Cara Membuat Roti Kukus Mekar dan Empuk

2 comments 1801 views

Cara Membuat Roti Kukus Mekar dan Empuk

Cara Mmebuat Roti Kukus Mekar dan Empuk itu guampang banget, ternyata..

Seminggu yang lalu rumah saya ada pengajian Ibu – ibu. Kebetulan Ibuk saya dapat giliran ketempatan. Setelah rundingan, saya dan Ibuk memutuskan memberikan konsumsi kue dus kotakan untuk di bawa pulang nantinya.

Diantara daftar isi kotak kue, salah satunya adalah Roti Kukus. Nama aliasnya Bolu Kukus.

Dalam hal per –kue-an, sejak dulu Ibuk saya suka membuat sendiri. Kalaupun ada kue yang pesan biasanya yang benar-benar gak bisa bikinnya.

Rencana awal Ibuk saya mau pesan Kue Putu Ayu. Karena orang yang dipesan sedang pergi, di pilihlah roti kukus. Padahal buat Putu Ayu gampang lo. Gampang kalau kata saya, sih haha..

Malam hari sebelum acara, Ibuk saya bikin adonan Roti Kukus. Sendiri. Saya gak bantuin, soalnya mendadak ada teman ngajak cangkrukan wkwk.. *anak tak bisa diuntung*. Pulang tengah malam, saya intip ke dapur, ternyata roti kukusnya bantat semua.. untung gak gitu banyak. Dugaan saya, karena rotinya bantat, adonannya gak diterusin lagi. Ada kecelakaan begini, insting saya pun main dan buru-buru buka laptop cari resep roti Kukus di internet. Whoilaaa.. ketemuu!!

Sebelum tidur, saya niat kuat-kuat, besok aku harus bikin roti kukus! Gak boleh gagal! Hasilnya gak boleh bantat!!

Baca juga Rahasia membuat nastar enak dan empuk bagi pemula

Cara Membuat Roti Kukus Mekar dan Empuk

Paginya, Ibuk kasak-kusuk sama Kakak Ipar soal pengganti roti kukus yang hasilnya bantat. Dengan segenap hati, saya utarakan kalau kali ini saya yang bikin roti Kukusnya!!. Kakak Ipar saya bikin adonan donat. Yang lain, seperti bungkusin lemper, dikerjakan bersama-sama.

“Yakin, bisa?”
“Bisa!!” jawab saya mantap.

Berbekal catatan resep yang saya dapat dari internet, saya nakar bahan-bahan roti kukus. Resepnya sebagai berikut:

– 500 gram gula pasir
– 5 butir telur
– 1 sdm SP
– 1 botol Sprite
– 500 gram terigu
– Pewarna makanan

Caranya:
Masukkan gula pasir, telur, SP, dan Sprite. Mixer 10 menit, lalu tambahkan terigu sedikit-sedikit sambil di aduk menggunakan mixer. Setelah di rasa adonan tercampur, bagi adonan dalam 3 wadah. Tambahkan pewarna merah dan hijau, sisanya biarkan putih.

Cetakan roti kukus di alas kertas roti kemudia isi dengan adonan roti kukus. Sebelumnya panaskan dandang dulu, setelah panas kukus roti ke dalam dandang. Untuk menghindari tetesan air dari tutup dandang, gunakan kain lap untuk bungkus tutupnya.

Tunggu 15 menit.

Hasilnya, woww mekar dan empuk! Ibuk saya sampai heran.. padahal resepnya sama. Kok bisa punya saya mekar, sedangkan Ibuk tidak. Dugaan saya, mungkin karena tutup dandangnya gak dibungkus sama kain jadinya gak bisa ngembang. Gak tau lagi kalau SP yang dipakai udah expired. Soalnya Ibuk saya pakai SP sisa yang dulu.

Setelah roti kukus saya benar-benar bagus, matang, mekar, dan empuk, Ibuk semakin yakin, bahwa Yuni bisa buat roti kukus sendiri! Cuma selama ini malas aja turun ke dapur wkwk..

Baca juga Resep membuat kopi nikmat

Daan inilah penampakan roti kukus ituu..

2016-01-25_11-08-31

*Fotonya niru kayak food blogger kekinian supaya terlihat ciamik :D*
Oya, kalau mau bikin roti kukus 3 warna juga bagus, lho. Sayang lupa gak katut di fotoo..

Cara Membuat Roti Kukus Mekar dan Empuk sekarang mudaah..

author
Author: 
loading...
  1. author

    Marfa12 months ago

    Oh kalo di sini namanya Bolu Kukus, lembut itu, tapi aku kurang suka hehe

    @umimarfa

    Reply
  2. author

    nurul12 months ago

    Bagi bagi mbak kue nya hehehe

    Reply

Leave a Reply