Inilah Masjid paling adem di Surabaya

5 comments 802 views

Inilah Masjid paling adem di Surabaya. Konon, Surabaya dikatakan sebagai kota Bisnis. Rata-rata tujuan orang ke Surabaya adalah untuk menemui klien dan segala kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan. Lalu, bagaimana nasib Wisata di Surabaya?

Nah, inilah salah satu pandangan orang yang salah terhadap kota Surabaya. Memang benar Surabaya sebagai Ibukota Propinsi lokasinya paling timur sendiri. Berbatasan dengan pulau Madura. Tapi, soal wisata, Surabaya tak kalah menarik dengan kota besar lainnya. Buktinya, kian hari, kian banyak saja bangunan Hotel di Surabaya yang tumbuh dengan pesat. Kalau ada waktu liburan, cobalah habiskan liburmu bersama keluarga di Surabaya.

Baiklah, ini tentang salah satu destinasi wisata religi ‘baru’ di Surabaya. Masjid paling adem di Surabaya. Saya sebut baru sebab tidak banyak orang yang menulis destinasi religi ini. Entah mengapa, dugaan saya karena lokasinya yang berada di perkampungan padat penduduk. Namun percayalah, destinasi ini sama sekali bukan baru, justru ini adalah bangunan tua. Namanya Masjid Paneleh.

Foto kiriman Yuniari Nukti (@yuniarinukti) pada

Ada yang pernah sholat di Masjid Paneleh Surabaya?
Saya baru sekali, dua hari lalu 😀

Menurut sejarah yang pernah saya baca, Masjid Paneleh merupakan masjid yang dibangun oleh Kanjeng Sunan Ampel sebagai tempat menyebarkan agama Islan di Surabaya. Masjid ini di bangun pada tahun 1421 dan dipercaya sebagai Masjid yang lebih tua dari Masjid Sunan Ampel. Baru tau kan, kalau di Surabaya masih ada Masjid lebih tua dari Masjid Ampel? Sama! 😀

Jika tidak hapal kota Surabaya, akan sulit menemukan Masjid ini. Lokasinya jauh dari jalanan padat kendaraan, justru malah berada di gang sempit yang padat penduduk. Alamat pastinya di jalan Paneleh gang 5 Surabaya.

Mendapati Masjid ini seperti melihat bangunan jaman lampau dengan jendela lebar nan tinggi yang terbuka lebar. Sekilas saja akan nampak bahwa Masjid ini adalah bangunan tua. Cirinya ada pada kayu jati jendela dan pintu masuk Masjid. Dari luar Masjid ini nampak kecil, tapii.. begitu masuk ke dalam, wooaaah.. luaaas banget! hawabnya juga adem. Efek atap tinggi kali, ya.. atau memang karena di dalam Masjid membuat suasana hati jadi adem? Pokoknya begitu sholat di dalam Masjid ini, jiwa saya terasa nyeeesss…

Jika hati kalian sedang merasakan panas, atau merasa kepanasan dengan cuaca Surabaya, coba sholat di Masjid ini, Insya Allah hatimu akan terasa adem..

author
Author: 
loading...
  1. author

    Lidya8 months ago

    adem measjidnya, Adem hatinya juga

    Reply
  2. author

    Bibi Titi Teliti8 months ago

    Kalo lihat dari fotonya sih, emang kayaknya adem banget mbaaaak :))

    Ayok, ntar kalo ke Bandung main ke Masjid Raya di alun-alun Bandung mbaaak, biar makin kekinian hehehe,,,

    Reply
  3. author

    HM Zwan8 months ago

    kalo ke mesjid identik sama ademm,tentrem aja gitu hatinya…

    Reply
  4. author

    leeviahan8 months ago

    woww adem banget dilat dari jendela dan ukuran langit”dengan tiang penyanggah, bikin udara bertukar mudah dan adem ^^

    Reply
  5. author

    Prih8 months ago

    Lapang, berlangit tinggi yg ibadah tambah adem ayem ya Jeng Yuni

    Reply

Leave a Reply