama 30 tahun, Philips Avent terus menerus menyediakan inovasi untuk melayani kehidupan orang banyak. Produk-produk Philips AVENT mulai Pompa ASI hingga susu botol natural. Inspirasi produk Philips AVENT didapat dari mendengar langsung kebutuhan orang tua ketika memberikan ASI sang buah hati.

Ayo dukung pemberian ASI Aksklusif
Ayo dukung pemberian ASI Aksklusif #IbuNyamanASILancar

4 thoughts on “Dukung Pekan Menyusui Sedunia, Philips AVENT selenggarakan edukasi New Parents Class

  1. iya sekarang ibu menyusui lebih dimudahlan dengan banyak alat yang membantu proses menyusui , tidak sepertui jamanku dulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *