Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016, even edukasi menyiapkan awal kehidupan terbaik si Kecil

Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016, even edukasi menyiapkan awal kehidupan terbaik si Kecil. Hari masih pagi ketika saya tiba di Dyandra Convention Surabaya untuk mengikuti event Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016 atau PPEJ 2016 yang berlangsung pada hari Minggu kemarin, 24 April 2016. Harapan saya setelah mengikuti event ini supaya mendapat pencerahan seputar pra kehamilan.

Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016

Kamu mau hamil, Yun? Mau banget! hehe..

Boleh ya, saya cerita sedikit..

Jadi saya dulu itu pernah hamil, entah karena sebab apa saya mengalami keguguran. Kata dokter, bayi di kandungan saya tidak berkembang. Usia kandungan saya saat itu menginjak 12 atau 13 Minggu, saya lupa.

Jika di flashback kembali, saat sedang hamil dulu, emosi saya naik turun sangat tajam. Mudah marah dan mudah lapar. Apalagi gejala morning sickness yang susah sekali dikendalikan. Bau masakan, mual. Bau ini, bau itu, muntah. Tanpa saya sadari saya mengalami stress yang berkepanjangan, terlebih kepala saya pusingnya nggak karuan. Satu hal yang sangat membantu meringankan tingkat stress saya adalah harum botol minyak kayu putih. Tiap kali merasa tidak nyaman, saya hisap aroma kayu putih.

Merasakan hamil pertama kali merupakan kebahagiaan yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Saya tak mengira suatu hari nanti bakal memiliki bayi. Belum-belum, bayangan yang indah-indah bermunculan di kepala saya. Nihilnya pengalaman dan minimnya edukasi pra kehamilan saya kesampingkan begitu saja. Hampir-hampir saya tak berpikir untuk konsultasi ke dokter kandungan karena berpikir janin di kandungan saya PASTI baik-baik saja.

Rupanya janin itu TIDAK baik-baik saja. Pada suatu hari perut saya sakit luar biasa. Dan baru diketahui ternyata saya mengalami keguguran. Janin yang saya kandung tidak bisa di pertahankan. Walaui begitu, dokter kandungan saya memberi semangat agar saya menjalani program kehamilan kembali. Walau saya optimis, namun kehamilan belum menyapa saya.

Antrian mengular di Booth Registrasi PPEJ 2016 Sby

Antrian mengular di Booth Registrasi PPEJ 2016 Sby

Belum genap jam 7, meja registrasi telah dipenuhi oleh ibu-ibu yang antusias mengikuti PPEJ 2016. Rata-rata mereka adalah Ibu hamil dan Ibu menyusui. Tapi banyak juga sih peserta yang tidak sedang hamil dan menyusui yang datang, termasuk saya. Mungkin mereka adalah istri yang sedang merencanakan kehamilan seperti saya. Terlihat juga Bapak-bapak yang menemani istrinya. Berada di sana saya merasa memiliki banyak teman seperjuangan.

Saat di booth Pra Kehamilan, saya sempat membuka obrolan dengan salah satu Ibu. Namanya Lina. Saya manggilnya Mbak Lina. Mbak Lina tidak sedang hamil, Ia sengaja meluangkan waktu datang ke PPEJ untuk mengikuti kelas Pra Kehamilan, “Saya ingin hamil, Mbak, makanya saya datang ke mari” ujar Mbak Lina yang usia pernikahannya masuk ke 2 tahun. Ah, kita seperjuangan, Mbaak..

Prenagen Pregnancy Educational Journey Surabaya 2016

Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016 adalah event terbesar seputar Pra Kehamilan, Kehamilan, dan Ibu Menyusui yang pernah saya hadiri selama ini. Sukses menyelenggarakan even di Bandung, PPEJ 2016 hadir di kota Surabaya dan akan berlanjut di kota Makassar pada 22 Mei mendatang. Datang ya, catet tanggalnya!

PPEJ2016

PPEJ 2016 selain memberikan edukasi kepada calon dan para orang tua, juga sebagai ajang kampanye Prenagen peduli Ibu Sehat Indonesia Sehat. Seperti yang sering kita dengar, kasus kematian ibu melahirkan di Indonesia masih sangat tinggi. Minimnya edukasi 1000 Hari Pertama Kehidupan bagi orang tua menjadi salah satu penyebabnya.

Even PPEJ 2016 Surabaya berlangsung antara jam 07.00 hingga 13.00. Selama itu peserta bebas mengikuti kelas-kelas yang telah di sediakan dan melakukan interaksi secara langsung bersama dokter-dokter yang kompeten di bidangnya.

Kelas PRA KEHAMILAN

Di kelas Pra Kehamilan dr. Erlin Hanifah memberikan pengetahuan proses kehamilan terjadi. Dokter Erlin sangat bagus membawakan teorinya dengan bahasa yang mudah di pahami. Saya senang mengikuti kelas Pra Kehamilan ini. Selain saya butuh belajar, juga karena penyampaian dokter Erlin merasuk kalbu 🙂

dr. Erlin menulis Rumus Masa Subur

dr. Erlin menulis Rumus Masa Subur

Dokter Erlin menyampaikan masa subur untuk program kehamilan, antara lain:

1. Menghitung masa subur. Siklus masa subur wanita normalnya 28 hari. Rumus Masa subur dihitung hari ke 14 dari tanggal haid pertama (maju mundur 3 hari)
2. Mengatur suhu basal tubuh saat sebelum dan sesudah tidur.
3. Memeriksa lendir serviks. Saat masa subur lendir serviks relatif bening dan kental
4. Pastikan tubuh bebas dari Toxoplasma
5. Persiapkan Mental, mental sangat penting bagi Ibu hamil, salah satunya dengan memberikan asupan nutrisi

Dalam sesi tanya jawab, ada seorang Ibu bertanya, “Dok, mengapa kehamilan selalu di identikkan dengan kesehatan sang istri. Bagaimana dengan kesehatan suami?”

Menurut saya pertanyaan Ibu ini bagus sekali. Dengan sabar, dokter Erlin menjawab, bahwa kesehatan suami juga perlu diperhatikan. Jika setelah di periksa kondisi ibu dalam keadaan baik, coba gantian suami yang diperiksa. Jangan malu pergi ke dokter kandungan.

Pesan dokter Erlin,

“Jangan mikir cepat hamil, tetapi pikirkan kesiapan menyambut kehamilan secara optimal”

Kelas KEHAMILAN

Puas mengikuti kelas dr. Erlin, saya beranjak ke kelas Kehamilan. Di sini saya tak begitu lama karena saya malah tertarik mengikuti kelas Menyusui hihi..

Kelas Kehamilan di sampaikan oleh dr. Erza. Dari sekian kelas, kelas Kehamilan yang paling banyak di minati peserta. Mungkin karena banyak yang sedang hamil sehingga mereka antusias mendengarkan paparan dokter yang rela keliling membawa mic mendekati Ibu yang ingin bertanya kepada dokter.

dr. Erza diantara kerumunan Ibu-Ibu Hamil :D

dr. Erza diantara kerumunan Ibu-Ibu Hamil 😀

Dalam materinya, dokter Erza mengajak Ibu hamil agar sering mengelus-elus perutnya. Di elus sambil mendengarkan instrumen musik agar janin di dalam kandungan nyaman. Dokter Erza tidak menyarankan ibu hamil untuk memijat perut, “Perut ibu hamil sudah di atur oleh Yang Kuasa, jadi tidak perlu di pijat. Cukup di elus-elus saja”

Yang paling saya ingat dari penyampaian dokter Erza adalah, Ibu yang siap melahirkan jangan mudah minta operasi. Kalau bisa normal, ambil normal saja!

Kelas MENYUSUI

Bidan Evita mempraktekkan cara memijat bayi dengan benar

Bidan Evita mempraktekkan cara memijat bayi dengan benar

Kelas inilah yang telah menyedot perhatian saya. Bidan Evita, tak hanya memberikan teori, tetapi juga praktek langsung di hadapan Ibu-ibu.

Dengan membawa boneka bayi, Bidan Evita mencontohkan posisi menyusui yang strategis agar bayi nyaman di pelukan.

Bidan Evita juga mencontohkan bagaimana cara memandikan bayi yang baru saja lahir, mengajari cara memijit bayi, mengajari memperlakukan bayi dengan baik dan hati-hati, dan sebagainya. Saya benar-benar terkesima melihatnya.

“Saat memandikan bayi yang baru lahir, bagian muka tidak usah di beri sabun. Cukup di lap saja pelan-pelan. Kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif sekali” kata Bidan Evita.

Kelas NUTRISI SEHAT

Sudah belajar ini – itu, saya mengarah ke booth Kelas Nutrisi Sehat. Di kelas ini Chef Eddrian melakukan demo masakan. Ada beberapa menu yang di olah oleh Chef Eddrian, mulai menu masakan untuk Pra Kehamilan, menu untuk Kehamilan, dan menu untuk Ibu menyusui. Tentu saja semua bahan yang digunakan mengandung gizi tinggi dan dari bahan-bahan segar alami.

Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016

Saya akan membagikan salah satu resep Pra Kehamilan dari Chef Edrian. Simak, ya:

Resep Green Smoothies
Bahan:
Brokoli
Apel Hijau
Kiwi
Pisang
Madu

Cara membuat: Semua bahan di campur jadi satu lalu di blender.

Kandungan Nutrisi: Brokoli mengandung vitamin K dan Kolin yang baik untuk kesuburan dan perkembangan janin

Chef Eddrian diantara Ibu-Ibu

Chef Eddrian diantara Ibu-Ibu

Talkshow Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016

Tak terasa sesi Talkshow Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016 akan dimulai dengan tema Siapkan Awal Kehidupan Terbaik si Kecil. Di dalam gedung convention serba luas dan tampak ‘wah’ dengan pernik serba ungu nan memukau, penari Belly Dance mengawali hiburan dengan nuansa lagu India.

Tarian Belly Dance

Tarian Belly Dance

Tak kalah menarik ada Mona Ratuliu yang baru-baru ini menulis sebuah buku seputar parenting. Sesi talkshow PPEJ 2016 di sampaikan oleh beberapa ahli, antara lain dr. Boy Abidin, SpOG(K), Roslina Verauli M, Psi, dan Bubun Irene F. Mongkar.

Mona Ratuliu sebagai moderator

Mona Ratuliu sebagai moderator

dr. Boy Abidin dan 1000 HPK

Menurut dr. Boy Abidin, seorang ahli Kebidanan dan Ginekologi, 1000 Hari Pertama Kehidupan adalah masa-masa penting bagi Ibu memberi asupan nutrisi bagi janin yang di kandungnya. Agar janin tetap sehat, pada masa ini, Ibu harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Asam folat akan membantu mengurangi gejala morning sickness yang diakibatkan oleh peningkatan hormon pada tubuh sang Ibu. Asam Folat juga baik untuk si jabang bayi agar setelah lahir nanti tidak mengalami cacat. Tidak susah lho mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat, kata dokter Boy, saat ini banyak produk asam folat yang dikemas dalam bentuk susu, juice, dan lain-lain.

Saya dan Emak Blogger bersama dr. Boy Abidin :)

Saya dan Emak Blogger bersama dr. Boy Abidin 🙂

Mungkin ada yang bertanya, apa yang di maksud dengan 1000 HPK?

1000 HPK adalah singkatan dari 1000 Hari Pertama Kehidupan atau yang lebih dikenal sebagai periode emas. 1000 HPK dihitung dari awal kehamilan terjadi hingga 9 bulan ke depan plus masa perkembangan bayi hingga anak usia 2 tahun. Detailnya seperti ini:

1000 HPK = 270 hari (masa hamil 9 bulan) + 730 hari (anak berusia 2 tahun)

Resep dr. Boy Abidin dalam mempersiapkan 1000 HPK adalah:

1. Makan makanan yang mengandung nutrisi
2. Makan makanan dengan porsi cukup, lengkap dan seimbang
3. Konsumsi sayur, buah, ikan, dan susu
4. Banyak minum air putih, 2-3 liter per hari
5. Ibu Hamil dilarang konsumsi kopi, rokok, dan alkohol
6. Ibu Hamil harus menghindari polusi dan zat berbahaya
7. Lakukan aktifitas secukupnya, dan hindari menggunakan sesuatu yang membahayakan, misalnya sandal tinggi dan licin
8. Tidur yang cukup dan hindari begadang
9. Perbanyak olah raga
10. Periksa kehamilan secara teratur dan berkualitas

Roslina Verauli M, Psi dan pentingnya relaksasi pada masa kehamilan

Psikolog Roslina Verauli mengajak seluruh di ruangan melakukan relaksasi

Psikolog Roslina Verauli mengajak seluruh di ruangan melakukan relaksasi

Sebagai Psikolog anak dan keluarga, kehadiran Ibu Roslina cukup membuat suasana tenang. Bersama peserta yang lain, Ibu Roslina mengajak semua hadirin untuk melakukan relaksasi diri. Saat sedang hamil, relaksasi dapat menciptakan suasana hati dan pikiran menjadi nyaman.

Yang paling penting, saat sedang hamil harus selalu merasa bahagia sebab bila Ibu bahagia, janin di kandungan juga akan merasa bahagia.

Mengenal Rangsangan Sensorik dan Motorik pada bayi bersama Bubun Irene F. Mongkar

Bubun Irene F. Mongkar adalah seorang pakar stimulasi anak. Di sesi ini Bubun Irene mengajak semua hadirin untuk mengenal rangsangan pada bayi.

Bubun Irene

Bubun Irene

Rangsangan pada bayi pertama kali di mulai pada usia 2 bulan. Pada masa ini bayi mulai mengenal perabaan. Pada tahap selanjutnya, ketika anak berusia 2-5 bulan bayi diajak mengenal rangsangan pendengaran dan respon sensasi vital. Hingga kemudian usia 15 bulan, bayi mulai merangkak.
Perlu diketahui, pada masa mengenal rangsangan ini bayi harus aktif diajak bergerak. Efek yang ditimbulkan bila tahap ini terlewat adalah bayi tidak mengenal rangsangan secara baik akan mengurangi daya konsentrasi, tidak mudah fokus, tidak peka, koordinasi tangan dan mata menjadi jelek.

Perlu di catat bahwa,

Rangsangan harus diberikan dengan sengaja tidak secara kebetulan

Waah, benar-benar acara yang bagus. Gak rugi saya datang pagi-pagi ke acara ini. Banyak materi dan pelajaran penting yang saya dapatkan dalam mengenal 1000 Hari Pertama Kehidupan. Gak menyesal saya datang ke acara ini! Bagi Teman-teman yang ingin ikutan juga, daftar aja ya, pembelian tiketnya di sini!

Talkshow Siapkan Awal Kehidupan Terbaik si Kecil di tutup dengan selfie bersama dilanjut bagi-bagi dorprize dan hadiah untuk beberapa pemenang. Pokoknya seru deeh, bertabur banyak hadiah!

Sesi penyerahan hadiah Pemenang Best Costume PPEJ 2016 Surabaya

Sesi penyerahan hadiah Pemenang Best Costume PPEJ 2016 Surabaya

Sebelum memutuskan pulang, saya mampir ke booth foto-foto. Iyaaa, PPEJ 2016 telah menyiapkan foto booth untuk seluruh peserta melakukan foto-foto. Boothnya lucu, bahkan disediakan pernik-pernik buat kita foto di sana..

Photo Booth

Photo Booth

Store PRENAGEN

Ini yang paling penting, Store Prenagen bagi-bagi banyak hadiah, lho! Ada Water Jug, Tas Cantik, Baby Play Gym, hingga paket Stimulasi Anak. Harga yang dipajang juga lebih murah dari harga di super market. Lebih hemat!

Di Store Prenagen produk yang di sajikan lengkap.

Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016

Prenagen Esensis
Prenagen Esensis adalah nutrisi khusus bagi Ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan. Saya dulu sering minum yang rasa coklat. Enaak, gak eneg.

Prenagen Mommy
Prenagen Mommy adalah nutrisi dalam masa kehamilan. Saya sudah coba rasa Kacang Hijau, enaak. Tersedia juga Prenagen Mommy ukuran praktis UHT 200 ml.

Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016

Prenagen Mommy Emesis
Prenagen Mommy Emesis adalah nutrisi kehamilan untuk mengurangi gejala mual dan muntah.

Prenagen Lactamom
Prenagen Lactamom adalah nutrisi khusus untuk Ibu yang sedang menyusui agar kualitas ASI meningkat.

Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016

Prenagen Juice
Juice sari buah Delima dan Anggur untuk dikonsumsi saat masa persiapan kehamilan, hamil, dan menyusui.

Prenagen Prenapro
Mengandung Asam Folat tinggi untuk memberi nutrisi bagi Ibu yang sedang merencanakan kehamilan. Asupan nutrisi yang baik akan membantu meningkatkan kesuburan Ibu sehingga calon bayi yang dikandung menjadi sehat dan berkembang baik. Prenagen Prenapro adalah produk terbaru dari Prenagen, lho!

#PRENAGRAM, PRENAGEN Peduli Ibu Sehat Indonesia Sehat

Prenagen Peduli Ibu Sehat Indonesia Sehat merupakan bentuk kepedulian Prenagen kepada masyarakat berupa gerakan mewujudkan kesadaran pentingnya menjaga kesehatan dan keselamatan Ibu Hamil beserta janin dalam kandungan. Di booth ini para Ibu bebas menuliskan harapannya melalui sebuah kertas kemudian di tempel di papan yang telah disediakan.

#PRENAGRAM, PRENAGEN Peduli Ibu Sehat Indonesia Sehat

#PRENAGRAM, PRENAGEN Peduli Ibu Sehat Indonesia Sehat

Untuk Ibu di seluruh Indonesia juga bisa mengikuti gerakan Prenagen Peduli, Ibu Sehat Indonesia Sehat melalui media digital. Caranya:

1. Follow akun social media @PRENAGENworld di Twitter dan Instagram
2. Tulis harapan Ibu beserta foto lalu mention @PRENAGENworld
3. Gunakan hashtag #PRENAGRAM
4. Gerakan #PRENAGRAM ini berlaku mulai 1 April hingga 31 Oktober 2016

Ayo, turut berbagi harapan bersama jutaan Ibu di seluruh Indonesia.Pssstt.. bagi yang beruntung berkesempatan mendapat hadiah menarik, lho!

Info Lengkap kunjungi akun Prenagen World di bawah ini:

Website: www.prenagen.com
Twitter: @PRENAGENworld
Instagram: @PRENAGENworld
Facebook: https://www.facebook.com/PrenagenWorld
Youtube: https://www.youtube.com/user/PrenagenWorld

author
Author: 
loading...
  1. author

    Lidya9 months ago

    justru dari sebelum hamil dan masa kehamilan harus diedukasiya mbak

    Reply
  2. author

    @nurulrahma9 months ago

    Lengkap bingits reportasenya nih, mbak Yun.
    Sip, sip, Prenagen emang oceee

    Reply
  3. author

    Hildai Ikka9 months ago

    Aku datang dengan kondisi nggak hamil tapi udah menyerupai ibu-ibu hamil XD

    Reply

Leave a Reply