Menyimpan Makanan di Kulkas Tak Boleh Sembarangan Lho

Kulkas senantiasa jadi penyelamat bagi isi dapur kita. Bagaimana tidak, hampir semua bahan makanan mentah maupun makanan yang sudah matang bisa dimasukkan ke kulkas agar tahan lama. Apalagi jika kita sudah mendapatkan kulkas dari MatahariMall. Rutinitas di dapur jadi semakin menyenangkan saja rasanya.

Perkara belanja online memang tak lagi jadi hal menyusahkan. Ingin beli kulkas maupun isinya, semua ada di MatahariMall. Namun kendala baru akan muncul jika kita tidak mahir menyimpan makanan di kulkas. Sebenarnya bagaimana sih cara tepat untuk menyimpan makanan di kulkas?

bingkisan

Trik Menyimpan Telur Agar Tahan Lama

Hampir semua orang menyimpan telur pada bagian rak di pintu kulkas. Bagian tersebut memang diperuntukkan untuk telur, sih. Tetapi kesegaran telur akan lebih terjaga jika kita menyimpannya beserta kemasan kartonnya. Sebab kemasan karton tersebut memang dirancang khusus untuk membuat telur jadi lebih tahan lama.

Menyimpan Minuman dan Bahan Cair Lainnya

Minuman dan bahan makanan cair yang kemasannya sudah dibuka tentu sering disimpan di kulkas. Menutup wadah minuman dan bahan makanan cair yang dilakukan dengan teliti. Supaya cairannya tidak tumpah dan mengotori kulkas. Tak cuma kotor, tumpahan cairan di kulkas akan membuat aroma seisi kulkas jadi tidak sedap.

Sayuran Pun Jadi Lebih Awet

Umumnya orang merasa kesal jika menyimpan sayuran segar di kulkas. Sayuran segar sebaiknya tidak dicuci ketika hendak disimpan. Sebab air yang terkandung pada permukaan sayuran justru membuat sayur tersebut jadi mudah busuk.

Bungkuslah sayuran dengan kemasan aslinya atau menggunakan kertas koran yang agak tebal. Bila sayuran terlanjur dicuci, maka keringkan dahulu sayuran itu sebelum dimasukkan ke kulkas.

Semua Makanan Disimpan Dalam Wadah Tertutup

Aneka jenis makanan matang yang disimpan di kulkas sebaiknya selalu menggunakan wadah tertutup. Hal ini bertujuan untik menjaga kesegaran makanan tersebut dalam waktu beberapa hari sejak disimpan. Selain itu, meletakkan makanan matang di wadah terbuka hanya akan membuat aroma isi kulkas menjadi kurang sedap. Kita pasti tidak mau kan aroma kulkas jadi tak sedap karena beragam aroma makanan bercampur menjadi satu?

Dengan telaten menjaga kebersihan kulkas, maka kulkas kesayangan di rumah pun akan tahan lama. Semua makanan yang kita simpan pun akan senantiasa terjaga kesegarannya. Sudah merawat kulkas dengan baik selama ini?

author
Author: 
loading...
  1. author

    Khair10 months ago

    satu lagi, kalau masukin makan yg aroma nya tajam, lebih bagik dibungkus dengan rapi dan bagus

    Reply
  2. author

    Prih10 months ago

    Sayuran yg dibungkus kertas koran lumayan mempertahankan kesegaran alaminya ya Jeng Yuni.

    Reply
  3. author

    irul10 months ago

    wih bener2 nih, thanks infonya 🙂

    Reply
  4. author

    HM Zwan10 months ago

    aku dulu dajarin bulek kalo nyimpen sayur di bungkus pake koran hehe

    Reply
  5. author

    evrinasp10 months ago

    Kadang saya kelupaan untuk nyimpan makanan di wadah tertutup. Padahal itu gak bagus, kuman2 bisa nempel ya mbak

    Reply
  6. author

    Lingga Abdurrachman10 months ago

    mba saya pernah naro daging di kulkas dalam waktu yang lama kok tetap bulukan yah?
    apa karena ga di bungkus?

    Reply

Leave a Reply