Women Interest

Selektif dalam Memilih Sepatu Lari

Selama ini mungkin teman-teman telah mendengar tentang berbagai cara yang jadi pertimbangan ketika membeli sepatu lari. Sesungguhnya mencari sepatu lari yang pas dan cocok tidaklah rumit. Mungkin yang agak sulit mencari sepatu yang nyaman di kaki ketika sedang melakukan aktifitas seperti lari. Pada Benno Nigg, professor ilmu kinesiology dari University of Calgary, pemimpin studi ini menganalisa bagaimana perbedaan model sepatu yang berpengaruh pada tingkat cedera. Riset ini menemukan beberapa hal yang sangat prinsip yang selama ini oleh masyarakat di anggap tidak relevan.

Ada beberapa mitos yang berkembang di masyarakat terkait sepatu lari, pertama, bahwa perputaran dua pasang sepatu menjadikan usia sepatu menjadi lebih panjang. Kedua, sepatu membantu memperbaiki cara berlari. Ketiga, sepatu dari merk apapun tidak ada bedanya. Keempat, kita harus fanatik dengan merk sepatu tertentu, dan Kelima adalah, ada merk sepatu yang merupakan merk terbaik. Ternyata anggapan tersebut tidak benar. Karena setiap model sepatu akan memberikan rasa yang berbeda bagi setiap pemakainya.

sepatu lari

Di sini terdapat beberapa gambaran mengenai model kaki dan sepatu lari yang cocok, untuk membantu Anda menentukan pilihan pada suatu jenis sepatu:

• Kaki datar (Flat Feet): Ciri kaki datar adalah tidak adanya lengkungan antara tumit dan jempol, maka sepatu yang cocok adalah sepatu yang bisa mempertahankan keseimbangan lari kita.
• Kaki melengkung : Yang harus di lakukan adalah memilih jenis sepatu yang memiliki bantalan “empuk” supaya lari kita tetap fleksibel.
• Kaki normal : Cirinya kaki memiliki lengkungan kosong tetapi tidak sampai 2 sentimeter, jenis kaki ini cocok dengan berbagai tipe sepatu. Sepatu yang terbaik adalah sepatu dengan bantalan yang terbaik karena akan memberikan rasa nyaman kepada si pemakainya.

Seorang ahli kedokteran olahraga yaitu Elizabeth Quinn, memberikan saran beberapa model dan merk sepatu yang patut di pilih antara lain:

• Mizuno Wave Rider
sepatu Mizuno Wave memiliki keunggulan yaitu dapat mengurangi dampak tekanan dari kaki kita. cocokbagipelaridengan high-arched feet.
• Brooks Glycerin
• Nike Air Pegasus
Sepatu Nike merupakan sepatu terlaris karena memiliki dukungan stabilitas yang memadai yang dapat mengurangi getaran danbebankarenahentakan kaki padapermukaan jalanan.4. Asics Nimbus.
• Adidas Response Cushion

Belum tentu seorang pelari dengan pelari yang lainnya memiliki selera yang sama. Bahkan belum tentu juga pada merk sepatu lari yang sama akan memiliki tingkat kenyamanan yang sama pula. Perasaan nyaman bagi setiap pelari itulah hal terpenting yang paling menentukan. Kebanyakan orang menyebut beberapa merk sepatu sempurna, karena keunggulan merk sepatu tersebut yang ringan, fleksibel dan empuk sehingga seorang pelari tidak mudah lelah.

3 thoughts on “Selektif dalam Memilih Sepatu Lari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *