Mengatasi Gangguan Tidur dan Pengaruh Tumbuh Kembang Pada Anak

Mengatasi gangguan tidur dan pengaruh tumbuh kembang pada anak bukan persoalan sepele lho, Bun. Sering sekali orang tua megeluhkan perilaku gangguan tidur anak-anak di usianya yang balita. Banyak pengaruh yang menyebabkan si anak susah tidur meski dalam kenyataannya mata mereka merem, atau bahkan malah rewel. Anak yang tidak memiliki waktu cukup tidur ternyata dapat mempengaruhi tumbuh kembang mereka. Nah! Cari tau, yuk!

Sebetulnya, apa sih yang mengganggu pola tidur anak-anak sehingga mereka tidak nyaman ketika tidur?

Menurut Dokter Spesialis Tumbuh Kembang Anak, Dr. Mira Irmawati, Sp.A(K) dalam presentasinya di hadapan orang tua pada Perayaan Jutaan Ibu di Indonesia Yakin #PakaiPampers di SuperMall tanggal 21 Mei 2016 lalu, bahwa gangguan tidur adalah kondisi dimana jumlah waktu yang dibutuhkan untuk tidur tidak mencukupi. Anak yang sulit tidur atau rewel sepanjang malam akan mengganggu dan hal ini dikeluhkan sebagai gangguan tidur anak dalam keluarga.

“Tumbuh kembang merupakan proses yang sangat kompleks untuk diamati dan berlangsung sangat cepat. Aktivitas tidur pada bayi bukan hanya menghilangkan rasa lelah atau capek, tetapi juga mempengaruhi tumbuh kembangnya.Oleh sebab itu bayi harus mendapatkan kenyamanan fisik selama tidur yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan..”

Anak akan mendapatkan istirahat yang dibutuhkan bila hal-hal dibawah ini dipenuhi secara seimbang, yaitu:

1. Jadwal tidur dalam sehari
2. Total panjang waktu tidur
3. Tidur siang
4. Konsolidasi tidur

Hmm.. dari poin-poin di atas adakah yang belum dipenuhi, Bun? Kalau saya sih yang nomer 3. Duh, susahnya nyuruh anak tidur siang hehe..

Lama tidur juga berpengaruh lho Bun pada gangguan tidur. Seperti yang disampaikan oleh dokter Mira, berikut ini adalah waktu normal tidur pada usia anak-anak:

• Bayi baru lahir : 16 – 20 jam
• Bayi usia 1 – 12 bulan : 13 – 15 jam
• Batita 1 – 3 tahun : 11 – 12 jam

Mengatasi gangguan tidur dan pengaruh tumbuh kembang pada anak solusi yang diberikan oleh dokter Mira, “…… Dengan mendapatkan popok yang tepat seperti popok harus tetap kering sepanjang malam sehingga kulit terasa nyaman, tidak gatal atau perih, pastinya akan berpengaruh terhadap kenyamanan tidur bayi. Kenyamanan pada saat tidur akan membuat siklus tidur REM maupun non-REM berlangsung bergantian secara alamiah. Sehingga pertumbuhan fisik, emosi dan kognitif bayi akan berkembang optimal”

Bila bicara popok bayi yang pertama kali tercetus adalah Pampers. Pampers popok no. 1 di dunia merupakan pelopor popok sekali pakai yang telah dipercaya dari generasi ke generasi dan tak sangka telah menjadi bagian hari-hari Ibu dan bayi selama lebih dari 50 tahun.

Untuk memberikan kontribusi kepada Ibu dan bayi di Surabaya sekaligus Menyambut Hari Jadi kota Surabaya ke-723, Pampers akan membagikan 723 popok Pampers per Puskesmas untuk seluruh Puskesmas di kota Surabaya. Febrina Herlambang, Communications Manager P&G, mengatakan, “ …. sebagai bentuk komitmen Pampers untuk membantu dan mendukung perkembangan kesehatan dan kebahagiaan bayi di Surabaya. Pampers berterima kasih kepada seluruh Ibu di Surabaya yang telah menggunakan dan yakin #PakaiPampers”

Perayaan Yakin #PakaiPampers di Surabaya dihadiri oleh Gisella Anastasia beserta putrinya Gempi yang berusia 1 tahun dan Artika Sari Devi. Keduanya adalah Brand Ambassador Pampers.

“… Sejak Gempi baru lahir saya sudah membuktikan sendiri bagaimana Gempi selalu tidur nyenyak karena teknologi Pampers Baby Dry Pants bisa mengunci basahan hingga 99.9% untuk menjaga kulit tetap kering sepanjang malam..”

Sepakat dengan Gisella, Artike juga berpendapat, “… Sebagai seorang Ibu saya sangat teliti dalam pemilihan popok. Dengan inovas dan teknologi yang terus berkembang, saya yakin Pampers adalah pilihan terbaik bagi anak saya sehingga Zoe dapat tidur nyenyak dan bangun dengan ceria”

Dalam perayaan itu, Pampers mengajak pengunjung Super Mall Pakuwon Indah di Lantai LG jalan-jalan keliling mini Indonesia serta miniatur ikon wisata Surabaya. Setiap pembelian Pampers, Ibu dan anak dapat naik Pampers train, berfoto selfie, hingga bebas bermain di Playground.

Pampers juga bagi-bagi hadiah bips dan free sample kemasan satuan hemat Pampers Baby Dry Pants dengan cara mengunggah foto selfie di social media dengan hastag #PakaiPampers.

Mengatasi gangguan tidur dan pengaruh tumbuh kembang pada anak dapat dilakukan dengan cara memberikan mereka kenyamanan saat tidur agar mereka lelap dalam mimpinya. Bagaimana Bun, yakin #PakaiPampers?

3 thoughts on “Mengatasi Gangguan Tidur dan Pengaruh Tumbuh Kembang Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *